Air Mirroring di Kenwood DDX7015BT

Seperti sudah saya janjikan pada posting sebelumnya, kali ini saya mencoba berbagi cerita tentang fitur yang menjadi andalan Kenwood di tahun 2015, yaitu air mirroring. Sebelum membaca tentang air mirroring, ada baiknya anda melihat dulu postingan saya sebelumnya tentang true mirroring yang menjadi hits di 2014. Karena proses koneksi APPs serupa dan tidak akan saya ulang di tulisan ini.

Untuk menggunakan air mirroring diperlukan gadget Android dengan OS 4.2 Jelly Bean ke atas. Saya kebetulan menggunakan Samsung Galaxy Mega 6.3″ yang dipersenjatai OS 4.4.2 Kit Kat. Pada setting>connections sudah tersedia pilihan Screen Mirroring. Untuk gadget Android versi lain bisa jadi namanya berbeda, silahkan coba atau cari judul yang serupa atau mirip. Bagaimana dengan Android versi lama? Karena saya tidak punya gadgetnya, mohon maaf saya belum bisa membantu. Tulisan kali ini hanya terbatas di Galaxy Mega 6.3″ saja.

Tidak ada perbedaan antara true mirroring dan air mirroring kecuali media perantara yang digunakan untuk mirroring.  Jika pada true mirroring, saya menggunakan kabel MHL 2.0, maka kali ini kabel tersebut digantikan oleh HDMI  Wi-Fi dongle yang menggunakan teknologi miracast. Kenwood sebenarnya menyediakan dongle Kenwood KCA-WL100 tapi belajar dari pengalaman true mirroring, ini bukan pilihan wajib. Lagi pula dongle ini sepertinya susah diperoleh secara bebas. Saya menggunakan dongle yang jadi rekomendasi rekan-rekan di forum Kenwood. Selain sudah terbukti berhasil, tidak ada alasan bagi saya untuk melakukan riset produk lainnya. Saya sempat mencoba produk EZCast tapi harus menginstal aplikasi agar bisa digunakan. Karena tidak berhasil akhirnya saya tidak jadi membeli. Mungkin dongle EZcast menggunakan teknologi lama sehingga tidak easy-to-use.

98 thoughts on “Air Mirroring di Kenwood DDX7015BT

  1. Hi, can you advise which wifi dongle you are using? I am using Kenwood 715wbt with modeo dongle but too bad that is using Ezcast which after I plug in there is no signal detected at all when I choose HDMI/mhl.

    Thks in advance bro

    Like

    • You have to buy HDMI Miracast Dongle instead of EZcast/Chromecast. Miracast does mirroring without internet. Chromecast requires internet and doesn’t support mirroring (projects movie and media but not mirroring). I don’t know about EZcast but I think it’s a same technology like chromecast

      Like

    • Yang benar adalah yang pertama. Kuncinya adalah teknologi miracast. Saya tidak tahu apakah produk EZCast yang mengaku menggunakan teknologi miracast bisa. Setahu saya EZCast menggunakan teknologi yang sama dengan Chromecast dan tidak bisa mirroring. Jika ingin mencoba yang kedua saya persilahkan, tapi jika tidak mau mengambil resiko, silahkan beli yang pertama

      Like

      • Berarti kalau saya beli alat yang berada di link pertama dengan mengikuti cara yang agan kasih contoh sudah pasti jalan ya??

        Like

      • Betul. Tapi tidak menutup kemungkinan yang kedua sama dengan yg pertama. Karena disebutkan dalam keterangannya menggunakan teknologi miracast, bukan chromecast

        Like

      • Ketika beli headunit ddx7015bt itu apakah sudah termasuk kabel hdmi buat colokin ke wifi dongle nya? atau kita akan dapat ketika beli alat wifi dongle tersebut?

        Like

      • Dari pembelian dongle dapat HDMI Male to Female sepanjang 15cm. Apabila dirasa kurang panjang silahkan beli sendiri kabel HDMI. Biasanya male to male dan jarang tersedia male to female. Bisa disiasati dengan membeli lagi converter HDMI female to female

        Like

  2. Kabel hdmi yang kita dapat waktu beli wifi donglenya itu kan pendek, lalu kita colokin ke belakang head unit masalahnya apakah bisa cukup ditaruh sampai ke depan? Kalau saya lihat video agan di youtube kan kabelnya warna biru buat di connect ke wifi dongle, itu apakah agan dapat pada waktu beli wifi dongle nya?

