ELM 327 OBD2 Bluetooth – Kenwood DDX7015BT (Air Mirroring)

Jika ada satu alat yang wajib dimiliki oleh mobil modern, ELM 327 OBD2 adalah salah satunya. Dengan harga di bawah 100 ribu (untuk versi bluetooth), ia sanggup membaca berbagai informasi standar yang penting dan sanggup membaca kode error, bahkan menghapus error tersebut. Tentunya error yang bukan disebabkan oleh spare part yang rusak.

Memang tidak se-powerful alat diagnostic milik bengkel resmi yang sanggup membaca, merubah dan menulis data di ECU.  Tapi bayangkan jika anda sanggup membaca data-data penting yang mungkin bisa menyebabkan mesin mati. Karena mobil saya bukan untuk balap, jadi saya tidak membutuhkan angka-angka performance kendaraan. Asalkan kita tahu berapa standar normal milik mobil kita, resiko terjadinya mesin mati di tengah jalan dapat dihindari.

Sebagai contoh misalnya adalah coolant temperature. Dari sini kita bisa membaca apakah sistem pendingin mesin kita normal atau tidak. Apabila tidak sesuai standar, maka resiko mobil untuk overheat saat perjalanan sangat mungkin terjadi.

Atau misalnya tegangan aki mobil. Sangat jarang kita memeriksa tegangan aki atau bahkan membeli alat khusus untuk memeriksa aki. Biasanya cukup mengintip indikator, apakah warnanya masih biru atau putih. Bahkan saya tidak yakin apakah anda sempat membuka kap mesin satu kali dalam sebulan.

Khusus bagi pengguna Lancer EX, ada momok indikator slow down yang sering muncul saat mobil dipacu konstan dalam kecepatan tinggi untuk periode tertentu. Sebenarnya indikator ini normal karena sifatnya preventif, untuk menghindari kerusakan pada transmisi. Indikator ini muncul saat temperatur oli CVT di atas normal. Bayangkan jika tidak ada indikator ini, tentu CVT bakal cepat jebol. Tapi menggunakan ELM 327, kita bisa memantau secara langsung berapa temperatur oli CVT dan apabila mesin selalu dipacu pada suhu yang wajar, bisa mencegah slow down tampil di layar MID.

Satu lagi yang cukup penting adalah kemampuan me-reset indikator error di MID. Semakin modern sebuah mobil, biasanya semakin banyak part yang terhubung ke ECU dan secara periodik diperiksa apakah bekerja dengan normal. Tanpa kita sadari, terutama yang punya hobby modifikasi, part tersebut dicopot tanpa mengikuti kaidah yang ada. Saat dipasang kembali, munculah error di layar MID karena ECU tidak mendapat respon positif kala part sedang dicopot. Error semacam ini, yang bukan diakibatkan kerusakan part, biasanya dengan mudah dapat direset melalui ELM 327.

Cara penggunaannya cukup mudah. Tinggal colok saja ke OBD yang tersedia di area bawah setir. Bila anda bingung dan tidak dapat menemukan letaknya, tidak ada salahnya bertanya pada mekanik bengkel resmi. Selanjutnya adalah menginstal apps yang support dengan ELM327. Begitu banyak pilihan apps tersedia di Play Store, tinggal pilih mana yang cocok. Saya memilih Torque Pro dan OBD Car Doctor free sebagai alternatif karena cukup simpel. Saat apps dinyalakan otomatis akan mencari ELM327. Jangan lupa mobil dinyalakan atau ACC ON. Biasanya diminta password untuk pairing pertama kali, selanjutnya tidak diperlukan lagi.

Agar lebih jelas, silahkan tonton video yang sudah saya siapkan. Tentunya banyak sekali fungsi-fungsi lain yang belum tergali, silahkan anda coba sendiri. Seperti sudah saya sampaikan di awal, mobil saya bukan untuk ngebut. Contoh yang saya berikan terbatas hanya untuk kegunaan sehari-hari.

Pada video di atas, saya menggunakan fasilitas air mirroring milik Kenwood DDX7015BT sehingga pengoperasian tidak perlu melalui layar handphone. Saya juga tidak perlu repot menempel handphone menggunakan holder.

Advertisements

6 thoughts on “ELM 327 OBD2 Bluetooth – Kenwood DDX7015BT (Air Mirroring)

  1. Om Hiumatic,
    Komunikasinya langsung dari ELM327 ke HU atau dari ELM327 => HP Android -> HU?
    => : by bluetooth
    -> : by air mirroring

    Like

    • Intinya ya lewat HP. Mirroring itu urusan HP dengan HU agar bisa touchscreen dan pindah layar. Coba baca dulu posting saya mengenai air mirroring di blog ini agar lebih jelas

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s