DIY: Sunglasses Holder & Trunk Lid Handle – Bagian 1

Pesanan modifikasi berikutnya sudah datang. Kali ini saya hendak menambahkan beberapa fitur ringan. Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu penting namun seringkali mengganjal jika tidak tersedia. Karena ada modifikasinya, mengapa tidak sekalian dipasang.

Pertama adalah sunglasses holder. Ini fitur yang sangat penting menurut saya. Karena kita sangat sering menggunakan kaca mata hitam terutama saat kondisi terik. Dari pada menggunakan kaca film yang gelap dan membahayakan saat malam hari, penggunaan kaca mata hitam adalah solusi paling tepat. Masalahnya adalah tidak ada Lancer EX yang dilengkapi dengan fitur ini. Padahal Mitsubishi Galant saya dulu sudah ada. Begitu juga Pajero Sport sudah dilengkapi holder yang lokasinya bergabung dengan lampu kabin depan.

Untungnya punya mobil populer (di LN) maka modifikasinya sudah banyak tersedia. Tinggal meniru saja. Para pengguna Lancer EX menggunakan sunglasses holder milik Mitsubishi Outlander (bukan Outlander Sport) sebagai alternatif (lihat wishlist#6). Karena populasinya yang tidak sampai 30 unit di Indonesia, saya coba tampilkan wajah mobil yang persis sama dengan Outlander Sport ini.

Gambar di atas adalah versi facelift yang menggunakan “jet fighter nose” dan serupa dengan Lancer EX dan Outlander Sport. Pada versi awal, wajahnya masih mirip dengan fascia Grandis dan Pajero Sport.

Cara pasangnya persis sama dengan front dome light yaitu dengan membuat lubang pada headlining. Berdasarkan gambar di atas, seharusnya saya juga membeli busa penahan (72616E) tapi saya memutuskan untuk menggunakan cara lain agar headlining tidak tertarik ke bawah. Karena berbeda dengan front dome light yang sudah tersedia frame besi dibalik headlining, pada kasus ini sunglasses holder tidak punya tempat untuk bertumpu selain headlining.

Mekanisme kunci/buka pada sunglasses holder ini cukup sederhana.

Trunk Lid Inside Handle

Modifikasi berikutnya yang sudah siap adalah memasang pegangan pada bagasi belakang. Sangat sepele tapi merepotkan. Saya tidak tahu seberapa fungsional pegangan ini tapi mengingat harganya yang sangat murah, maka layak untuk dicoba.

Entah mengapa, engineer Mitsubishi pada saat membuat Lancer EX, sepertinya melupakan satu hal, yaitu pegangan bagasi. Mungkin agar tampil stylish, sehingga pegangan satu ini lenyap dari tutup bagasi. Pada kenyataannya saya sering menggunakan spoiler untuk membuka bagasi. Lantas untuk menutup? Sebenarnya ada tapi tidak dipasang untuk semua versi.

Inilah fitur murah yang sengaja dijadikan opsional. Terlalu!!

Jika anda copot trim cover bagasi, maka posisi handle ini sudah tercetak dan siap pasang. Bahkan dari luar dan dalam kondisi cover terpasang pun sudah jelas bentuknya. Jadi kita tinggal membuat lubang  dan dijepit dengan mur plastik sebanyak 5 buah.

Penasaran bagaimana cara pemasangan kedua item di atas? Tunggu besok ya. Akan saya sempatkan untuk memasangnya. Nanti saya coba sajikan secara detail, sehingga bagi anda yang berminat bisa mencoba sendiri di rumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s