Spooring dan Balancing

Walau sudah sebulan meminang si merah, praktis baru minggu ini sempat saya rasakan dengan seksama. Saat pertama kali membeli, saya ajak adik saya untuk membawa mobil ini dari Bogor. Kemudian si merah lebih banyak “bertapa” di rumah dia karena tidak ada parkiran kosong di rumah saya. Menjelang libur mudik Lebaran, si merah harus kembali dipinjamkan layaknya pemain sepak bola ke klub lain. Kali ini si merah saya titipkan ke rekan saya yang kebetulan tidak mudik dan butuh kendaraan. Barulah hari selasa kemarin mobil ini bisa saya bawa pulang karena salah satu kendaraan saya masuk bengkel asuransi. Sebelum ini hanya sekali saya sempat merasakan mengendarai si merah, yaitu saat kopdar bersama rekan-rekan lancer kaskus tanggal 13 Juli di Rest Area Cibubur.

Setelah melakukan test di jalan tol, dengan memacu kendaraan pada kecepatan tinggi –180 km/jam, sepertinya si merah bergetar kencang dan setir susah untuk dikuasai. Hari Kamis kemarin, akhirnya si merah saya ajak ke Auto Bridal Depok setelah ditolak dua kali pada hari Selasa dan Rabu karena masuk daftar antrian.

Hasilnya, mobil sudah tidak bergetar lagi saat dipacu pada kecepatan tinggi. Namun respon setir terhadap jalan rusak masih terasa. Entahlah, apakah ini normal mengingat profil ban OEM bawaan si merah begitu tipis dan ukuran velg 18″ tergolong lumayan lebar. Saya tidak pernah mengendarai velg selebar ini sebelumnya. Mungkin nanti saat kopdar berikutnya, saya bisa berdiskusi dan mencoba mobil milik rekan-rekan komunitas untuk mendapatkan perbandingan. Untuk saat ini saya coba nikmati terlebih dahulu, toh garansinya masih ada.

Leave a Reply

