DIY – Cargo Hook

Awalnya tidak sengaja menemukan aksesories OEM milik Honda. Bukannya tidak mau pakai punya Mitsubishi, tapi kalau pun ada dan tersedia, pasti sudah pernah saya coba cari. Saya pun mencoba membeli aksesories tersebut dan ternyata tersedia dengan harga terjangkau.

Saya sempat bingung ketika membaca cara memasangnya. Pada paket disertakan baut dan rivet nut. Rivet nut adalah barang asing yang tidak pernah saya jumpai sebelumnya. Apalagi setelah mencari tahu ternyata butuh alat khusus bernama rivet nut tool agar dapat terpasang. Harga tool ini lumayan dan belum tentu saya gunakan kembali. Mulailah browsing di youtube siapa tahu ada alternatif.

Setelah dapat contekan cara murah pasang rivet nut, saya mencoba mencari alat serupa yang murah di toko tools terdekat. Tentunya bukan dengan cara mengebor seperti video tapi yang sudah jadi. Wujudnya seperti ini.

Setelah diukur, ternyata lubang yang sudah tersedia di mobil lebih besar daripada rivet nut. Rivet nut akhirnya tidak jadi terpasang. Tapi belanja saya tidak sia-sia karena ukuran pipa tadi lebih besar daripada lubang di mobil. Daripada pusing, akhirnya pipa kecil tadi saya selipkan dibalik lubang dan diberi mur pada ujungnya. Baut bawaan yang pendek tinggal diganti dengan ukuran yang sama tapi lebih panjang. Baut panjang ini sudah saya siapkan sebelumnya untuk memasang rivet nut seperti contoh di video youtube. Hasilnya pun tidak mengecewakan.

Cargo hook berguna untuk menggantung barang-barang yang mudah pecah atau tumpah. Contohnya belanjaan rumah tangga yang sering kita beli di supermarket. Karena part OEM, tentu kita lebih pede akan kualitasnya. Walau pun pada buku petunjuk disarankan untuk meletakkan bagian bawah hingga menyentuh lantai bagasi (tidak menggantung sepenuhnya) tapi asalkan tidak terlalu berat, tentunya cukup aman. Berdasarkan petunjuk, kapasitas hook ini mencapai 3.0 kg (6.6 lbs). Bagaimana, menarik bukan?

Leave a Reply

