Pasang Speedometer dengan MID Color

Jika kita perhatikan Lancer EX facelift di LN, salah satu yang mendapatkan sentuhan upgrade adalah MID. MID versi baru ini sudah berwarna, tidak lagi monochrome dengan warna orange. MID ini juga sudah support sensor mundur versi baru, yang kebetulan berbeda dengan yang terdapat di versi lokal.

Selain Lancer EX, kebetulan saya juga punya Outlander Spot tipe PX yang dilengkapi dengan MID color. Munculah ide iseng untuk menukar keduanya, dan jika ternyata nanti saya suka, mengapa tidak membeli Speedometer serupa untuk Lancer EX. Penasaran hasilnya? Silahkan anda lihat sendiri.

Seperti yang anda lihat, hampir tidak ada masalah sedikitpun saat speedometer dipindahkan ke Lancer EX. Yang terbawa dari unit asal (OS PX) adalah jarak tempuh (km). Ini bisa di setting ulang agar mengikuti bawaan Lancer EX, tapi sengaja tidak saya rubah karena hanya pinjam. Begitu juga jadwal service berkala, mengikuti milik mobil asli. Mengubahnya pun cukup mudah.

Sensor Mundur

Untuk sementara, speedometer dengan MID color ini akan saya pakai selama sebulan, untuk melihat apakah saya suka atau tidak. Jika nanti saya anggap cocok, tidak menutup kemungkinan untuk memesan unit ini di bengkel resmi. Ingat, dengan mengganti speedometer milik OS PX ini, kesempatan untuk menambah sensor mundur menjadi lebih rumit.

MID versi lama sebetulnya support sensor mundur, tapi control unit-nya berbeda dengan milik OS (versi baru lihat gambar atas). Saat speedometer milik Lancer EX dicoba pada OS, sensor mundur bawaan tetap berfungsi namun tidak bisa menampilkan indikator sonar di layar. Agar speedometer dengan MID color bisa support sensor mundur, maka ETACS harus diganti. Sementara menggunakan speedometer lama, tidak perlu. Ya sudah…kita lihat saja nanti. Lagi pula harga control unit dan sensor sebanyak empat buah lumayan harganya. Untuk control unit support ETACS dan speedometer asli, sekitar Rp 3 juta dan sensor mundur +  Rp 1,5 juta/unit. Total hampir Rp 10 juta hanya untuk sensor mundur OEM tanpa merubah speedometer. Sangat jauh bedanya dibandingkan versi aftermarket. Mungkin nanti cari copotan saja agar lebih terjangkau. Buat yang penasaran control unit versi Lancer EX yang support MID monochrome lihat gambar dibawah.

Advertisements

4 thoughts on “Pasang Speedometer dengan MID Color

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s