Welcome to Exclusive Class

Sedikit oleh-oleh dari pengurusan mutasi kemarin adalah saat pencabutan arsip tedapat dokumen impor Lancer EX dari Jepang. Ini adalah kali ketiga saya melakukan mutasi kendaraan, namun baru kali inilah saya mengurus sendiri. Yang pertama menggunakan biro jasa dan kedua dengan bantuan karyawan saya. Selain saya bisa melihat langsung isi berkas kendaraan, baru kali ini mobil tersebut merupakan mobil impor. Hampir semua mobil yang pernah saya kendarai adalah rakitan lokal (entah Honda Civic Ferio facelift tahun 2000, masuk kategori yang mana).

Dari dokumen ini terkuak informasi menarik berupa jumlah Lancer EX yang diimpor pada periode 2008-2009, ternyata hanya 3.600 unit. Setahu saya, KTB hanya dua kali memasukkan Lancer EX,yaitu tahun 2008 dan 2010. Artinya jika pada tahun 2010 memasukkan dalam jumlah yang sama, maka jumlah keseluruhan Lancer EX hanya mencapai 7.200 unit saja. Tentu tidak termasuk versi polisi yang berwarna abu-abu, transmisi manual, tanpa foglamp, tanpa spoiler dan menggunakan velg 16. Khusus Lancer ini dimasukkan oleh pihak kepolisian langsung tanpa melalui KTB. Fakta ini menjadi jawaban mengapa populasi Lancer EX yang beredar di jalanan begitu sedikit dan sangat jarang terlihat. Angka tersebut bahkan hanya mampu menyamai separuh dari jumlah penjualan Toyota Avanza per bulan.

Kemudian untuk model yang dipilih, rupanya KTB memasukkan versi terbaik dari sekian banyak versi Lancer EX yang beredar disana. Tentunya di luar versi Lancer Ralliart yang merupakan versi turbo dan tidak menggunakan sistem navigasi. Model CY4A STXHR (versi General Export) serupa dengan model yang diimpor oleh Malaysia.

GS41 = Mitsubishi Lancer
GT = nama tipe untuk model STXHR
CY4A adalah kode untuk Lancer EX bermesin 2.000 cc
S = Sedan 4 Door (chassis frame)
T = CVT (transmission type)
X = Sport (price class)
H = MIVEC (DOHC)
R = Right Hand Drive

Di satu sisi pemilihan tipe Sport adalah sangat menguntungkan konsumen karena yang masuk adalah versi lengkap dengan body kit dan spoiler. Belum lagi pemilihan mesin CY4A yang artinya 2.000cc, menjanjikan performa terbaik. Namun di sisi lain merugikan KTB karena hanya memasukkan satu tipe yang tergolong paling mahal. Padahal apabila KTB jeli melihat pangsa pasar dari sisi kompetitor, yang laku adalah tipe 1.800cc. Honda Civic 2.0 dan Toyota Coroll Altis 2.0 yang terjual mungkin sama banyaknya dengan Lancer EX 2.0. Sejak era krismon, pengguna sedan kelas medium lebih memilih mesin ini karena dianggap irit. Harusnya KTB memasukkan juga CY3A yang bermesin 1.800cc untuk menandingi Civic dan Corolla.

Untuk CY4A, pemilihan tipe X atau sport mengakibatkan harga Lancer EX menjadi yang termahal sehingga kalah bersaing. Harusnya spoiler dijadikan aksesories saja, atau silahkan masukan tipe ini tapi tidak usah terlalu banyak. Tipe yang lebih murah seperti Super Exceed (kode H) yang seharusnya jadi pilihan. Untuk tipe Exceed (kode M) sepertinya kurang cocok karena terlalu sederhana. Mungkin untuk tipe manual bisa menggunakan tipe Exceed, tetapi CY3A (mesin 1.800cc) semuanya menggunakan transmisi CVT. Mungkin itulah alasannya kenapa kepolisian mengambil CY4A atau mesin 2.000 cc untuk kendaraan operasionalnya. Versi manual hanya tersedia di jenis mesin ini saja.

Jika melihat harga CY4A di atas, terlihat jelas versi sport (menggunakan CVT, bukan yang CVT FF) adalah versi termahal jika tanpa tambahan paket navigasi, yaitu JPY 2.341.500. Apabila kita perhatikan, beberapa tipe di 2008 sudah menggunakan jok kulit dengan jahitan merah dan colokan AUX, bisa diasumsikan bahwa itu adalah edisi 2009 yaitu Black Leather Edition. Perbedaannya dengan 2010 bisa dilihat melalui lampu belakang yang berwarna hitam, dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang masih berwarna merah. Mungkin itu juga alasannya mengapa di edisi 2010, Lancer EX harganya naik dan mentok di angka Rp 415 juta. Harga yang tidak bisa bersaing dengan Civic 2.0 facelift – Rp 402 juta dan Corolla Altis 2.0 V CVT – Rp 380 jt.  Harga yang sangat tidak masuk akal karena begitu dekat dengan kelas yang lebih tinggi yaitu Accord 2.4 VTi – Rp 441 juta dan New Camry 2.4 G Rp 457,1 juta. Bisa dikatakan KTB masih belajar berjualan mobil penumpang pada era itu. Hingga Pajero Sport kemudian muncul dan menghidupkan kategori ini.

Dengan dipilihnya versi tertinggi, maka populasi Lancer EX menjadi sangat langka namun menguntungkan bagi mereka yang mengincar kendaraan ini setelah menjadi mobil bekas. Kita mendapatkan versi tertinggi, bahkan lengkap dengan spoiler. Di luar Jepang, tipe ini adalah tipe GTS atau menjadi GT di regional Asia Tenggara. Tipe yang sangat ekslusif karena punya tampilan standar paling sporty di kelasnya. Civic FD pun harus ditambahkan spoiler dan ganti velg agar bisa menyamai keganasan tampilan Lancer EX. Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik Civic FD agar bisa menyerupai Civic Type R. Bagi para pencinta Honda, pasti tidak asing dengan harga aksesories resmi yang “tidak murah”. Jadi, bagi anda pemilik Lancer EX, welcome to Exclusive Class.

Sebagai penutup, saya sajikan beberapa tipe Lancer EX CY4A yang beredar di Jepang. Enjoy your car!!

Exceed

Perbedaan jelas terlihat pada foglamp, velg, setir polos yang tidak bisa di upgrade, head unit dan list dashboard polos abu-abu tanpa motif. Ternyata spionnya bisa lipat. Entah hasil modifikasi atau standar.

Super Exceed

Tanpa foglamp dan velg lebih kecil. Pada bagian interior, sudah menggunakan jok kulit, manual leveling pada headlight, cruise control tanpa switch audio dan motif wood pada list dashboard. Untuk konsol tengah, sudah menggunakan tutup. Ada dua kemungkinan, apakah hasil modifikasi atau karena memang versi tahun yang lebih baru.

Untuk Super Exceed tersedia dua pilihan warna interior, yaitu hitam dan beige. Berikut yang menggunakan warna beige dan merupakan Navi-PKG. Biasanya disetai setir lengkap dengan tombol audio.

Sport with Navi (STXHZ1)

Ini dia yang serupa dengan versi lokal. Bedanya hanya tanpa spoiler, dengan spion lipat dan jok kulit berbeda. Kebetulan ini versi Navi yang menggunakan head unit MMCS, sehingga remote setir lengkap dengan audio dan handsfree.

Polisi

Velg dalam berbagai versi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s