Spooring di Fortuna Auto Service Depok

Sudah beberapa bulan sejak Lancer EX rutin saya gunakan, rasanya perlu mampir untuk spooring. Sangat tidak nyaman dan cenderung lari kiri-kanan. Setelah ikutan tour ke Serang dan pantai Carita bersama OSC hari sabtu kemarin, saya menyempatkan diri untuk spooring hari ini.

Ada kekhawatiran pilihan mobil Lancer EX tidak tersedia di alat wheel alignment milik Fortuna. Sudah menjadi guratan takdir apabila menggunakan mobil yang tidak pasaran, maka biasanya banyak fasilitas yang tidak tersedia. Saya pun ikut memeriksa bersama teknisi sebelum memutuskan untuk spooring. Ternyata benar, memang tidak ada Lancer EX (CY4A), yang ada ternyata punya Evo X (CZ4A).

Tentu saya tidak menyerah begitu saja. Setelah mencoba membuka berdasarkan negara produsen, akhirnya saya ingat untuk mencari nama alias dari Lancer EX di produksi Jepang. Rupanya saya beruntung, Galant Fortis CY4A tersedia di software Geo Pro bawaan dari mesin Hofmann ini.

Mobil pun langsung naik dan siap untuk diperiksa.

Data awalnya seperti di atas. Warna merah adalah indikator bahwa angka tersebut meleset dari standar dan harus di setting ulang.

Setelah dilakukan penyesuaian maka angka pada layar komputer berubah menjadi berikut:

Dari hasil akhir print out software, angka yang meleset dari standar adalah camber kiri depan. Seharusnya dalam range -0,6 s.d 0,4 namun hasilnya -0,9. Teknisinya mengatakan bahwa angka ini tidak bisa dirubah sehingga terpaksa diterima apa adanya.

Selesai dari spooring, saya pun mencuci mobil karena sudah sangat dekil dan belum dicuci sejak pulang touring hari Sabtu. Sampai di rumah, saya menemukan lecet pada hidung Lancer EX yang cukup panjang. Bahkan logo tiga berlian ikut kena. Karena sudah sampai rumah dan tidak begitu memperhatikan, saya tidak bisa memastikan siapa yang salah. Apakah teknisi di Fortuna atau tempat saya mencuci mobil, karena ditempat itu dua-duanya menjalankan mobil. Ya sudah, memang sudah nasib, terpaksa temenan lagi dengan tukang cat….

Leave a Reply

