DIY: Sunglasses Holder & Trunk Lid Handle – Bagian 2 (Final)

Sunglasses Holder

Tahapan pemasangan sunglasses holder adalah sebagai berikut:

1. Siapkan gambar pola.

2. Tes pola pada kertas kardus atau kertas keras. Pastikan tidak ada bagian yang terjepit saat holder membuka dan menutup. Lakukan penyesuaian pada pola apabila dirasakan perlu.


3. Tempel pola menggunakan masking tape pada lokasi 20 mm dari front dome light (bagi yang sudah memasang). Kemudian gambar bagian yang akan dipotong pada headlining.

4. Hasilnya setelah terpasang seperti ini. Kebetulan karena terlalu asik mengerjakan, saya lupa membuat dokumentasi prosesnya. Saya yakin anda pasti bisa karena sangat mudah. Pastikan posisi pola tidak terbalik atau tertukar sisi kiri dan kanan. Selebihnya gunakan pisau yang runcing dan tajam.

5. Untuk membuka/menutup holder, cukup tekan pada posisi garis.

Bagaimana? Mudah bukan. Jangan lupa untuk membeli busa penahan/sponge yang saya singgung sekilas pada posting bagian 1. Sponge ini penting untuk membentuk headlining agar pas dan menjaga jarak antara holder dengan atap. Tadinya saya berpikir untuk membuat braket seperti milik front dome light, tapi setelah diamati ternyata tidak perlu. Kode partnya adalah 7259A034.

Trunk Lid Inside Handle

Tahapan pemasangan trunk lid inside handle cukup mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Lepaskan trunk lid cover. Terdapat tujuh buah klip pada sisi-sisinya.

2. Siapkan pola menggunakan kertas. Untuk lebar, bisa dilebihkan masing-masing 0,5 mm dan keempat sudut bisa dibuatkan melengkung, bukan sudut 90 derajat seperti saya. Alasannya adalah agar cover tidak mudah sobek dan menyentuh lubang. Hal ini rentan terjadi karena ujung cover akan dijepit pada satu sisi oleh handle. Akibatnya cover mudah tertarik, sehingga apabila berbentuk sudut lebih mudah sobek dibandingkan melingkar.

3. Atur posisi handle agar sesuai dengan bentuk yang sudah ada pada permukaan cover, baru kemudian gambar menggunakan pola.

4. Menggunakan pola, buatlah garis bantu yang akan kita potong berserta lokasi lubang sebanyak lima buah pada sisi-sisinya. Gunakan baut berujung tajam untuk membuat lubang dan lakukan terlebih dahulu sebelum memotong cover. Tujuannya agar lebih mudah dan tidak gambang sobek. Pilihlah baut ukuran sedang terlebih dahulu dan selanjutnya ukuran lebih besar apabila masih belum pas.

5. Pasang mur untuk mengunci lima buah kaki secara permanen.

Pada bagian bawah ada bagian yang menjepit cover, sehingga dua lubang di bagian bawah mudah sobek apabila sudut 90 derajat. Agar memperoleh hasil terbaik, pastikan berbentuk melengkung dan ukuran lubang jangan terlalu pas seperti contoh saya. Untungnya mur mengunci dengan cukup kokoh sehingga hasilnya sangat rapi jika dilihat dari luar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s