DIY: Pasang Accessory Socket Light

Masih ingat dengan tulisan saya tentang pasang accessory socket di arm rest box? Pada halaman terakhir saya menemukan bahwa ada lampu accessory socket bagian depan yang dicopot oleh pabrikan.

Sudah lama saya menemukan part number kabel tersebut namun sayangnya tidak ada stok yang tersedia. Padahal harganya hanya USD 2.35. Saat memasang central door lock switch di GT Auto, saya juga menanyakan soal lampu tersebut. Rupanya kabel beserta lampu tersebut merupakan standar Mitsubishi. Entah untuk speedometer atau glove box, intinya dengan cepat Saiful menemukan lampu dan kabel yang saya cari. Memang tanpa soket–karena ikut wiring utama–tapi soket bisa saya cari nanti. Untuk sementara saya bisa colok menggunakan pin female yang pas. Yang penting menyala terlebih dulu.

Idealnya lampu tersebut dibungkus semacam karet berwarna orange, sementara bawaan kabel bekas ini adalah biru (hasilnya putih). Saat saya cek ternyata lampu tersebut putus dan terpaksa beli di bengkel resmi. Dari pembelian tersebut kondisi lampu polos tanpa bungkus. Bungkus orange bisa diperoleh melalui lampu speedometer, tentunya dengan ukuran yang sesuai.

Kabel ini tinggal disambungkan pada soket male yang sudah tersedia dibalik panel AC. Untuk menjangkau soket tersebut dengan leluasa, harus membuka head unit dan center tray tempat tombol AC.

Posisinya menempel pada panel dan sebaiknya dicopot terlebih dahulu agar mudah memasang kabel.

Menggunakan dua buah pin female warna merah pada gambar 2, tinggal dicolok saja (tanpa soket) sambil dilapisi insulation tape agar tidak bersentuhan. Kemudian lampu tinggal dimasukkan pada lubang yang sudah tersedia.

Setelah terpasang dan lampu menyala di malam hari, akan terlihat seperti ini:

Hasilnya memang tidak orange seperti lampu interior lainnya. Nanti akan saya carikan cover karet berwarna orange, sementara biarlah seperti ini dulu.

Proses pasang ini mengingatkan saya dengan Honda Brio yang juga dicopot lampu interiornya. Bukan pada accessory socket tapi pada indikator transmisi  P-R-N-D-D3-2-1. Jika pengurangan lampu accessory soket di Lancer EX anda bilang pelit maka Honda Brio keterlaluan. Masa hal sepenting itu disunat. Walaupun modifikasi seperti ini terkesan sepele namun sangat sayang jika dibiarkan begitu saja. Dengan adanya lampu, memasang charger menjadi lebih mudah di saat kondisi gelap.

Leave a Reply