    Like

  3. Berarti agan beli lagi kabel hdmi yang lebih panjang ketimbang bawaan aslinya ya?? Itu pencolokkannya ada di belakang headunit kan gan? Maaf banyak tanya, mohon bantuannya…

    Like

  4. Lamken gan.saya mau nanya beli ddx7015 bt dimana ya? Trus dibanding yang seri dnx bagus mana? Trus pakai speaker 2way yang cocok merk apa? Tolong dikasih alamat langganan agan..lewat email.
    Maklum gan,saya di bontang kaltim..

    Like

    • Kl tinggal di Bontang, sekarang banyak situs belanja online lokal seperti Lazada, Bukalapak.com atau tokopedia. Harganya bersaing dan berapa kali belanja cukup aman. Lazada bahkan sering diskon asal kita pintar memilih. DDX adalah head unit multi media, sedangkan DNX fokus di GPS built in. Mana yang bagus ya sesuai kebutuhan. Sepertinya 7015BT lebih bagus jika ditambah GPS modul. Untuk speaker, terlalu banyak pilihan. Silahkan diskusi di forum kenwood atau speaker di modifikasi.com. Banyak pakar-pakar di sana yang lebih mengerti dan bisa memberi masukan. Semoga membantu

      Like

  5. Nanya gan, selama proses mirroring itu, android kita “ON” terus ya screen nya? kalo di OFF, apakah mirroring di HU masih jalan?

    BTW, ternyata sesama hiu juga neh, ane juga baru jual Hiu bulan kemaren, keluaran 2001 — I missed my hiu neh …..

    Like

    • Betul. Selama mirroring, layar head unit sama dengan smartphone. Jadi kl layar off maka tampilan pun sama.
      Harus move on…hiu memang kenceng tapi kan gak mungkin pakai mobil yang sama seumur hidup..hehehe

      Like

      • OK, thanks info nya

        nanya lagi ya, ini OOT dari topik mirroring, waktu pake hiu ane batal pasang ELM327 karena port OBD2 @ hiu ternyata gak universal (pake 2 socket), nah pertanyaannya waktu agan masih pake Hiu, apakah pake ELM327 itu gak? kalo ya, gimana cara akalin port OBD2 nya?

        Like

      • Setau saya galant hiu tidak support ELM327. Hal ini didukung juga dengan perlakuan yang berbeda saat MUT3 dicolok ke galant dan lancer EX. Andaikan penasaran, coba mampir ke forum obd scanner di kaskus yang khusus membahas ELM327. Siapa tau TS-nya bisa bantu

        Like

  6. Om saya barusan pasang HU DDX715WBT, saya pasang dongle dari kenwood. Saya sudah coba untuk air mirroring dan berhasil. Namun ada 1 hal yg menggangu, setelah berhasil tahap screen calibration yg kemudian saya tekan tombol back di HU otomatis layar langsung berubah kecil kembali sesuai ukuran handphone. Ini kenapa ya om? Apakah ada yg salah setting di hp saya?

    Like

  7. om mau tanya kemarin saya bru pasang ddx 515 BT , klo utk connect by air mirrorinng utk iphone itu sdah bisa atau belum ya, lalu utk true mirroring perangkat tambahan apa saja yang harus dipasang ?,
    yang ke 2 mau tanya utk puter file video atau putar dvd slalu muncul layar biru di HU nya bertulisan parking off , gogle2 sih katanya krn kabel brake nya yg DI HU hrs di bypass , pertanyaannya kira2 om tau gak ya kabel yg mana ? trims

    Like

    • Harusnya sih bisa ya. Tapi karena saya bukan pengguna iPhone, rasanya kurang tepat bertanya dengan saya. Yang jelas, air mirroring dengan iPhone tidak bisa seperti dengan smartphone android yg bisa full control. iPhone hanya apps tertentu saja.

      Untuk true mirroring silahkan baca posting saya tentang true mirroring.

