HU Android Cina vs HU Branded

Terjadi kegalauan saat hendak memilih head unit bagi si merah. Dengan budget di kisaran Rp 4 juta, pada awalnya munculah merk Kenwood tipe DDX7035BT/DDX5035BT (manual). Keduanya hanya beda di ukuran layar dan harganya terpaut hanya 500 ribu saja. Kenapa produk ini? Jika melihat fiturnya yg sudah cukup lengkap seperti true mirroring untuk handphone Android, bluetooth, support rear camera, OEM steering remote, time alignment dan GPS ready, rasanya ini adalah pilihan pas. Tinggal memilih layar saja antara seri 7 dan seri 5.

Belakangan setelah membaca banyak review bahwa harga modul GPS offlinenya (KNA-G630) mencapai hampir 6 juta, timbul pikiran untuk mencari tahu lebih jauh lagi kualitas GPS online yang nantinya terhubung melalui fitur true mirroring. Usut punya usut, diketahui bahwa GPS handphone online tidak se-powerful modul GPS offline. Padahal banyak faktor yang bisa menghalangi proses pencarian sinyal satelit, mulai dari cuaca berawan, kaca film hingga sinyal internet (untuk GPS online). Masalah ini membuat saya tidak nyaman.

Kemudian munculah ide untuk mencari head unit android dengan range harga serupa. Pilihannya hanya satu yaitu merek asal Cina yaitu AVT AND-8000. Head unit ini punya segalanya yang dibutuhkan dari sebuah head unit multimedia. Mulai dari layar HD 1080p, GPS offline, bluetooth, TV analog, support rear camera, dan OEM steering remote. Masalahnya hanya di versi OS yang masih tertinggal yaitu 2.3 (Gingerbread) dan kualitas suara yang pasti jauh dibawah Kenwood pilihan awal saya. Dan jangan lupa bahwa ini adalah brand asal Cina.

Video AVT AND-6000 (versi awal)

Sekarang arahnya jelas, dengan memilih Kenwood, saya berinvestasi untuk upgrade sound system di kemudian hari. Tentunya hanya dapat GPS online hasil mirroring handphone dan selalu harus dicharge. Apabila memilih AVT Android, saya mendapatkan semua yang saya mau, termasuk juga aplikasi Torque app langsung dari head unit, kecuali kualitas suara. Tentunya upgrade audio akan terbentur oleh keterbatasan head unit ini. Mungkin poin terakhir nanti akan sangat bergantung pada test dengar AVT AND-8000. Apabila bisa diterima oleh telinga saya (cukup untuk mendengarkan musik nostalgia, musik metal jaman SMP/SMA), maka tentunya AVT lebih berpeluang untuk saya pilih. Dan yang pasti, dengan memilih AVT, kantong saya aman dari modifikasi audio yang sifatnya unlimited. Tunggu tanggal mainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s