DIY: Braket Antenna GPS

Seperti sudah saya ceritakan diposting sebelumnya mengenai ganti head unit, saya pernah membeli braket MMCS untuk mensupport GPS. Sempat gagal karena lubang baut tidak pas, akhirnya kala itu menggunakan braket plastik bawaan frame yang menempel dengan pas. Kekurangan braket plastik ini adalah saat mencopot frame maka head unit ikut menempel di frame. Sungguh menyulitkan saat melakukan proses lepas pasang head unit.

Kebetulan OS sudah dijual dan head unit Kenwood DDX7035BT kembali ke Lancer EX. Kesempatan ini saya gunakan untuk mewujudkan kembali ide lama tersebut. Akhirnya braket MMCS saya pasang dengan cara membor sedikit dari lubang yang ada agar sesuai dengan frame saat terpasang.

Saya juga menemukan informasi dimensi  braket antena GPS jika hendak membuat sendiri. Kebetulan juga braket antena GPS ini satu paket dengan aksesories MMCS, tidak dijual terpisah. Kalaupun ada, sekalian dengan antenna yang tidak bisa saya pakai karena berbeda modul.

Mengingat lokasi antena sekarang berada di balik pintu kiri, saya merasa perlu untuk memindahkan antena GPS pada posisi sebenarnya.

Saya pun mencoba membuat braket sendiri berdasarkan informasi yang ada di forum lancer, dengan bantuan peralatan seadanya.

Jelas sekali saya tidak berbakat untuk hal seperti ini. Menggunakan plat nomor bekas dan peralatan seadanya, hasilnya tidak layak untuk dibanggakan. Apalagi ini pengalaman saya pertama kali melakukan pengecatan.

Setelah menyelesaikan proses fitting di dashboard, saya tidak sengaja menemukan satu kaleng cat semprot warna hitam yang belum terpakai (saya lupa untuk apa) di gudang. Karena lokasi braket berada di dalam dashboard dan tidak terlihat, maka tidak ada kewajiban bagi saya untuk mengejar tampilan. Fungsi mengalahkan estetika.

Menggunakan alat bantu spion heater –yang kebetulan belum sempat dipasang, lokasi braket terlihat menempel di bagian dalam atas dashboard. Gak usah minta photo terpasang ya. Repot sekali  mengambil gambar yang pas. Intinya sudah terpasang menggunakan dua buah baut. Yang penting tujuan utama tercapai. Proses lepas pasang head unit lebih mudah dan antena GPS pindah ke tempat semestinya.

Leave a Reply

