Trouble is my friend

Sepandai pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Setelah melakukan banyak modifikasi tanpa sekalipun mengalami trouble, hari buruk itu akhirnya datang juga.

Bermula dari janjian dengan pemilik GT Auto Bekasi di hari Minggu kemarin, ternyata bengkel tutup untuk pertama kalinya. Tadinya hari libur adalah hari Jumat, namun mulai bulan April berganti menjadi hari Minggu. Janjian pukul 08.00 WIB (saya tiba 30 menit sebelumnya), namun pemilik GT Auto belum muncul juga, sementara pintu bengkel tertutup rapat. Bosan menunggu, mulailah iseng bongkar-bongkar. Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang heated mirror, saya pun mencoba mengintip wujud soket C-38, sambil melihat apakah wiring menuju relay box (passenger compartment) sudah tersedia atau belum.

Yang saya cari adalah kabel berwarna coklat yang keluar dari pin no.11. Karena joint connector (2) ini dilakban ke besi tulang dashboard bersama wiring utama, mulailah saya tarik-tarik untuk melihat kabel tersebut. Ternyata kabel no.11 belum ada. Yang ada hanya no. 5 (sumber power) dan no. 12 (menuju ke rear window defogger). Kesimpulan saya adalah tinggal mencari pin female untuk no. 11 kemudian langsung disambung ke E-01 dan diselipkan fuse 7.5A diantaranya. Ini shortcut agar cepat terpasang sambil nanti dirapikan ulang. Harusnya kabel melewati relay box dulu apabila ingin meletakkan fuse 7,5A di no. 22 sebagaimana mestinya. Tapi itu bisa dibereskan belakangan.

Selesai inspeksi C-38, sang pemilik bengkel yang ditunggu-tunggu belum juga muncul. Saya iseng membongkar head unit. Tujuannya untuk mengintip jalur kabel dari engine room menuju dashboard. Ini berkaitan dengan wiring latch hood switch (modifikasi sebelumnnya) yang belum standar. Saya ingin kabel lewat sana, sehingga perlu memastikan tingkat kesulitannya sebelum memberikan instruksi ke Ucil atau Saiful, para punggawa GT Auto. Rupanya jalur yang saya cari tidak kelihatan sehingga saya kemudian memasang kembali head unit. Saat dimasukkan, kabel modul GPS yang besar (saya gulung dan ikat menggunakan cable ties) nyangkut. Head unit pun saya dorong-dorong paksa, asal masuk saja. Sambil saya melakukan hal ini, datanglah sang pemilik yang sudah saya tunggu. Terlambat 30 menit dari waktu yang dijanjikan, not bad.

Mobil pun saya nyalakan dan masukkan ke dalam bengkel. Rencananya mobil saya tinggal karena urusan kami akan dilakukan menggunakan mobil sang pemilik. Disinilah masalah kemudian muncul. Ternyata lampu besar menyala dan tidak bisa dimatikan melalui column swith. Lampu menyala saat ignation on dan mesin menyala. Ya sudah, nanti dilihat deh setelah urusan kami selesai–pikir saya sambil meninggalkan mobil di bengkel.

Sekembalinya dari urusan, tepatnya pukul 15.30, mobil saya hidupkan. Karena mobil sudah canggih, alat diagnosa MUT-III pun segera beraksi.

Hasilnya muncul dua buah DTC pada ETACS. Coba dihapus tapi muncul lagi. Karena pada software SMV MUT-III bengkel belum dipasang Workshop Manual (WM) Lancer EX dan saya malas buat baca-baca pdf akhirnya diputuskan untuk kembali besok. Sebelum berangkat, relay lampu dicabut agar menghemat aki. Saat mobil distarter, teryata muncul masalah baru, mesin tidak mau menyala. Coba dijumper juga tidak bisa, ya sudah terpaksa pulang menggunakan taksi.

3 thoughts on “Trouble is my friend

    • Ada sedikit masalah di defogger saya. Defogger saya tidak berfungsi. Tadinya saya pikir ada kerusakan pada garis konduktor yg putus. Pas dicoba ternyata tidak ada arus. Karena arus untuk heated mirror ngambil dari sini, mau tidak mau harus dicari dulu masalahnya. Karena hal ini, eh jadi lupa buat nerusin proyek. Tunggu dicari dulu penyebab defogger tidak berfungsi, baru kemudian bisa mulai lagi

      Like

Leave a Reply