      Yang pasang HU siapa ya? Kl toko audio harusnya paham hal seperti ini. Tapi kalau pasang sendiri saya pikir masuk akal jika sedikit bingung. Coba cari kabel berwarna hijau muda bertuliskan PRK SW. Sambung kabel ini ke kabel ground (biasanya warna hitam) atau ke body mobil. Good luck

      Like

  8. Mohon bantuan dari suhu-suhu HU kenwood ddx7015bt..sudah 3 (tiga) hari saya kotak katik hp dan hu.. hasilnya tetap nihil, jadi masalahnya hp dan hu baik bluetoot dan wirelessnya sudah terhubung tetapi di hu-nya tidak tampil, kasus disini hp saya memakai xiaomi Mi4, wifi songle hdmi wireless

    Mohon pencerahan dari suhu2 sekalain

    Like

    • Bisa lebih spesifik lagi di mana letak masalahnya. Jika dibandingkan dengan video, nyangkutnya di menit berapa? Wifi Dongle pakai model yang mana? Apakah sama dengan yang saya gunakan?

      Like

  9. Gan mau tanya tempat beli gps modul untuk ddx 7015bt dmn ya ? Trus saya kan iphone user kalo mau air mirroring hrus tambah kabel apa lagi ? Saya pke ddx7015bt + dongle kca-wl100. Mohon pencerahannya. Soalnya yang masang agak2 gtu. Thx gan

    Like

  10. keren gan untuk project GPS Box Android nya, 5 thumbs UP …
    cuma ni module, kaga ada bluetooth nya ya? lalu TPMS jadi gak native bisa langsung di liat ya?
    modem nya gimana gan? USB modem cellular colok ke module? atau module join ke modem router portable gitu?

    untuk pembelian/pemasangan, ke MAGnet itu ya gan? ada alternatif toko laen gan? kalo buat kabel RGB Alpine nya, mereka bisa juga ya? Ane pake nya IVA-W520E, kalo liat back panel nya ada socket NAVI nya

    Like

    • Kl alpine kan bukan mainstream seperti kenwood dan pioneer. Kayaknya harus belanja sendiri ke LN. Modul GPS dapat internet via wifi. Trs bluetooth utk TPMS sdh ada solusi yaitu pake android TV. Silahkan liat posting saya lain tentang true mirroring android tv

      Like

      • Hadeuh, jadi puyenk.com hehehe. After beberapa kali tik-tok email dengan manufacturer nya GPS-800S itu, mereka kasih penjelasan bahwa Navi RGB port untuk alpine hanya terima input resolusi 400×234, sedangkan GPS-800S output resolusi 800×480, jadi untuk alpine (walaupun screen nya support 800×480) kalo pake product mereka, kaga bisa. Lalu mereka juga kasih penjelasan, kalo GPS-800S sudah di set firmware untuk kenwood, kalo mau di ganti colok ke pionner or JVC (dengan ganti kabel) juga gak bisa, kudu update firmware ke brand HU yang di tuju. Saia puyenk karena sound system di gerobak udah alpine semua (HU dan sound processor)

        Secara harga, harga mereka (even bilang untuk sample) juga gak terlalu jauh ama harga di indo, cuma murah beberapa ratus ribu doang (gak jauh), cuma mereka bersedia kasih full set kabel pionner / kenwood / JVC) dan kasih firmware nya buat rubah2 brand HU. Kalo mo murah banged, mereka minta qty 1.000 pcs per type (wkwkwkwkwk …..)

        Ok, just sharing aja info dari mereka gan …..

        Like

  11. apakah HDMI Wi-Fi dongle untuk air mirroring harus ada power tambahan? jadinya masih colok mencolok juga seperti true mirroring. trus kabel jadi kurang rapi karna sumber listrik dari lighter rokok. kalau lowbatt saat air mirroring hp di charge di mana om. tks

    Like

    • Apakah harus ada power tambahan? Ya. Kl charger bawaan mobil cuma satu, bisa pake USB milik head unit. Jika USB head unit diperlukan utk flashdisk, bisa beli USB hub. Atau beli charger dengan ujung USB isi dua. Jika ingin terlihat lebih rapi lagi, coba lihat posting saya “DIY: HDMI/USB ports” yang menambah colokan USB agar bisa dapat power utk mirroring

      Like

  12. Salam kenal Pak. Saya menggunakan Xiomi dan ada rencana ganti HU 7015BT. Mohon berkenan share pengalamannya:
    1. Apakah Anda pernah mencoba menggunakan HP lain selain Galaxy Mega untuk True Mirroring/Air Mirroring?
    2. Pada penggunaan air mirror, apakah ada kendala konektivitas? Untuk reabilitas koneksi, apakah lebih baik True Mirroring ataukah Air Mirroring?
    3. Kendala apa yang sering Anda rasakan pada saat menggunakan Air Mirroring?

