Happy 2nd Anniversary OSC!

Walau sudah tidak memiliki Outlander Sport, sebagai salah satu pendiri OSC (Outlander Sport Club) ada keterikatan yang tidak bisa hilang begitu saja. Selain terlibat dalam kelahiran OSC, ada rasa kekeluargaan yang erat dan belum dapat ditemui di club lainnya. Mobil boleh berganti, tetapi pertemanan tetap jalan terus.

Meski sudah pensiun “meracuni” dunia modifikasi outlander sport lokal, tapi sangat sulit untuk lepas begitu saja. Terutama jika ada tawaran touring. Mobil yang sekarang sebenarnya sudah beda jenis dan kurang cocok untuk ikutan touring ala SUV atau crossover. Tapi entah kenapa sulit sekali menampik ajakan touring. Mungkin ada adrenalin berpacu saat mengejar mobil di depan dalam sebuah konvoi. Selain tidak boleh terlalu cepat, tidak boleh juga terlalu jauh menjaga jarak. Terlalu cepat bisa menabrak mobil di depan, terlalu lambat bisa disalip motor atau mobil lain yang tidak ikut konvoi. Resikonya adalah bisa ketinggalan. Apalagi saat ikut arus contraflow di dalam kota yang padat.

Satu pengalaman seru dalam konvoi ulang tahun ke-2 adalah saat saya lupa mengisi bensin berkualitas. Dengan menggunakan pertalite dan berada di bagian paling belakang adalah siksaan batin. Tarikan awal jadi lemot, seperti ada jeda saat akselerasi awal. Pas sudah jalan mobil di depan keburu berhenti. Harus konsentrasi penuh agar bisa menempel rapat mobil di depan. Masalah yang seharusnya tidak muncul jika saya menggunakan pertamax plus campur premium.

Dengan wujud yang beda sendiri, tempat saya adalah paling depan atau paling belakang. Jika di tengah-tengah akan merusak keindahan konvoi. Di depan tentu sangat nyaman. Tapi kadang kala saya terpaksa ada di belakang, misalnya setelah menyelesaikan tugas mengambil dokumentasi saat mobil sedang berjalan. Bersama tim dokumentasi, kami berpacu mengejar iring-iringan. Jika sampai ke tengah kota yang padat dan sinyal HT hilang, bisa gawat. Salah-salah ditinggal rombongan. Perasaan deg-degan ditinggal dan takut terjebak di kemacetan dalam kota membuat adrenalin memuncak. Sulit untuk digambarkan andaikan belum pernah ikutan touring.

Pada satu kesempatan, saya bahkan hampir menabrak separator beton warna kuning –yang biasanya ada iklan extra joss. Kondisi traffic tengah kota macet total akibat pasar, persimpangan dan banyaknya angkot yang ngetem.  Iringan kami berusaha membelah kemacetan dan berada di tengah jalan. Saya berada dibelakang, dengan HT low bat dan dikuntit oleh mobil umum yang mencoba mengambil keuntungan dari iring-iringan. Saya tidak mendengar pembicaraan HT yang biasanya memberi tahu kapan belok dan rintangan apa yang ada dijalan. Saya hanya melihat satu voorijder berhenti menunggu saya sekaligus menahan arus, sementara saya lihat rekan-rekan sudah belok ke kanan, mengambil jalur contra flow. Saat saya hendak berbelok, rupanya ada separator di tengah jalan. Separator ini tidak terlihat sebelumnya karena tertutup iring-iringan, sehingga saya pun terlambat mengambil ancang-ancang untuk belok kanan. Pilihannya adalah melakukan manuver tajam dalam kepadatan dengan resiko menyenggol pengendara yang berlawaan arah atau mengerem. Saya memilih mengerem. Mobil umum yang mengekor di belakang saya tentu kaget. Untung saja tidak menabrak saya. Begitu juga jalan di depan saya, belum sempat penuh diisi oleh pengendara lain, sehingga dengan sedikit keberuntungan, saya bisa kembali tersambung dengan rombongan.

Jadi bagi anda pemilik OS yang hobi liburan dan jalan-jalan dengan mobil, OSC adalah surga bagi anda. Selain faktor kekeluargaan, tidak ada protokoler resmi yang kaku dan memisahkan jarak antara member baru dan yang sudah lama. Tentu juga tersedia ruang bagi yang doyan modifikasi. Saya berjanji untuk tetap selalu membantu walau tidak lagi aktif secara komersil. Khusus buat member OSC, dengan senang hati saya bantu untuk modifikasi standar semisal, autolock, cruise control, rear foglamp atau modifikasi lainnya. Bahkan jika anda berada di luar kota Jabodetabek, jangan ragu untuk menghubungi saya. Akan saya coba bantu mencari cara mudah mengaktifkan fitur-fitur tersebut. Tentunya hanya untuk member saja.

Akhir kata, semoga OSC makin besar, makin sukses dan menjadi rumah berkumpulnya para pemilik Outlander Sport untuk masa yang panjang. Happy anniversary OSC!!

 

Leave a Reply

