Mutasi Si Merah – Bagian 1: Cabut Berkas

Bulan depan si merah sudah harus bayar pajak. Artinya adalah saya harus segera balik nama atau pinjam KTP. Alternatif kedua jelas bukan pilihan bijak, yang artinya saya harus segera buru-buru balik nama. Setelah mencoba minta bantuan jasa langganan bengkel sepupu saya, keluarlah angka 8 juta. Agak sedikit ragu apakah wajar atau tidak, karena biasanya dia tidak mahal. Apalagi saya menyebutkan dari mana saya dapat nomor dia.

Dari pada bingung, saya coba browsing di internet. Kabarnya mengurus sendiri lebih murah. Siang ini saya langsung menuju komdak dan mencoba peruntungan seorang diri. Setelah tanya sana sini, saya akhirnya menuju gedung yang berada di bagian tengah, yang menghadap jalan Gatot Subroto. Sial bagi saya, rupanya jam sudah menunjukkan 11:30 WIB dan mereka istirahat sholat Jumat. Saya lupa kalau hari ini adalah hari Jumat.

Setelah sholat di mesjid belakang komdak, persis di samping Pasific Place, perjuangan saya mulai kembali. Rupanya antrian sudah mengular. Sambil melihat antrian yang panjang, saya pun membuka contekan dari internet tadi malam. Saya lupa bahwa lembar cek fisik saya berasal dari samsat bantuan, yang saya minta saat saya mau beli si merah kemarin. Dalam contekan disebutkan bahwa lembar tersebut harus dilegalisir terlebih dahulu. Akhirnya saya batalkan proses antrian dan menuju gedung samsat yang terlihat di belakang si merah.

Setelah bertanya pada security, benar adanya perihal legalisir tersebut dan saya pun bergerak ke lokasi cek fisik yang ada di belakang gedung. Lepas dari proses legalisir (gratis loh..), saya menyerah. Perut sudah tidak bisa ditolerir lagi. Kaki lemas dan kepala pusing. Terpaksa mampir dulu ke kantin RM Padang yang ada di samping gedung Samsat, persis di samping pos parkir pintu masuk.

Perjuangan saya kemudian berlanjut ke gedung tengah tadi. Kali ini sudah tidak ada antrian. Lokasi loket mutasi berada di lantai dua. Setelah kelengkapan dokumen saya diperiksa sebentar, saya diberi formulir dan membayar ke loket BRI yang berada di lantai satu. Jangan lupa meminta slip ya, kemudian menyiapkan uang sebesar 75 ribu saja.

Selesai menerima slip pembayaran yang sudah diproses, saya kembali ke loket mutasi. Hanya menunggu sekitar 15 menit, proses selesai dan saya membawa pulang tanda terima berkas sembari diinformasikan untuk kembali 10 hari (kerja) lagi.

Dokumen yang harus disiapkan
1. BPKB Asli
2. STNK asli
3. Fotokopi KTP
4. Kwitansi pembelian mobil beserta materai
5. Bukti cek fisik lengkap. Jika sudah cek fisik lewat samsat bantuan, tinggal dilegalisir. Bila belum ada, ikuti dulu proses cek fisik hingga selesai.

Leave a Reply

