Pasang Floor Console Box Cup Holder Facelift: Bagian 2 (Final)

Melanjutkan posting bagian 1 kemarin, hari ini saya memasang Cup Holder Facelift. Caranya sangat mudah, persis seperti petunjuk di posting awal.

1. Buka tempat koin (no. 4 pada gambar) dengan cara mengosongkan semua isinya. Kemudian selipkan tangan ke dalam tempat koin dan tarik keatas menggunakan empat jari sambil menempelkan jempol pada floor consol. Usahakan jari tidak licin dan bisa dibantu menggunakan dua tangan agar lebih mudah. Kemudian cabut kabel yang menempel pada bagian bawahnya.


2.  Menggunakan lubang tempat koin tadi, selipkan tangan dan tarik Cup Holder ke atas. Terdapat empat klip pada bagian depan dan belakang (lihat gambar ilustrasi di atas, panah warna hitam pada no. 5). Untuk bagian belakang, angkat terlebih dahulu arm rest sebelum menarik Cup Holder.

3. Pindahkan peredam bagian bawah dari Cup Holder lama. Peredam ini berguna untuk menghindari bunyi gesekan interior saat mobil berjalan.

4. Pindahkan tutup seat heater dari Cup Holder lama.

5. Pasang Cup Holder facelift

6. Sebelum menyimpan Cup Holder lama, saya sempatkan untuk mencopot clip yang berjumlah 4 buah. Seingat saya clip tersebut hilang beberapa buah saat upgrade head unit. Lumayan tidak usah beli lagi dan sisanya untuk cadangan.

Bagaimana, mudah bukan? Tidak sampai 15 menit semua sudah beres. Yuk kita lihat sekali lagi hasilnya.

Soket Mengangggur
Membuka konsol tengah ibarat membuka kotak pandora. Ternyata banyak soket menggangur yang siap untuk diaktifkan. Setidaknya ada empat soket yang tidak terpakai dan mungkin bisa digunakan.

Dua soket di atas mungkin untuk sensor parkir dan AWD. Saya tidak bisa meyakinkannya hingga melakukan riset lebih jauh. Workshop manual yang saya miliki sangat bervariasi dan tidak ada yang sama. Hanya bisa menebak berdasarkan gambar interior yang ada di internet.

Kemudian dua soket dibawahnya, lebih sulit lagi. Saya yakin ini adalah konektor tidak langsung. Artinya masih harus disambung dengan wiring tambahan menuju switch. Jadi bukanlah ujungnya.

Tebakan saya adalah salah satunya pasti milik pemanas jok. Satunya lagi mungkin saja digunakan oleh lighter atau soket audio/video. Belajar dari wiring milik OS yang lebih jelas, tidak akan jauh dari keduanya. Walaupun saya lebih condong ke lighter mengingat soket audio/video untuk Lancer seingat saya menempel ke dinding bawah knob AC. Berbeda dengan edisi 2008, pada Lancer 2009/2010, soket audio/video sudah ada.

Penemuan baru ini sungguh menarik. Saya jadi berminat untuk menambahkan dua tombol lagi. Pertama adalah sensor parkir. Tadinya saya tidak berniat menambahkan sensor parkir mengingat biaya yang cukup besar. Tapi mungkin bisa disiasati dengan mencari control unit bekas dan sensor bumper aftermarket yang lebih terjangkau. Tentu sangat menarik apabila melihat jarak melalui radar yang ditampilkan oleh MID. Itupun termasuk sensor depan, bukan hanya belakang. Menyerupai milik Mitsubishi Grandis Tipe GT.

Satu lagi, mungkin saya akan mempertimbangkan untuk menambahkan tombol kamera. Sebenarnya head unit aftermarket yang saya gunakan support tampilan kamera tanpa harus menggeser transmisi ke R. Andaikan bisa, mungkin akan saya gunakan tombol tadi untuk mengaktifkan kamera. Nanti bisa dikombinasikan dengan kamera depan dan control unit. Soketnya menggunakan milik AWD yang menganggur. Mudah-mudahan saja cocok.

2 thoughts on “Pasang Floor Console Box Cup Holder Facelift: Bagian 2 (Final)

Leave a Reply