    Terima kasih

    Like

    • 1. Tidak pernah
      2. Air mirroring lebih ringkas karena tidak pakai kabel tapi lebih sering mengalami masalah tidak singkron antara layar dgn gadger (slow response). Sekarang saya pakai kabel terus (true mirroring tapi pakai android tv)
      3. Seperti no. 2. Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba sendiri agar bisa merasakan pengalaman air mirroring.

      Like

      • Terima kasih infonya. Kebetulan saya sudah pasang dongle Wifi KCA-WL100 dan sudah merasakan air mirroring. Kendala yang saya hadapi:
        1. Kadang-kadang signal Wifi dari dongle tidak terdeteksi oleh HP.
        2. Kadang gambar ada delay dibandingkan tampilan HP
        3. Navigasi dari HU untuk aplikasi HP cukup responsif.

        Salam

        Like

  13. Gan ane pake lancer juga..tp cb5 hehe..baru ganti ddx 515 kmren..nah seri 515 ini bisa air mirroring pakai dongle juga ga ya? Coz soalnya mayan juga harganya..takut gagal heheu..tks gan

    Like

    • DDX7015BT itu produk 2015, sedangkan DDX7016BT tahun 2016. Hanya melalui spesifikasi, perubahan yang terjadi pada produk 2016 yaitu layar sdh capacitive kayak handphone dan input camera menjadi dua yaitu front dan rear. Selain itu kurang lebih sama

      Like

  14. Gan,

    Ane baru beli DDX7016BT (sudah ter-update dengan firmware terbaru 1.4.0) dan dongle KCA-WL100 sudah terpasang dengan benar beserta kabel power nya. Tapi, pada saat menu pilihan HDMI/MHL nya dipilih, selalu muncul “no signal”, dimana seolah-olah dongle tsb tidak terdeteksi. Apa yang salah ya Gan kira2?
    Mohon pencerahannya Gan.

    Regards,
    Robby

    Like

    • Om, bukannya saya gak mau bantu jawab, tapi pertanyaan om sulit untuk dijawab via post karena:
      – saya gak pakai 7016BT tapi 7015 BT, meskipun mirip
      – saya gak pakai KCA-WL100 tapi yang versi china, jadi saya gak pernah liat proses koneksi pakai KCA-WL100
      – KCA-WL100 ini sumber powernya permanen (disambung ke wiring power HU) bukan pakai colokan USB atau charger kayak versi china yg saya pakai
      – Pertanyaan om terlalu basic sehingga saya khawatir penjelasan saya belum tentu dimengerti karena penguasaan teori yg tidak sama
      – saya tidak pernah mengalami error seperti om alami jadi harus menebak apa kesalahan yang om lakukan. Sementara informasi terbatas melalui tulisan, tanpa gambar atau video

      Karena banyak faktor di atas, saran saya sebaiknya om ketemu dengan orang yang sudah paham/ahli dan biarkan mereka yang bantu pecahkan masalah. Emangnya pas pasang gak dibantuin sama toko audionya ya?

      Mohon maaf kalau saya tidak bisa bantu menjelaskan…

      Like

  15. Iya Om, makasih utk responsive balasannya. Really appreciated! 🙂
    Sedikit latar belakangnya, pada saat instalasi, kebetulan pihak tokonya “sedikit kurang memahami pemasangan HU vs dongle” tersebut. Jadi yaa gitu deh.. hehehe.
    Walhasil, saya memutuskan untuk gugling di internet dan belum beruntung sampai detik ini.
    Saya berencana mau coba beli dongle yg Om pakai saat ini, siapa tau memang ada compatibility issue dengan dongle KCA-WL100 tsb.
    Sekali lagi terima kasih balasannya Om.

    Regards,
    Robby

    Like

    • Kalau saya boleh saran, sebaiknya jangan beli dulu dongle lain. Coba dulu dongle yang ada. Tapi prosesnya panjang karena ini kan mainan gadget freak…jadi gak semua orang sabar.

      Andaikan dongle diletakan di luar dashboard (artinya bisa lepas pasang), coba copot dulu dan test pakai tv LED/LCD di rumah. Power boleh pakai charger biasa (mudah-mudahan ada yang portnya sama). Kalau sukses baru bicara tahap berikutnya.

