Ganti Head Unit Kenwood DDX7015BT

Tahun 2015, Kenwood mengeluarkan produk baru dengan kode “15” menggantikan produk sebelumnya yang menggunakan kode “35”. Bagi pembaca blog redlancerex pasti sudah mengetahui bahwa saat ini saya menggunakan Kenwood DDX7035BT yang sempat populer tahun lalu dengan fitur true mirroring yang sangat powerful jika digunakan bersama smartphone Android.

Seperti halnya gadget, head unit multimedia pun ikut trend untuk selalu mengganti produk setiap tahun beserta tambahan fitur terbaru. Kali ini fitur andalan untuk 2015 adalah air mirroring. Menggunakan dongle wireless HDMI, proses mirroring tidak lagi memerlukan kabel yang sangat merepotkan. Berpasangan dengan Kenwood KCA-WL-100 yang dijual terpisah, teknologi miracast akhirnya masuk ke head unit. Seperti halnya kabel MHL pada true mirroring, tentu kita tidak wajib membeli produk keluaran Kenwood jika hendak merasakan fitur terbaru ini. Mengingat harga aksesories Kenwood yang relatif mahal dan sulit untuk ditemukan di pasaran, produk alternatif banyak sekali tersedia dengan harga terjangkau.

Saya pun tertarik untuk mencoba produk 2015 seperti halnya ganti gadget. Masalahnya produk seri 8 tidak support modul GPS (wajib ada) dan seri 9 yang dilengkapi GPS built-in terlalu mahal. Saya akhirnya memutuskan untuk mengganti DDX7035BT dengan DDX7015BT. Bukan karena fitur air mirroring, tapi karena melihat di web ada tulisan support file video mkv. Hampir semua film/klip yang beredar di internet saat ini menggunakan format tersebut. Pada kenyataanya setelah membaca lebih teliti dan beberapa tulisan di forum menegaskan bahwa DDX7015BT tidak support format mkv.

Masalahnya saya sudah keburu order via toko audio langganan dan tentunya tidak enak untuk membatalkan. Saat mencoba sebelum dipasang, memang terbukti bahwa video mkv atau format download dari youtube (biasanya mp4 untuk versi 720p) tidak bisa diputar. Jadi diluar air mirroring tidak ada perubahan mendasar dari produk tahun sebelumnya. Bahkan beberapa pengguna DDX7035BT di forum Kenwood sukses mencoba air mirroring menggunakan dongle wireless merek lain (bukan Kenwood KCA-WL-100).

DDX7015BT vs DDX7035BT
Kotak kemasan hampir serupa dan semua aksesoriesnya sama persis. Baik remote, kabel atau pun mikrofon bluetooth.

Tampilan menu di layar hampir tidak ada perubahan berarti baik dari segi ikon atau pun theme. Hanya ikon AUPEO! saja yang membedakan dengan produk sebelumnya.

Jika pada DDX7035BT bagian bawah berisi shortcut untuk GPS (hanya muncul jika menggunakan modul GPS), pada DDX7015BT menjadi lebih banyak. Ada tiga shortcut yang disediakan dan bisa diganti sesuai pilihan. Caranya dengan memilih fitur pada tampilan menu dengan tombol ikon utama.

Shortcut ini bisa disembunyikan apabila tidak diperlukan. Misalnya saat menggunakan GPS, apabila kita tidak ingin melihat shortcut tadi, maka yang ditampilkan adalah lagu yang sedang menyala, misalnya melalui USB.

Tambahan fitur lain adalah parking guidelines. Apabila kamera mundur yang anda beli belum disertai garis bantu, maka bisa ditambahkan melalui head unit. Karena kamera mundur saya sudah disertai garis bantu, maka fitur ini saya non-aktifkan.

Bagi anda yang berminat mengganti seri lama dengan DDX7015BT mungkin belum perlu karena hampir tidak ada yang berbeda dengan produk sebelumnya. Entah nanti jika saya sudah mencoba fitur air mirroring, bisa jadi review ini berubah. Tapi saya rasa kecil sekali kemungkinannya DDX7015BT punya performa berbeda dengan DDX7035BT saat air mirroring. Bagi anda yang penasaran tentang hal ini, silahkan tunggu posting saya berikutnya. Saya akan coba bandingkan keduanya, tentunya jika DDX7035BT belum laku terjual. Saya juga harus membeli dongle wireless terlebih dahulu. So, stay tuned…

Advertisements

15 thoughts on “Ganti Head Unit Kenwood DDX7015BT

  1. Permisi mas, saya pengguna lancer ex 2008, pengen ganti audionya, karena yang th2008 kan masih pakai vcd biasa. Bisa minta referensi gak belinya dimana ?? Terus pemasangannya gak ribet n speknya bagus.. Trimakasih

    Like

    • Banyak pilihannya. Ada yg paling mahal keluaran Kenwood yg kerjasama dgn Garmin. Kemudian ada lagi modul universal dgn OS Android 4.4. Sekarang saya pakai yg ini. Head unit berubah jd android kl pakai yg ini. Terakhir modul universal dgn OS Win CE 6.0. Saya sudah tidak pakai lagi karena kalah dengan yg android. Kl android byk apps yg bisa ditambah sementara Windows udh jarang. Tapi yg terakhir ini py kelebihan paling murah

      Like

      • Ini head unit bawaan mobil Honda ya? Intinya yang dibutuhkan agar bisa itu adalah ketersediaan port RGB. Kalo saya lihat di internet sih DDX4033 dilengkapi RGB. Tapi kalau masih ragu bisa intip di menu-nya ada icon navigasi atau tidak. Kl masih ragu juga, intip langsung bagian belakangnya. Semoga membantu

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s