Ganti Aki

Akibat error hari Minggu kemarin, ketahuan bahwa aki saya ternyata sudah sejak tahun 2012 atau hampir tiga tahun. Khawatir ada apa-apa, maka hari Jumat kemarin saya segera mengunjungi shop & drive untuk ganti aki.

Saat diperiksa menggunakan battery tester ternyata memang sudah tidak bagus lagi dan sebaiknya diganti.

Sesuai dengan buku owner’s manual, spesifikasi aki untuk Lancer EX adalah 55D23L. Saya memilih aki basah menggantikan aki kering yang saya dapat saat membeli mobil. Alasannya lebih murah dan bisa dijumper pakai battery charger yang ada dirumah.

Saat pemasangan, aki baru diperiksa tegangannya saat idle dan dengan beban penuh apakah layak dan sesuai standar.

Seperti biasa, shop and drive selalu menawarkan untuk membeli aki bekas. Tentu tawaran ini saya terima dengan senang hati. Lumayan dapat diskon Rp 66.400.

Tidak lupa diinformasikan bahwa saya wajib lapor setiap bulan agar garansi 1 tahun tetap berlaku. Kalau sekali saja absen maka garansi bakal hangus. Siappp!!

Leave a Reply