      Like

  16. NEED HELP. ABOUT KENWOOD DDX 7016BT with donlge kca-lw100

    dear agan2 yang baik hati. saya mohon pertolongannya. apakah samsung A7 2016 bisa support air mirroring? saya sudah beli dongle kca-lw100 kok masih tidak bisa. adakah caranya? atau adakah yg punya list handphone android yang support air mirrorring HU kenwood ini? terima kasih banyak agan..

    Like

  17. Halo master, sblmnya sya mw minta maaf krn sya salah room saat diskusi pertama kmrn, tp sya jg mw terimakasih krn postingan sya kmrn mendapat respon dari master motolola,
    Sesuai saran master kmrin yg pertama sya sudah membuka postingan master ttg “mirroring di kenwood ddx7015bt”, dan sya jg skalian jg sdh membuka postingan master yg lain ttg “true mirroring di kenwood ddx7035bt”,
    Utk prosesnya sya sdh berusaha mengikuti step by step yg master tuliskan di postingan “mirroring di kenwood ddx7015bt”, smpai pada step ke 2 ttg pair dgn HDMI Wifi dongle di gadged android, tp krn gadged kita berbeda yg sya adalah menggunakan gadged asus sehingga yg muncul bukan tulisan “Screen Mirroring” sprti yg ada di gambar pada step ke2 tersebut melainkan di gadged sya adalah istilah “PlayTo”,
    Tp masalah muncul ktika saya sdh aktifkan bluetooth + Wifi di asus sya dan sya klik PlayTo di asus sya dan menemukan nama ID headunitnya, stlh sya klik semuanya dan mw lanjut proses di App kenwood smartphone di asus sya kmudian indikator di monitor asus sya hny di “Allow Connection” sya tunggu hampir 15 menit tp tidak ada perubahan sehingga sya tidak bisa klik “Screen Calibration”,
    Utk info sya sdh mencoba mengikuti semua tutorial video di 2 postingan thread yg master sarankan, kira2 apakah yg salah dgn problem sya ini? Apakah krn os asus sya yg hny android 4.4.2 yg jd masalahnya? Karna sya sdh brusaha update os terbaru utk asus sya tp system update baik yg manual / automatic update hny mentok smp disini,
    Mohon pencerahannya master motolola, salam

    Like

    • Mohon pertanyaannya dijelaskan satu per satu, jangan ditumpuk semua dalam satu cerita. Saya agak kesulitan menangkap apa sebenarnya yang mau om tanyakan.

      Masalah om itu apa ya? Gak bisa mirroring? Atau gak bisa touchscreen?

      Coba om tonton video “Kenwood Air Mirroring – How to setup” dan jelaskan om nyangkut/ gagal di menit ke berapa?

      Like

  18. Maaf bgt master kl mlh bkn bingung, mgkn kl bisa sya rinci utk permasalahannya adalah bagian mirroring nya master.
    Jd setelah sya melihat video sprti yg master sarankan kl bisa saya infokan sedikit jd pada detik 01:20 kl di video pny master ada hal ttg screen mirroring, tp krn gadged sya asus brti di gadget sya screen mirroring tidak ada dan digantikan dgn istilah PlayTo, *(mohon koreksi kl sya salah master).
    Utk permasalahan yg sya dpt ada di detik 1:21 ttg Kenwood Smartphone Control, kl di video ditampilkan ttg ktika kita buka applikasi maka akan ktmu 2 bagan yaitu Allow Connection & bagan Screen Calibration,
    Mgkn pertanyaan sya adalah :
    1) Saat sya sudah open applikasi Kenwood Smartphone Control sprti tutorial video knp punya saya tidak bisa klik bagan screen calibration sprti di video nya master?
    2) Apakah ada settingan gadged sya yg salah? Krn saya sdh mncoba beberapa kali menyesuaikan settingam sprti tutorial video pny master
    3) Pada detik 01:48 di video tutorial pny master ditampilkan layar headunit yg sdh terkoneksi dgn gadget, pertanyaan sya knp pny saya tdk bisa menampilkan sprti yg di video ya master? Apa karna os asus sya yg blm kompatible?
    Mohon pencerahannya master, salam

    Like

    • Waduh…susah juga ya. Saya masih kurang paham sebetulnya pertanyaan om ini apa. Kita coba cara lain ya. Tolong om jawab:
      1. Apakah om sudah berhasil memindahkan layar smartphone ke head unit?
      2. Jika sudah apakah om bisa touchscreen melalui layar head unit?

