Pasang Spion Lipat : Bagian 4 – Wiring, ETACS Modification and Customization (Final)

Setelah tulisan Bagian 3 – Motor Kit, berikut adalah tahapan akhir dari pemasangan spion lipat. Mohon maaf baru sempat saya selesaikan karena banyak faktor seperti photo wiring, pembelian relay serta waktu untuk menyusun cerita. Akhirnya tulisan ini terlupakan akibat begitu banyaknya “antrian” modifikasi yang saya incar.

Dalam tulisan saya terakhir, dua tahapan yang harus dilakukan setelah pasang motor adalah memasang wiring dan setting ETACS. Pada kenyataannya ada satu hal penting lagi yang harus dilakukan diantaranya yaitu modifkasi ETACS dengan menambahkan relay dan pin. Jadi agar lebih sistematis, tulisan kali ini akan saya sajikan menjadi 3 tahapan tadi.

1. Pasang Wiring

Khusus wiring, saya tidak membuat photo karena pekerjaan dilakukan oleh mekanik GT Auto menjelang magrib. Selain mengganggu proses kerja mekanik, juga kondisi cahaya yang gelap menyulitkan proses pengambilan photo. Terus terang saya sempat bingung mau menyajikan apa dalam tulisan ini karena tanpa gambar, sebuah posting terasa sangat hambar. Akhirnya saya memutuskan untuk menjelaskan wiring menggunakan gambar diagram wiring serta lokasinya. Saya sarankan anda membuat sendiri wiring versi anda dengan mempelajari informasi yang saya berikan. Intinya anda bebas berkreasi karena memang wiring spion lipat tidak ada sama sekali.

Wiring spion lipat terdiri dari dua bagian, yaitu:

a. Dari spion menuju ETACS-ECU

Seperti sudah dibahas pada tulisan Bagian 3 – Motor Kit, wiring motor terputus pada spion. Yang harus kita lakukan adalah membuat wiring dari masing-masing spion yang menyatu pada J/C (3) dengan kode C-02 dan selanjutnya masuk ke ETACS-ECU.

Berdasarkan wiring diagram di atas, tugas kita adalah membuat dua wiring dari E-01 — C-126 — C-02  pada bagian kiri.

Kemudian dua wiring dari E-03 — C-112 — C-02 pada bagian kanan.

Selanjutnya dua wiring lagi dari C-02 — C-317

Karena mencari pin yang sesuai dengan soket asli begitu sulit, akhirnya saya membuat wiring dan soket sendiri menggunakan versi aftermarket. Saya tetap mengikuti jalur yang ada dan menempelkan soket baru disampingnya. Khusus join connector C-02, percabangan saya buat langsung tanpa melalui soket.

Problem terbesar yang harus dihadapi adalah di dalam C-317 tidak terdapat pin male no. 13 dan no. 14. Karena Lancer EX saya merupakan produksi tahun 2008, rupanya ETACS-ECU yang saya miliki tidak didesain untuk spion lipat. Selain dua pin yang dicopot, relay untuk spion lipat pun tidak ada. Untuk Lancer EX edisi 2010, ETACS-ECU sudah ready untuk spion lipat sehingga tidak perlu pasang relay dan pin tambahan. Selain melihat langsung part number ETACS-ECU, bisa dilihat sekilas melalui speedometer yang berbeda dengan edisi sebelumnya (2008-2009).

Leave a Reply

