Modifikasi Power Kamera Mundur

Pada posting sebelumnya saya sudah melakukan ubahan pada jalur kamera mundur agar bisa diakses menggunakan press+hold tombol AUD, tanpa harus memindahkan transmisi pada posisi R. Artinya kita tetap bisa melihat belakang sambil mobil berjalan ke depan. Terkadang berguna saat kita ingin memantau mobil di belakang atau saat mau pindah jalur di jalan tol (blind spot).

Namun penggunaan switch ON/OFF mempunyai kelemahan yaitu saat transmisi pindah ke R, switch harus dalam posisi ON. Karena sudah tidak dapat power dari lampu mundur, kamera harus dinyalakan dulu saat mundur. Kondisi ini jadi tidak praktis dan merepotkan. Saya dipaksa memilih apakah harus menggunakan power dari lampu mundur tapi tidak bisa pakai shortcut—atau menggunakan power sendiri tetapi switch harus posisi ON saat mundur (tidak otomatis). Sungguh sebuah dilema.

Hingga akhirnya–tanpa disengaja–saya menemukan sebuah relay yang dapat mengubah jalur power saat switch ON. Prinsip kerja relay ini adalah saat switch OFF, jalur power adalah X, sedangkan saat switch ON maka jalur berpindah menjadi Y. Inilah solusi yang saya cari agar saat mobil mundur, tidak perlu menyalakan switch karena tetap mendapatkan power dari lampu mundur.

Bingung? Begini penjelasannya. Menggunakan gambar di bawah, kabel power kamera disambung dari jalur 30 menuju lampu mundur melalui jalur 87a. Saat switch ON, otomatis arus mengalir melalui 85 menuju 86 sehingga memicu saklar di gambar bawah (yang menempel pada 87a) bergeser ke 87. Nah, 87 ini adalah power yang sudah kita siapkan untuk menggantikan fungsi lampu mundur. Jalur 87 hanya mengalirkan arus saat switch ON dan mati saat OFF.

Konfigurasinya menjadi:

30–> kabel power kamera
87a-> lampu mundur
87–> power (ke arah switch)
85–> power (ke arah switch)
86–> ground
Agar lebih aman, jangan lupa menambahkan sekring.

Konfigurasi tersebut tentunya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Misalnya jika head unit anda tidak ada fasilitas tombol shortcut kamera mundur seperti halnya Kenwood. Bisa saja switch power tersebut sekaligus disambungkan juga ke kabel reverse head unit. Jadi saat switch ON, kabel reverse mendapat arus layaknya dari lampu mundur sehingga tampilan head unit langsung berubah menjadi kamera mundur. Konfigurasinya adalah dengan mencopot kabel reverse dari lampu mundur, kemudian menempelkan kabel tersebut ke 30 (bersama kabel power kamera).

Bagaimana, mudah bukan?

Advertisements

3 thoughts on “Modifikasi Power Kamera Mundur

  1. bro mohon infonya, berarti masih dibutuhkan switch yah? untuk kaki relay 87 dan 85 tertulis power yang didapat dari switch

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s