Pasang Front Dome Light : Bagian 2

Sesuai dengan posting bagian 1, saya akhirnya memutuskan untuk membeli wiring milik Outlander Sport tipe GLS/GLX dengan kode 8510B964. Hari sabtu kemarin pesanan saya sudah datang, termasuk di dalamnya ornamen remover (MB990784V) yang sepertinya saya butuhkan untuk proses membongkar, baik untuk saat ini atau pun nanti untuk project berikutnya.

Khusus mengenai wiring bagian atas milik OS GLS/GLX ini, saya tidak hanya memperoleh clamp/colokan untuk dome light saja, tapi juga dapat bonus untuk vanity mirror (memang sudah saya incar dari awal). Colokan vanity mirror berguna untuk menyalakan lampu cermin kiri/kanan yang sudah terdapat di OS, namun belum ada di Lancer EX. Inilah alasan mengapa saya memilih wiring OS dan bukan cara lebih simpel seperti membeli clamp/colokan untuk dome light plus membuat wiring sendiri.

Agar lebih jelas, akan saya coba rinci satu per satu colokan apa saja yang saya peroleh dari wiring ini termasuk sumber/asal colokan tersebut.

1. Colokan kiri bawah (E-09) adalah untuk dome light terdiri dari tiga kabel, hitam putih dan kuning.
2. Lempeng tembaga kuning di atasnya (8) adalah ground untuk dome light dan vanity mirror
3. Pada bagian tengah terdapat dua colokan (E01/E05) yang dilipat/selotif, adalah  colokan vanity mirror. Colokan ini terdiri dari dua kabel berwarna putih dan hitam.
4.  Colokan disebelahnya (E-06) adalah ekstension untuk lampu belakang tengah (sudah ada di Lancer EX). Jumlah kabel dan warnanya sama dengan milik dome light.
5. Bergeser ke samping kanan, colokan dengan kabel biru (C-226), adalah milik ignation key hole illumination light. Kabel ini merupakan sharing bersama dari kabel kuning milik lampu kabin (tidak terpakai di Lancer EX).
6. Terakhir, colokan paling pojok sisi kanan (C-416) adalah colokan menuju ETACS-ECU. Terdiri dari dua kabel yaitu warna putih dan kuning.

Untuk pemasangan, nanti akan saya share pada posting berikutnya. Saat ini semua part sudah lengkap, tinggal menunggu waktu dan memilih partner yang pas. Tidak bisa sembarangan karena headlining lumayan mahal harganya. Sayang sekali apabila asal pasang. Resikonya bisa saja kotor atau patah/terlipat. Tentunya menjadi tidak nyaman untuk dilihat.

Bagi rekan-rekan yang berminat pasang juga, saran saya adalah kunjungi bengkel resmi dan langsung order lampu dengan nomor part yang sudah saya share di posting bagian pertama. Untuk wiring tidak perlu membeli milik Outlander Sport seperti saya, nanti saya siapkan replacement clamp/soketnya. Akhirnya saya berhasil menemukan soket dan pin nya, sehingga tinggal dibuatkan wiring saja dan sambung dengan wiring lampu kabin belakang. Nanti juga akan saya buatkan pola untuk membuat lubang, tanpa harus mencopot headlining, agar lebih mudah dan hasilnya lebih bersih.

4 thoughts on “Pasang Front Dome Light : Bagian 2

  1. Mas, saya tertarik untuk bisa ikutan oprek sendiri, boleh info gak mas :
    – wiring / parts diagram (pdf) nya dapat dimana ?
    – beli parts online mitsubishi / merk lain yang recommended dimana ? Ebay ? Shippingnya biasanya pakai apa ?

    Oya, saya sekarang pakai mitsu mirage 2012, edisi awal yang belum dual airbag , wishlist saya :

    – pasang audio switch seperti mirage edisi 2014,malah versi europe ada plus bluetooth phone controller
    – ganti HU dengan MMCS yang ada feature TPMS
    – mirage edisi 2014 fitur eco driving nya sudah aktif, ada tutorial cara aktifinnya mas ?

    Thank before,

    Like

    • Terima kasih sudah mampir ke blog saya yang sederhana. Sayangnya anda bukan pengguna Lancer EX jadi banyak pertanyaannya yg tidak bisa saya jawab. Tapi agar tidak penasaran saya coba bantu jawab sebisanya.

      – wiring/diagram bisa dicari di forum mobil bersangkutan yang banyak tersebar di internet
      – beli part tentunya harus tahu nomornya..jika sudah tahu nomornya tinggal google, nanti banyak kok yang menawarkan penjualan online
      – pasang switch audio plus handsfree di mirage exceed versi 2013 (satu airbag) bisa dilakukan tapi tentunya tidak semudah versi 2014 (dua airbag). selain wiringnya belum ada yg jual, dari setir ke head unit juga tidak ada wiringnya. Jadi kedua-duanya harus dibikin dulu. Berbeda dgn 2014 yg sudah ada, tinggal plug and play
      – untuk mengaktifkan TPMS, diperlukan alat pembacanya berupa pentil khusus. setahu saya di lancer ex/outlander sport, bisa tampil infonya tapi kurang detail. Hanya pemberitahuan ada ban yg kempes dan tidak jelas yang mana. Tampilannya muncul di MID (tidak perlu MMCS). Selain itu harga MMCS baru mencapai kisaran 20jt, belum termasuk wiring dan modul tambahan untuk membaca data ETACS mesin.
      – masalahnya adalah Mirage bukan produk global yang dijual diseluruh dunia. Mobil ini bikinan Thailand. Bahkan yang dijual di Jepang pun berasal dari Thailand. Akibatnya modifikasi mobil ini sangat terbatas. Mungkin anda harus nongkrong di forum Thailand untuk mendapatkan informasi ini.

      Demikian penjelasan saya..mudah-mudahan cukup membantu

      Like

      • Terima kasih infonya mas
        O jadi hanya assembly di Thailand ya mas ? Karena saya lihat Mirage juga ada di US, Eropa (di UK namanya kalo gak salah Space Star), Australi, Rusia juga, dengan masing2 punya kelengkapan yang beda2, atau semuanya dari Thailand juga ya

        Anyway trims sharingnya mas, pasti akan sangat membantu para pembaca lainnya

        Saya juga rencana mau pakai HU kenwood 7735BT nya, review di blog ini sangat membantu mas, bravo…

        Like

  2. Maksudnya DDX7035BT?

    Mirage ini mobil baru dan tidak sepopuler Lancer EX di luar negeri (di dalam negeri malah jeblok). Jadi butuh usaha ekstra untuk mencari referensi modifikasi dari LN. Good luck ya

    Like

Leave a Reply

