Hood Latch Switch – Missing Feature

Satu lagi fitur yang hilang di Lancer EX dan cukup penting adalah sensor kap mesin. Modifikasi ini sudah sering saya lihat saat dulu melakukan modifikasi Outlander Sport. Saya heran mengapa banyak yang menambahkan fitur ini padahal setelah saya cek ternyata sudah ada.

Saya lupa untuk memeriksa apakah fitur ini melekat di Lancer EX. Padahal saya pernah mengalami lupa tutup kap mesin saat pulang memasang headlamp aftermarket. Saya sempat merasa heran saat menemukan pintu kap tidak tertutup rapat tapi tidak muncul indikator seperti di Outlander Sport di atas.

Baru sekarang saya sadar saat sedang menyiapkan modifikasi berikutnya untuk Lancer EX dan tanpa disengaja menemukan modifikasi ini. Karena penasaran, saya langsung memeriksa fitur ini di Outlander Sport.

Tentu saja wiring-nya ada karena sudah pernah saya cek sebelumnya. Namun saat saya membuka kap mesin Lancer EX, ternyata fitur ini tidak ada. Jangankan muncul indikator, wiring-nya pun tidak ada. Tadinya saya masih berharap walaupun fitur ini dicopot, mudah-mudahan hanya membeli switch saja. Kenyataannya soket yang menuju ETACS (dibungkus selang pada gambar) pun tidak saya temukan.

Bagi rekan-rekan yang bertanya apakah fitur ini penting atau tidak untuk dipasang? Jawabannya adalah sangat penting. Seperti halnya indikator pintu terbuka, dengan adanya sensor ini, apabila kap dibuka secara paksa maka alarm otomatis menyala. Jadi saya pikir ini wajib untuk dipasang. Caranya tinggal mengganti kunci kap tadi dengan versi seperti ini (untuk RHD menggunakan part 5908A009):

PR saya adalah membuat wiring dan mencari soket yang pas dengan Hood Latch Switch. Rasanya bukan hal yang sulit. Bagi yang penasaran cara pasangnya, stay tuned  di blog ini. Nanti saya update lengkap cara pasangnya saat part sudah saya order dan tiba.

Leave a Reply

