Ganti Karet Wiper

Walaupun sudah bulan April, tapi hujan tidak kunjung pergi dan masih sering datang kala berkendara. Satu hal yang paling menyebalkan kala hujan adalah bunyi berisik wiper aftermarket saat menghapus air yang membasahi kaca depan. Bukannya saya tidak mau menggunakan part original tapi kenyataannya karet wiper OEM sulit sekali diperoleh melalui bengkel resmi.

Pada posting saya sebelumnya, saat service 65.000 km di Ciwangi Ciputat, saya diberi produk aftermarket lengkap dengan blade-nya. Wiper ini sudah saya buang dan coba ganti saat mampir ke Lautan Berlian Depok. Herannya, part OEM pesanan saya tidak pernah ready. Akhirnya karena kesal saya beli sendiri produk aftermarket di pusat onderdil Depok. Apalagi saat itu musim hujan sudah tiba.

Tidak sampai dua minggu pemakaian wiper tersebut, timbulah bunyi yang sangat menggangu tadi. Selain itu sapuannya juga tidak bersih. Saya langsung menyimpulkan bahwa tidak ada wiper aftermarket yang layak untuk dipakai. Saya harus pakai produk OEM. Daripada windshield lecet, saya memutuskan untuk membeli karet wiper langsung dari Jepang. Apalagi sejak pertengahan bulan lalu, kendaraan saya tinggal EX. Saya butuh performa wiper OEM.

Cara pemasangan keret sangat gampang, bisa anda baca langsung di buku owners manual. Tapi apabila anda agak malas membukanya, silahkan buka versi online. Kebetulan kemaren saya mampir ke GT Auto Bekasi, jadi tinggal minta tolong Ucil untuk mengganti karet tersebut.

Menggunakan part OEM ini, urusan bersih-membersih air jadi lancar dan bebas bunyi. Menyesal juga terlambat untuk beli dari Jepang. Semoga saja windshield belum lecet deh…

Leave a Reply

