Pasang Trunk Release Button

Akhirnya sempat juga pasang trunk release button. Sekarang membuka bagasi belakang saat masuk mal atau perkantoran tidak perlu lagi tertukar dengan tutup bensin. Tinggal pencet tombolnya. Apalagi jika kondisi gelap, terasa lebih mudah dan praktis.

Bagi rekan-rekan yang tertarik pasang, tinggal beli switch dan lampu LED (switch bawaan tanpa lampu). Yang jadi masalah mungkin soketnya — yang agak bingung mencari dimana. Kebetulan punya saya berasal dari Outlander Sport. Soket tersebut milik manual leveling (atau mungkin ASG).

Karena Mitsubishi tidak mau repot jadi semua wiring ada soket ini. Padahal Outlander Sport milik saya tipe PX yang menggunakan auto leveling dan tidak butuh soket ini. Begitu juga ASG yang normalnya menempel di RVR 1.6L (Nama OS di Jepang). Terlepas dari apakah itu soket milik manual leveling atau ASG, statusnya adalah soket menganggur yang tidak akan pernah terpakai. Jadi saya potong saja…hehehe.

Terdapat empat wiring dengan fungsi sbb (dilihat dari atas):

1-2.  untuk lampu LED, silahkan ambil dari wiring menganggur milik AFS atau ASC di sebelahnya. Seperti biasa, salah satunya adalah sumber listrik dan satunya lagi ground. Setiap lampu senja menyala, lampu bergambar mobil pun akan menyala.

3.  sambungkan ke ETACS, soket C-313 no. 14. Kebetulan sudah ada isinya yaitu warna hitam kuning. Silahkan disuntik saja.
4. Ground. Silahkan ambil dari wiring menganggur milik AFS/ASC.

Jika tidak menggunakan lampu LED, cukup sambungkan kabel 3-4 saja. Mudah bukan?

Advertisements

2 thoughts on “Pasang Trunk Release Button

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s