Ganti Head Unit

Namanya rencana, tidak selalu berjalan mulus. Pada posting sebelumnya, saya memutuskan untuk membeli braket original bagi Lancer EX versi MMCS. Saat barang tiba, saya memutuskan untuk menukar Kenwood DDX7035BT yang terpasang di Lancer dengan milik Outlander Sport, yaitu JVC KW-AV70BTM. Alasannya sangat sederhana. Dengan dipasangnya pendingin minuman di glove box maka semua colokan, baik USB atau HDMI sudah tidak bisa lagi berada disana. Masalahnya adalah saya harus memikirkan di mana lokasi barunya?

Membeli upper/lower cubby tadinya jadi pilihan realistis. Tapi saya sepertinya belum siap mengeluarkan uang untuk modifikasi tersebut karena yang diganti ternyata tidak sedikit. HVAC Trim dan pembatas tengah antara upper dan lower cubby pun harus diganti, termasuk juga shifter panel. Ini bukan modifikasi yang murah namun tidak terlalu fungsional pikir saya. Artinya kalaupun saya merealisasikan wishlist ini, mungkin bukan sekarang.

Hal inilah yang mendasari pertukaran head unit ini. Toh semua kebutuhan awal seperti bluetooth dan rear camera sudah terpenuhi. Biarlah fungsi HDMI beserta true mirroring pindah ke Outlander Sport.


Di sinilah timbul masalah baru. Rupanya braket MMCS hanya menyediakan 4 lubang baut dan tidak ada yang sesuai dengan posisi frame. Apalagi head unit OEM milik Outlander Sport ini tidak menyediakan banyak pilihan lubang baut. Sebenarnya bisa saja dibuatkan lubang baru yang sesuai dengan posisi frame, tapi entah kenapa kok saya jadi kurang bersemangat.

Akhirnya saya copot braket MMCS dan ganti dengan braket ISO plastik bawaan frame Metra. Head unit jadi menempel langsung dengan frame layaknya versi orisinil dan lis pinggiran head unit terlihat lebih rapi. Untuk sementara braket MMCS terpaksa masuk kotak, siapa tahu berguna di kemudian hari. PR berikutnya adalah memikirkan lokasi baru untuk modul GPS….

Sekalian mengingatkan rekan-rekan pemilik Lancer yang tertarik membeli frame, entah itu buatan Metra atau dari Cina, jangan lupa membeli soket wiring seperti di gambar. Saya baru sadar setelah melihat milik Outlander Sport bahwa soket ini penting. Dengan soket ini, wiring bawaan tetap bersih dan proses lepas pasang head unit jadi lebih mudah.

Leave a Reply

