New Project: Front Camera Switch, Heated Mirror & Hood Latch Switch

Belum selesai memindahkan autolight dan electric mirror switch milik OS ke EX, part untuk modifikasi berikutnya sudah keburu datang. Saya bahkan belum sempat mengaktifkan tombol DRL dari project sebelumnya.

Tombol kamera depan OEM di atas adalah milik Grandis versi Jepang. Kalo tidak salah, Grandis yang menggunakan head unit OEM Mitsubishi dilengkapi tombol ini untuk mengaktifkan kamera yang menempel di bemper depan kiri dan kanan.

Modifikasi terakhir kemaren berakibat pada tombol ini. Setelah melihat konsol tengah menyisakan dua wiring menganggur, saya akhirnya membeli switch panel dan bermaksud meletakkan tombol kamera di posisi tersebut. Tombol ini baru saya pasang nanti bersama kamerea 360 derajat aftermarket seperti bawaan All New Nissan X-Trail 2.5 CVT (all around camera). Tombol ini berguna untuk mengaktifkan kamera tanpa harus memindahkan gigi ke R (lihat video ke-3).

Berikutnya adalah heated mirror. Saya perhatikan bahwa fitur ini menjadi standar di LN. Saat saya membeli retract mirror milik Lancer Evolution X, saya sengaja membeli wiring yang support fitur ini. Pengalaman mengendarai mobil di musim hujan mengingatkan betapa pentingnya fitur ini bagi kendaraan kita.

Kebetulan aktivasinya sangat mudah karena hanya menumpang defogger belakang. Sebagai permulaan saya hanya membeli satu saja yaitu sisi kiri. Alasannya sangat sederhana, karena posisi tersebut sulit untuk dijangkau oleh tangan. Sekaligus juga saya mau mempelajari apakah mungkin untuk meng-upgrade cermin bawaannya. Tentu biayanya jauh lebih murah daripada harus membeli cermin khusus ini untuk sisi kanan.

Perbedaannya dengan cermin biasa bisa dilihat pada bagian belakangnya:

Terakhir adalah hood latch switch. Fitur pemicu indicator kap terbuka  sekaligus anti maling (apabila membuka kap maka alarm menyala) ini pemasangannya sangat mudah. Sudah saya bahas pada posting sebelumnya. Yang sulit hanyalah mencari male socket saja.

Modifikasi ini bukan yang terakhir. Masih ada satu part lagi yang saya pesan berkaitan dengan bongkar-bongkar panel tengah kemaren. Penasaran apa barangnya? Tunggu tanggal mainnya.

3 thoughts on “New Project: Front Camera Switch, Heated Mirror & Hood Latch Switch

Leave a Reply