      Coba om jawab dulu dua pertanyaan tadi. Karena saya tidak bisa memberikan jawaban apapun tanpa mengetahui dua hal tadi. Setelah itu baru kita lanjut dengan pertanyaan berikutnya.

      Like

  19. Waduuh maaf bgt master kl sya trs membingungkan,
    Sya jwb ya master :
    1) Belum master, tp kl utk bluetooth sdh bisa pair ke headunit.
    2) Belum jg master krn tahapan dari pertanyaan master yg pertama blm bisa sya alami.
    Gmn tu master kira2?

    Like

    • 2. Kalau gitu masalahnya di mana? Artinya kan dari menit 01:20 udah cocok. Di menit berapa yg gak sama dengan video?
      3. Kl om bingung menjelaskannya, ada baiknya pakai photo. Share di sini link fotonya supaya saya bisa liat nyangkutnya pas tahapan mana.

      Like

  20. 2) Masalahnya ada di detik 01:37 master, kl di video tulisan “Screen Calibration” pny master bisa di klik kan, tp kl pny sya tulisan “Screen Calibration” nya gak bisa di klik master, jd hanya kolom “Allow Connection” nya aja yg bisa di klik.
    *(kolom tulisan “Screen Calibration” pny saya masih ttp warna abu2).

    3) Sbnrnya sya agak mngrti dlm hal menjelaskannya master, tp nanti kl agak kebingungan nanti bisa sya coba share.

    Gmn master utk jawaban sya yg no.2 diatas?

    Like

    • Masalahnya om sendiri gak bisa menjelaskan ke saya sampai sekarang masalahnya di mana. Kalau om yg milih kata2 sendiri mutar2 ke mana-mana.

      Ambil contoh ya. Menit 1:37 itu kan gambar hape. Kenapa om bahas itu ya?

      Harusnya om liat juga layar head unitnya. Ada yg harus dipencet disitu. Kl sudah dipencet masuk ke tahapan berikutnya.

      Gini aja deh. Saya yakin kl pakai kata2, identifikasi masalah gak bakal selesai2. Selalu ada yg kurang informasinya atau salah cara menerangkannya.

      Coba om rekam pakai hape lain. Hape om yg buat mirroring taro dekat head unit, biar keduanya keliatan. Rekam mulai dari menit 01:20 sampai om merasa masalahnya timbul. Saya mau liat om sudah melakukan semua prosedur atau ada yg lewat. Nanti upload videonya di youtube.

      Like

    • Ok. Baru saya paham masalahnya. Ada beberapa kemungkinan kenapa layar tidak berubah.
      1. Setting om salah. Coba photoin setting seperti di tahap 3 halaman 2. Tolong share di sini linknya

      2. Urutan om salah. Jadi setelah connected dengan dongle KCA-WL100, om masuk ke menu dan pilih Apps. Harusnya muncul gambar seperti di tahap 3, photo ke 2, 3 dst. Persis seperti video. Coba dulu ya om. Dan jangan lupa yg om pilih itu setting yg kiri, wireless mirroring bukan wireless link (kalau muncul pilihan). Setelah muncul tulisan caution! seperti di tahap 3, baru om masuk ke Kenwood Smartphone Control apps di hape.

      3. Kalau om perhatikan seksama photo2 saat mirroring berhasil di tahap 3 juga, biasanya muncul icon2 sebagai indikator koneksi. Saya contohkan dibagian kanan ada bluetooth dan wifi. Bluetooth yg sudah nyambung beda dgn yg blm. Saya liat py om udah nyambung. Tapi utk wifi, py om di video tidak sama dgn di photo. Artinya blm nyambung. Kemudian icon di sudut kiri atas, yg pertama saya gak tau apakah bakal sama dengan om gak. Tapi itu biasanya muncul saat layar sudah berhasil mirroring. Sebelahnya icon bahwa touchscreen sudah berfungsi. Kalau yg ini harusnya sama.

      mirroring

      Dicoba lagi ya om

      Like

  21. Terimakasih utk responnya master,
    Oya sblmnya utk jawaban dari permintaan master utk yg No. 1 ttg share link photo, jujur ini sya lg kebingungan cara mw share link photonya ky gmn master, jd utk sementara sya jabarkan pakai kata2 dulu ya,
    1) Utk hal setting semuanya udah sya samain dgn gambar settingan pny master sesuai di halaman 2 bagian tahapan, yg rinciannya yaitu :
    -utk Device Type nya sama sprti pny master yaitu Android / Other.
    -utk Connection Type nya jg sama yaitu HDMI / MHL + Bluetooth.
    -utk Device Name nya pny sya ASUS_T00F.
    *(berarti bisa dibilang utk setting APP nya sdh sama kan master? Mohon koreksi kl sya keliru)

