Central Door Lock Switch – Bagian 1

Satu fakta yang cukup menyedihkan bahwa Lancer EX tidak dilengkapi tombol central door lock. Walau pun bisa digantikan dengan tuas di pintu driver, tetap saja kesannya murahan. Fitur ini tidak pernah hadir di Lancer EX atau Evo X Final Edition sekalipun. Namun anehnya, fitur ini hadir pada Lancer setir kiri. Diskriminasi ini jelas tidak bisa ditolerir. Andaikan panel pintu power windows driver milik Outlander Sport sama dengan Lancer EX, tentu saya tidak perlu pusing. Tapi sayangnya berbeda. Apabila tetap memindahkan power window switch milik OS secara paksa, saya harus bikin lubang pada panel power windows khusus untuk central door lock switch. Jelas ini bukan solusi yang tepat.

Satu-satunya cara yang elegan adalah menambahkan tombol original pada panel yang masih kosong. Modifikasi ini sudah sering dilakukan oleh pemilik di LN namun saya tidak melihat tombol pengganti yang pas. Saya pun terpaksa menunda keinginan tersebut. Sempat tertarik dengan tombol drive mode selector tapi kurang sreg. Walau pun ada tulisan “lock” tapi tulisan “2WD” dan “4WD” sangat menggangu. Andaikan saja hanya tulisan lock, pasti lebih oke.

Sampai akhirnya tanpa disengaja menemukan tombol R/D Lock milik Pajero, Pajero Sport dan Triton. Walau pun bukan untuk pintu (rear differential lock) tapi ada tulisan “lock”. Saya bisa saja berkilah bahwa R/D adalah singkatan dari “right door” apabila ada yang bertanya. Inilah tombol yang saya cari selama ini. Seperti biasa, tombol pun langsung saya pesan.

Untuk sementara baru sampai pada tahap uji coba apakah tombol tersebut support lampu led — dan ternyata ada. Saya sempat khawatir salah beli karena ada dua pilihan part number untuk R/D Lock button. Selanjutnya tinggal mencari waktu yang tepat untuk memasang sekaligus mencari soket yang pas. Nanti postingan ini akan saya lanjutkan pada bagian 2, apabila tombol sudah berfungsi, lengkap dengan petunjuk wiring yang diperlukan.

Leave a Reply

