Pasang Heated Mirror: Bagian 1 – Overview

Menyambung posting sebelumnya, saya mencoba untuk memasang heated mirror. Fungsinya adalah untuk mengeringkan air yang menempel di kaca spion.

Sebagai permulaan, saya sudah membeli spion sebelah kiri untuk sampel uji coba pertama. Karena harganya lumayan, tentu saya harus cerdik agar resiko kegagalan bisa ditekan. Siapa tahu bawaannya bisa dimodifikasi sehingga tidak usah membeli spion sebelah kanan.

Untuk memperjelas proses pemasangan, kita coba pelajari terlebih dahulu wiring diagram. Pada intinya pengoperasian heated mirror menumpang tombol defogger kaca belakang.

Fungsi on/off diatur oleh rear defogger relay, diteruskan ke joint connector (2) atau C-38. Dari sini rupanya kabel dimasukkan ke dalam relay box dan melewati fuse no. 22.

Saya coba zoom mundur mulai dari power distribution atau aki. Ternyata dari aki, power sudah disaring dengan fuse (21) 30A sebelum kemudian masuk ke rear defogger relay (kabel no.4). Setelah itu, arus tidak langsung disalurkan ke spion, tapi kembali disaring ulang melalui relay box menggunakan fuse (22) dengan arus 7.5A. Tadinya saya berfikir bahwa proses pemasangan cukup simpel, yaitu mencabang langsung dari relay window defogger.

Agar lebih jelas, mari kita coba identifikasi lokasi rear window defogger relay (C-306) beserta fuse 22.

Relay jelas terlihat pada gambar di atas, tapi ternyata fuse (22) belum ada.

Dari photo di atas terlihat jelas bahwa fuse (22) kosong. Tinggal diisi dengan fuse 7,5A. Ada dua pilihan untuk 7.5 A yaitu MS810875 atau MS810891. Nanti saya pastikan terlebih dahulu mana yang harus dibeli.

Selanjutnya adalah memastikan adanya wiring. Karena saya sudah membeli motor spion lipat lengkap bersama heater, maka tinggal memastikan sisanya saja.

Kembali ke diagram utama diatas, maka no. 1 adalah sumber arus dan no. 5 tinggal di ground saja. Gambar spion di atas adalah kebalikan gambar wiring E-01.

Dari E-01, harus dibuatkan wiring menuju C-125 dan C-126.

Karena C-125 berasal dari no. 5 (E-01) pada akhirnya menuju ground, maka tidak wajib masuk ke pin 12. Apabila saya tidak berhasil menemukan pin female untuk C-125, nanti bisa saja diarahkan ke lokasi lain.

Sementara untuk C-126 (BR) no. 12, saya tidak menemukan pin male saat saya cabut. Artinya saya tidak bisa langsung sambung ke sana. Saya harus mundur lagi ke belakang yaitu ke joint connector 3 atau C-02.

Karena posisinya yang susah untuk dijangkau, akhirnya kemaren proses selanjutnya ditunda. Mungkin nanti bisa dicek lagi ke belakang, yaitu ke C-38 atau join connector 2, sekaligus memastikan apakah wiring dari fuse 22 ke rear window defogger relay sudah terhubung. Setelah nanti tersedia waktu untuk memeriksa C-38 dan C-02, baru fuse 22 akan saya order.

Tentu ada beberapa alternatif apabila di C-38 tidak ada kabel ke fuse 22. Saya bisa saja membuat short cut langsung dari rear window defogger relay (C-306) ke E-01. Caranya dengan menambahkan pin female di C-38 no.11. Tentunya dengan menambahkan fuse 7.5A  diantaranya. Jadi tidak perlu berbelit-belit melewati relay box, C-02 dan C-126. Tapi itu adalah pilihan terakhir.

Sebagai gambaran bagaimana wiring masuk dan keluar ke/dari relay box, saya coba cari gambar contohnya. Posisi menghadap ke depan menyebabkan sulit untuk saya melihat secara langsung bentuknya apabila tidak mencopot relay box tersebut.

Perhatikan bentuk kabelnya, besar-besar sekali. Terutama yang masuk langsung dari aki. Terlihat juga soket fuse 22 sudah terisi. Begitu juga fuse 25 (30A) untuk heated seat. Jika diperhatikan sekilas terlihat kabel warna hitam putih (B-W) milik heated mirror yang nantinya menuju joint connector 3 atau C-02, sebelum kemudian dispilt untuk spion kiri dan kanan. Kabel coklat (2BR) berukuran 2mm juga terlihat jelas. Di luar itu tampak juga kabel hijau (1.25G) milik heated seat, kabel biru 3mm (3L) yang menjadi sumber daya defogger dan heated mirror, kabel putih 3mm + soket C-308 – sumber power heated seat dan kabel 3mm berwarna merah (3R) milik defogger yang berasal dari aki.

Leave a Reply