    2) Jujur sya agak bingung jelasinnya krn mgkin kasus nya sya ini agak aneh, jd gini master kl pny sya misalnya hrs koneksi ke Kenwood dongle KCA-WL 100 sya harus memulai tahapannya dgn cara membuka APPs -> trs nanti ketemu pilihan antara Wireles Mirroring & Wireless Link, nah knp sya klik Wireless Link krn kl sya pilih klik Wireless Link, gadget asus sya baru bisa terkoneksi dgn headunit via dongle wifi, tp kl sya pilih klik Wireles Mirroring koneksi dari asus sya ke dongle terputus master (sinyal mendadak hilang). Sya gak tw smp skrg kenapa tiba2 terputus sambungan koneksinya ke dongle ketika sya klik Wireless Mirroring.
    Apakah master prnh mengalami / prnah tw ada kasus ky gini master?

    3) Iya betul master, indikator icon sambungan koneksi utk bluetooth sya sdh ada di monitor headunit, tp kl utk indikator icon wifi apakah sudah sambung / blm ke headunit jujur smp skrg sya blm tw bentuk indikator icon nya sprti apa yg seharusnya muncul di monitor headunit, sya jg sdh cari di buku panduan headunit utk nyari tw kaya apa bentuk icon nya tp blm ketemu jg master.
    Tp yg pasti bisa sya pastikan utk connect ke dongle sdh terkoneksi master, krn utk akses PlayTo mewajibkan sya utk mengkoneksikan wifi ke dongle master.

    Gmn kira2 master kl kasusnya sprti ini?

    Like

    • Kayaknya lain kali kl menjelaskan secara visual aja. Bisa photo trus masuk photobucket, FB atau instagram trus share di sini linknya. Saya agak pusing kl baca penjelasan dari om.

      Kl om udah baca postingan terakhir di blog saya, saya udah pernah tes air mirroring pakai Asus Zenfone 2 dan tanpa ada masalah kok. Jadi om ikutin instruksi saya, jgn kreatif dulu sebelum berhasil ya. Kl saya minta pakai wireless mirroring, jg om nawar pakai wireless link. Ya gak bakal bisa sampai kapan pun.

      Nah, coba om pastikan tidak ada wifi yg tersambung dengan hape om, karena berbeda dengan bluetooth, wifi tidak bisa multi connection. Dia bakal bingung.

      Gini deh…kl KCA-WL100 om gak dipasang permanen, cobain dulu pakai TV LCD/ LED di rumah. Powernya bisa pakai charge-an hape dulu kl misalnya repot buat dicopot. Kl udah sukses pakai TV, baru balik lagi ke head unit mobil

      Like

  22. Iya sory bgt master, bkn nya bermaksud ngeyel.
    Tp sya mw nanya master :
    1) Ketika klik Wireless mirroring apakah sinyal wifi nya emang gak terkoneksi dgn gadget?
    Soalnya kl pny saya pas klik Wireless Mirroring sinyal wifinya terputus.

    2) Apakah wkt koneksikan gadget ke wireless mirroring hrs nunggu lama utk proses koneksi antara HP ke headunit?

    3) Sya sdh baca postingam master ttg test Air Mirroring dgn zenfone 2 yg mw sya tanyakan apakah wkt master klik wireless mirroring di APPs sinyal wifi nya terputus jg ky sya?

    Maaf bgt kl byk pertanyaan master.

    Like

  23. Master ini akhirnya sya bisa proses wireless mirroring fgn PlayTo do asus sya, tp ini sya agak bingung master krn tiba2 ada tulisan di monitor ktanya kl proses screen mirroring tidak bisa dipakai ketika wifi dan bluetooth diaktifkan secara bersamaan,
    Itu gmn master kira2?
    Soalnya kl bluetooth gak diaktifkan brati sya gak bisa akses di applikasi kenwood smartphone control di hp asus sya kan?
    Nah tp kl sya aktifkan bluetooth sya yg ada screen mirroringnya terputus master,
    Gmn kira2 solusinya?
    Mohon ilmunya master..

