Service 65.000 KM di Ciwangi Ciputat

Sebelum ikut kopdar tanggal 13 Juli, hal pertama yang saya lakukan adalah berkunjung ke bengkel resmi untuk service rutin 65.000 km, sekaligus mencari informasi tentang si merah saat dulu bersama pemilik awal. Kebetulan bengkel resmi tempat si merah sebelumnya adalah Ciwangi Ciputat. Saya juga kenal dengan Manajernya. Orangnya enak diajak diskusi dan sangat perhatian terhadap anak klub. Ia sempat kami undang beberapa kali saat kopdar dan peresmian klub OSC. Pokoknya recommended deh (besok diskon 50% ya Pak Gino kalo saya kesana lagi..hehehe).

Walau tidak semua record bisa saya minta karena masalah software, setidaknya saya mendapatkan copy data record service sejak 45.000 hingga 60.000 km. Lumayan lah daripada tidak ada sama sekali. Dari data tersebut saya juga memperoleh informasi bahwa sang pemilik awal pernah mengganti sensor ABS depan kanan (no part: 4670A576) pada tanggal 20-11-2013. Bagi non pemilik yang belum tahu, sensor ABS ini memang penyakit utama dari Lancer EX. Sensor ABS bawaan Lancer EX sangat rentan saat melewati genangan air. Bahkan kabarnya dulu sempat silent recall dan mendapatkan penggantian gratis. Sementara jika melihat data copy yang saya peroleh, sang pemilik lama membayar sebesar Rp 2,35jt untuk part dan Rp 380 ribu untuk jasa pemasangan (belum termasuk PPN 10%). Lumayan bukan.

Untuk saya sendiri, biaya service 65.000 km adalah Rp 350 ribu sebelum dikurangi diskon Rp 70 ribu. Material yang diganti adalah lampu belakang yang putus (MS820087) dan penggantian wiper. Perlu diketahui adalah ternyata setelah ikut kopdar, saya baru sadar bahwa wiper tersebut adalah produk aftermarket. Terlihat dari blade yang berbeda dengan milik rekan-rekan lain dan blade lama ternyata dikembalikan oleh bengkel. Mungkin karet wiper OEM tidak tersedia dan bengkel resmi mengganti dengan produk aftermarket agar cepat. Sebagai pencinta produk OEM, tunggu saja nanti. Penggantian ke depan pasti saya pakai part asli. Kalau perlu saya beli dari Jepang langsung apabila memang tidak ada di KTB.

Leave a Reply

