Steelmate TPMS-85: Unboxing

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli TPMS Steelmate tipe TPMS-85. Tipe ini menggunakan sensor internal, yaitu mengganti pentil standar dengan bawaan TPMS dan menggunakan smartphone sebagai layar informasi. Berbeda dengan incaran saya pada #wishlist8 yang menggunakan modul dan layar head unit sebagai tampilan indikator.

Bukan tanpa sebab akhirnya saya mencoret tipe TP-05 (manual PDF) dari pilihan saya. Tanpa disengaja saya memperhatikan melalui video di youtube, bahwa proses setting di layar head unit harus melalui tombol yang dipencet berulang kali. Karena modul disambung menggunakan koneksi video-in maka fungsi touch screen milik head unit tidak bisa digunakan. Pilihan pun semakin berat mengingat ternyata distributor lokal yang menjual produk Steelmate hanya memasukan tipe TP-05E (manual PDF), yang menggunakan sensor eksternal. Sensor eksternal sangat mudah dipasang (bahkan tidak perlu ke toko ban) tapi sangat mudah dicopot oleh tangan iseng dan jail. Sementara saya juga tidak tertarik untuk membeli langsung dari luar negeri.

Tipe TPMS-85 (manual PDF) sebenarnya sangat saya hindari karena penggunaan smartphone android/iOS sebagai layar. Anda pasti tahu betapa repotnya menggunakan handphone yang boros energi untuk fungsi normal, sekarang ditambah lagi dengan penggunaan bluetooth khusus untuk TPMS. Satu lagi yang sangat memberatkan adalah TPMS-85 butuh charger untuk meletakkan receiver. Artinya saya kehilangan satu buah fasilitas untuk men-charge handphone.

Setelah menimbang berulang-ulang dan berdiskusi dengan rekan-rekan club yang sudah membeli produk ini sebelum mudik, saya memutuskan memilih TPMS-85. Selain penggunaan sensor internal yang lebih aman dari tangan jahil, dengan fasilitas air mirroring Kenwood DDX-7015BT maka saya tidak perlu menempel handphone menggunakan holder. Pengoperasiannya bisa melalui layar touch screen, tanpa harus memencet tombol tambahan berulang kali. Memang handphone saya akan lebih boros batere, tapi tidak tertutup kemungkinan apabila saya mengganti modul GPS Win CE 6.0 dengan versi Android, maka apps tersebut bisa saya instal melalui modul. Kebetulan juga saya sudah menambah charger kedua di dalam armrest box.

Bagi anda yang penasaran apa isi di dalam kotak Steelmate TPMS-85, silahkan tonton video yang telah saya siapkan. Nanti ada video lanjutannya yang berisi cara pemasangan dan pengoperasiannya. Enjoy!!

Leave a Reply

