Pasang Kamera Depan – Bagian 2 (Final)

Akhirnya selesai juga proses aktivasi switch yang sudah saya beli sejak 9 bulan yang lalu!! Tidak usah kaget karena memang tidak ada modifikasi yang instan. Terutama yang didesain dari nol tanpa meniru yang sudah ada. Waktu yang cukup lama ini lebih dikarenakan oleh kesulitan memilih kamera depan yang pas. Setelah kamera depan dibeli tiga bulan yang lalu, aktivasi switch hanya masalah waktu saja. Apakah sempat dikerjakan atau tidak. Setelah waktu tersedia, seperti biasa dengan bantuan magnet audio, akhirnya pemasangan bisa diselesaikan.

Sumber Power Kamera Depan dan Belakang

Awalnya kamera depan selalu menyala. Hingga kemudian saya menemukan cara mematikan power tersebut sekaligus mengaktifkan tombol shortcut kamera belakang, yaitu press+hold tombol AUD, tanpa harus merusak tampilan OEM. Saya menggunakan heated seat switch yang posisinya berada dekat arm rest. Fitur pemanas jok biasanya memang dicopot saat masuk Indonesia karena kurang cocok dengan iklim kita (walau saya pernah merasakan fitur ini di Evo X).

Saya tidak punya niat mengaktifkan fitur ini sehingga switchnya bisa dimanfaatkan untuk fitur lain. Selain tersembunyi, switch ini tidak perlu mengambil lokasi switch OEM kosong di dashboard dan dekat tuas transmisi. Saya masih punya banyak proyek dengan switch sehingga tidak dapat diganggu gugat.

Prinsip kerjanya adalah power untuk menghidupkan kamera masuk melalui switch (pin no 5) kemudian didistribusikan ke kamera depan dan belakang (melalui soket C-25). Kebetulan ada dua switch sehingga bisa dibagi masing-masing satu. Selain posisi OFF, switch ini punya dua pilihan untuk posisi ON yang terlihat melalui lampu kuning untuk LO dan orange untuk HI. Karena saya hanya butuh satu, saya pilih yang warna kuning yaitu posisi LO. Kabel yang digunakan ke heated seat switch adalah kabel yang sama dengan milik accessory socket.

Camera Switch dan Setting

Selanjutnya tinggal menghubungkan front camera switch dengan head unit Kenwood DDX7015BT. Bukan hal yang sulit karena memang head unit Kenwood siap ditambahkan tombol apa saja. Karena soket sudah tersedia, tinggal mengubah wiring yang tersedia untuk AWD, menjadi kabel steering remote pada head unit (remote in).

Saya menggunakan AV-IN 1 sebagai source kamera depan. Tinggal masuk ke Steering Remote Control Setting dan daftarkan camera switch sebagai AV-IN 1.

Lantas bagaimana hasilnya? Silahkan tonton video sederhana yang sudah saya siapkan. Enjoy!!

3 thoughts on “Pasang Kamera Depan – Bagian 2 (Final)

  1. Hi tuan.
    saya mau tanya..kalau mau pasang kamera depan tp tidak menggunakan suis remote in boleh ker?sebab saya punya kereta tiada function remote stereng..boleh tunjukan caranye kalau pasang guna suis.

    Like

  2. kenapa gak ditempatkan di kiri paman, biar bisa buat mantau sisi kiri saat akan ambil jalur kiri misal saat nyelip dari kiri, jadi klo gk ada navigator alias penumpang kiri bisa lihat cctvnya

    Like

Leave a Reply

