Recall ABS-Wheel Speed Sensor

Jika diperhatikan lebih teliti video pada posting saya sebelumnya, mungkin ada yang sadar bahwa muncul error pada Lancer EX saya. Masalah klasik berupa lampu sensor ABS menyala. Sudah banyak cerita, terutama di forum Kaskus bahwa sensor ini sangat rentan rusak. Padahal saya tidak pernah melewati genangan air. Mungkin saat dicuci steam bertekanan tinggi? Entahlah.

Tapi tidak perlu khawatir, KTB bersedia mengganti keempat sensor yang rusak tanpa biaya. Betul, semua sensor. Padahal harganya tidak murah. Satu buah saja harganya lebih dari Rp 2 juta. Saya tidak bisa memastikan penyebab kerusakan ini apakah karena kualitas spare part atau alasan lainnya. Yang pasti KTB pernah melakukan recall untuk sensor tersebut dan untungnya walau kendaraan saya sudah berumur 7 tahun, kebijakan ini tetap berlaku. Mungkin mirip dengan kasus alternator pada Outlander Sport yang mengeluarkan bunyi mencicit dan KTB pun melakukan silent recall.

Pada kasus alternator Outlander Sport memang terdapat perbedaan spesifikasi antara part bawaan mobil dan pengganti. Part number juga berbeda, menggunakan alternator yang digunakan oleh Lancer EX. Nah, pada kasus sensor ABS, malah kebalikannya. Sensor ABS milik Outlander Sport yang dipasang sebagai pengganti. Saya kesulitan memastikan part number milik sensor ABS bawaan Lancer EX karena tidak ada nomor yang tertera pada part.


Jika saya browsing, Lancer EX ternyata menggunakan nomor yang sama dengan milik Outlander Sport. Jadi apakah penggantian ini akan menyelesaikan permasalahan atau tidak, hanya KTB yang paham. Saya hanya bisa berdoa, mudah-mudahan saja tidak muncul lagi.

4 thoughts on “Recall ABS-Wheel Speed Sensor

  1. Blog menarik perhatian saya bro..
    Kebetulan saya penguna lancer ex
    Dan masalah yang sama yaitu ABS sensor yang menyala,
    Ketika saya buka blog ada sepintas saya berfikir bahwa sensor abs di lancer itu sama dengan sensor milik outlander, karena saya pernah mengganti kampas hand break milik outlander dan work 10%,
    Pertanyaan saya apakah work 100 % sensor milik outlander di lancer ex…kebetulan saya ingin mengganti ke 4 sensor saya memakai sensor abs outlander.
    Mohon pencerahannya

    By Robby
    Terimakasih.

    Like

  2. Boss. Gw udh 3 kali ganti sensor abs. Tapi ttp kena biaya bro. Apa benar bro dpt gratis gantinya?
    Soalnya ini rusak lagi sensor abs ge bro. Mohon pencerahan spya bisandi laporin dillernya yg mnta biaya penggantian. Thx

    Like

    • Tinggal dibicarakan baik2 aja dengan beres langganan. Mungkin tidak semua SA paham kl Lancer EX recall ABS karena populasinya tidak byk dan blm pernah dia pegang.

      Satu lagi, yg ganti gratis adalah KTB, jd beres harus konfirm dulu ke KTB. Setelah approve baru kemudian part di drop ke beres. Intinya komunikasi aja om

      Like

Leave a Reply

