Central Door Lock Switch – Bagian 2 (Final)

Sesuai janji saya sebelumnya, pada bagian 2 ini akan saya ceritakan proses pemasangan switch hingga berfungsi lengkap dengan diagram wiringnya.

Seperti biasa, untuk proses pemasangan wiring kali ini, saya dibantu oleh GT Auto. Di sana adalah surganya soket dan pin bekas, sehingga semua kebutuhan modifikasi ini terpenuhi dengan mudah. Tinggal tunjuk saja model soket male, tidak perlu menunggu lama “jodohnya” langsung ketemu. Sebelum memulai, yang perlu disiapkan selain switch R/D Lock adalah:

  1. Soket female beserta pinnya sejumlah 5 buah
  2. Pin female untuk ETACS-ECU unlock – 1 buah
  3. Pin female untuk ETACS-ECU lock – 1 buah
  4. Kabel

Pada prinsipnya yang kita butuhkan agar proses unlock/lock bisa dilakukan adalah membuat dua wiring ke ETACS-ECU.

Pada gambar di atas (dalam kotak dengan garis putus-putus), terlihat bahwa dua buah kabel harus disiapkan dan dipasang pada ETACS-ECU dengan kode C-301  no. 2 sebagai fungsi lock atau mengunci pintu:

dan C-315 di no. 15 untuk fungsi unlock/membuka pintu.

Diagram tersebut memang untuk LHD, sehingga tidak cocok jika kita tiru persis alurnya. Pada diagram sumber switch berasal dari main power windows yang berada di pintu pengemudi (sisi kiri) dan melalui soket C-126, kemudian J/C (3) C-02  dan J/C (1) C-39– sebelum akhirnya menuju ETACS-ECU. Saya melakukan by pass dan memilih langsung dari R/D Lock switch ke ETACS-ECU agar lebih singkat dan sederhana.

Saya tidak membuat dokumentasi lengkap dan hanya menyajikan diagram saja. Jika anda sudah terbiasa dengan DIY dan memantau terus blog saya, pasti tidak terlalu sulit. Karena saya meletakkan switch pada bagian tengah maka kabel tentunya tinggal ditarik dari posisi tengah menuju ETACS-ECU. Hanya dua kabel yang dibutuhkan yaitu untuk lock dan unlock.

Jika dilihat pada gambar di atas, dengan posisi tersebut, dua pin di bagian atas adalah jalur lock dan unlock sedangkan bagian paling bawah adalah ground. Silahkan anda pilih sendiri dimana letak kabel ground terdekat. Sedangkan dua pin di bagian tengah soket adalah sumber lampu led yang menyala saat lampu mobil dinyalakan. Jalurnya anda ambil dari soket lain yang sudah tersedia.

Bagaimana, mudah bukan? Happy modding!

Advertisements

3 thoughts on “Central Door Lock Switch – Bagian 2 (Final)

  1. dahsyat blognya..mobil langka, modifnya parts OEM, pernah liat juga mobilnya (rumah ane deket sama bengkel GT auto) hehehe,
    *kebetulan orang tua kerja di KTB :p

    Like

    • wahaha, berlebihan nih. Mobil biasa aja. Kl pengen liat, polisi juga pakai..hehehe. GT Auto yang mana nih? Kemaren saya main ke Antasari, isinya turbo semua, mulai dari Evo IV, Galant VR-4 sampai GTO berteduh disitu…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s