    Like

  24. Dear Master2 yg baik, saya juga pemakai DDX7015BT + KCA-WL100. Semua sih berfungsi dengan baik, cuma ada 1 fungsi msh yg belum ketemu..mohon dibantu pencerahan dari master2. Apakah setelah screen mirror jalan, tampilan screen mirror ini apakah bisa ditampilkan juga di LCD headrest belakang ? Saya cek di setting utk tampilan AV out ke head rest cuma bisa AV-IN1, AV-IN2 dan DVD..

    Like

  25. Dear Master2, mohon dibantu info apakah ada yg bisa menampilkan screen mirroring dari KCA-WL100 ke LCD head rest ? saya cek di setting cuma bisa ditampilkan AV-IN1, AV-IN2 dan DVD saja..thks

    Like

  26. Mau tanya suhu, kalo mau nyambungin lagi pas mesin habis mati itu harus ngeaktifin screen mirroringnya lagi ngga? Apa pas HU nyala langsung bisa nyambung juga screen mirroringnya? Makasih suhu

    Like

  27. Tolong diberikan solusinya suhu. Saya pakai 7016BT + KCA WL 100, lalu koneksi ke LG G5 pakai fitur screen sharing tapi head unit respon ya?

    Like

    • Sepertinya udh bener semua. Coba restart dulu dua2nya. Baik HP maupun dongle (matiin mobil, bukan cuma HU karena KCA-WL100 beda source). Jujur saya gak tau apa yg salah karena gak pernah pakai KCA-WL100. Tapi harusnya kl cuma connect itu masalah mudah. Gak ada yg “nyangkut”di sini.

      Jadi coba ulang lagi semua setelah restart

      Like

      • Ok suhu ntar coba lagi. Ane coba dlu pakai LG G2 dan G3 kadang bisa kadang gak, tapi banyak g koneknya sih, hehehe……. Skrng G5 belum konek sama sekali.

        Like

  28. masbro mau tanya dong, saya sudah mengikuti semua caranya dan sudah bisa koneksi dengan HU. tetapi yang saya bingung adalah kenapa handphone saya menjadi tidak menangkap signal. handphone yang saya pakai adalah Asus Zenfone 3.
    Jadi yang terjadi adalah ketika saya membuka waze, muncul pesan tidak ada koneksi.
    tolong dibantu ya masbro.
    terima kasih.

    Like

  29. Mohon bantuannya gan
    Saya baru membeli kenwood ddx 7015bt, dan saya lihat didalamnya salah satu fiturnya berupa NAV (kl tdk salah itu kan Navigation) sama seperti Maps di android dll, artinya kan hu tsb bisa mengaktifkan fitur navigasi lgsg tanpa alat lain seperti hp dll kecuali wifi, pertanyaan saya bgmn cara spy kita bisa pakai fitur tsb, apa saja keb alat yg diperlukan ?? Apakah mengaktifkannya harus pakai screen mirroring (pdhl screen mirroring sama artinya fitur di hu gak aktif krn yg aktif cm yg di hp saja)

    Like

    • Kok DDX7015BT? Kenapa gak beli edisi paling baru, DDX7017BT.

      Ok, untuk seri 7 memang ready navigasi. Harus beli modul khusus, kalau om baca buku manualnya disarankan pakai KNA-G630.

      Sayangnya harga modul ini terlalu mahal. Kalau gak salah sekitar 6 juta lebih. Makanya tidak populer dan itupun produk lama. Di luar Kenwood sebenarnya banyak modul aftermarket yang bisa dipakai dengan harga terjangkau. Contohnya seperti yang pernah saya pakai dan review di sini.

      Modul ini pakai operating system (OS) Windows CE 6.0. Dulu sempat populer sebelum jamannya OS Android. Makanya software navigasi dalam modul tersebut bisa digonta-ganti sesuai selera. Silahkan mampir ke sini kalau mau gonta-ganti software. Saya udah pernah nulis lengkap uji cobanya.

      Kemudian ada lagi modul yang pakai OS Android. Saya juga pakai dan tulisannya ada di sini.

      Modul android ini juga termasuk mahal, dikisaran 3 jtan. Tidak begitu recommended karena banyak keterbatasan. Mulai dari memori, tidak ada koneksi bluetooth (cuma wifi) hingga resolusi layar. Untuk dipakai aplikasi video atau lagu juga tidak bagus karena koneksinya ke head unit masih analog sehingga hasil suaranya kurang baik. Kelebihannya ya bisa dipasang apps android apa aja.

      Like

Leave a Reply

