Pasang Spion Lipat : Bagian 3 – Motor Kit

Seperti sudah saya janjikan pada posting bagian 2, setelah motor saya terima maka proses berikutnya adalah memasang motor tersebut ke spion yang ada. Agar retract mirror berfungsi, setidaknya ada tiga tahapan utama yang harus dilalui yaitu:
1. Memasang motor kit retractor dengan cara mencopot non retractor pada spion lama.
2. Membuat wiring untuk retractor dan mengganti switch. Secara basic, Lancer EX versi pre-facelift tidak dilengkapi wiring. Begitu pula halnya dengan Lancer Evo X. Fitur ini baru ada sebagai tambahan pada versi yang lebih tinggi yaitu GSR/GSR Premium Package.
3. Setting ETACS sesuai dengan kebutuhan.

Agar lebih mudah dipahami dan proses pemasangan lebih detail, maka posting kali ini hanya akan menceritakan tahap pertama saja yaitu memasang motor kit retractor. Tahapan sisanya baru akan saya lanjutkan pada posting berikutnya.

Sebenarnya apabila tidak ingin repot, tahapan pertama ini bisa anda lewati jika anda membeli part assy spion (70010AL – 7632A201 dan 70010AR – 7632A202). Yang dipakai dari spion lama hanya cover belakang yaitu 70023L dan 70023R. Tapi tentunya biayanya tidak murah dan hampir mencapai dua kali lipat biaya apabila menggunakan motor kit saja + mengganti cermin dengan heater!!

Untuk proses pemasangan motor kit, saya dibantu oleh GT Auto Station yang memang berpengalaman merakit segala macam fitur OEM, termasuk diantaranya “mencangkok” mesin (swap engine) turbo Galant VR-4 pada Galant Hiu lokal. Standar operasional dan cara kerjanya sangat baik karena selalu berpedoman pada workshop manual mobil bersangkutan. Pasang spion lipat tentunya hal kecil dibandingkan swap engine. Saya beruntung sang pemilik, Yogi Susanto, kebetulan ada dan menyempatkan untuk ikutan “bermain” dengan si merah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s