True Mirroring – Android TV & Kenwood DDX7015BT

Walau sudah memiliki modul GPS android, rasa penasaran apakah android TV bisa untuk true mirroring masih terus membekas. Apalagi ada yang menunjukkan bahwa android TV ternyata bisa ditampilkan di Kenwood (meskipun ia tidak mampu menggunakan fungsi touchscreen). Kemudian saya juga menemukan ada yang menjual android TV stick untuk dipakai mirroring dengan Pioneer. Rasa penasaran itu timbul kembali.

Saya tidak mencoba android TV yang ada di rumah, tapi memutuskan untuk menggunakan android tv stick seperti halnya FJB kaskus. Tentu ia punya alasan khusus mengapa memilih jenis itu. Apalagi sudah berhasil, jadi saya tidak ada alasan untuk gagal kali ini.

Seperti yang anda lihat di video, ternyata saya selama ini salah memilih menu. Saya sebelumnya memilih HDMI, namun ternyata harus lewat APPs. Settingnya sama persis dengan true mirroring. Memang awalnya belum bisa touchscreen, namun proses itu bisa diatasi dengan remote bawaan stik. Jika tidak ada remote dalam paket pembelian, anda bisa menggunakan mouse komputer sebagai alat darurat. Setelah itu, restart head unit anda dan jangan kaget, android TV akan menyimpan semua urutan setting tadi. Setiap anda menyalakan head unit maka setting otomatis berjalan dengan sendirinya dan fungsi touchscreen langsung aktif. Anda tidak perlu masuk lagi ke Kenwood Smartphone Control. Urutannya persis seperti video yang saya buat, minus tampilan kalibrasi standar Kenwood Smartphone Control —yang sayangnya lupa terekam karena video terputus tanpa saya sadari. Bagaimana? Mudah bukan?

Android TV stik adalah pilihan terbaik dibandingkan versi box yang lebih besar dan merepotkan. Tapi jika anda tertarik dengan versi box juga tidak ada salahnya, karena saya pastikan semua android tv yang beredar di pasar lokal saat ini, bisa untuk true mirroring.

Lantas apa kelebihannya dibandingkan menggunakan smartphone? Tentu saja lebih ringkas dan tidak usah lepas pasang. Harganya juga murah. Selain itu tidak perlu takut meninggalkan android tv stik di mobil seperti halnya meninggalkan smartphone. Ia juga lebih ringan dan tidak boros energi layaknya smartphone. Dan yang terpenting jarang lag atau error seperti smartphone.

Hanya satu kekurangan android TV yaitu tidak dilengkapi GPS. Bukan berarti tidak bisa sama sekali, karena masih mungkin untuk ditambah bluetooth GPS. Sebelumnya saya sempat mengalami kegagalan koneksi dengan TPMS dan melakukan vonis awal bahwa bluetoothnya tidak multi connections. Tapi setelah mencoba ulang, tuduhan tersebut tidak terbukti dan TPMS bisa bekerja tanpa kehilangan fungsi touchscreen. Bahkan fungsi handsfree antara smartphone dan head unit tetap berjalan tanpa mengganggu fungsi touchscreen dari Kenwood Smartphone Control.

Sementara itu untuk aplikasi torque, saya juga sudah mengganti ELM 327 OBD2 dengan versi Wifi. Jadi tidak masalah harus lewat modul GPS android atau android TV.

Saya pribadi lebih senang menggunakan android TV untuk memutar video full HD dengan asumsi koneksi HDMI jauh lebih baik dibandingkan RGB. Kemudian yang paling penting adalah tampilan layar full, sedangkan via RGB menyisakan pilihan menu shortcut di bagian bawah. Tapi itu semua pilihan saja.

Disamping TPMS dan ELM 327 OBD2 Wifi ada satu alat lagi yang belum saya coba pairing yaitu GPS bluetooth. Jika berhasil, maka bisa dikatakan android TV dan true mirroring Kenwood sukses mengalahkan modul GPS android yang harganya jauh lebih mahal.

Advertisements

44 thoughts on “True Mirroring – Android TV & Kenwood DDX7015BT

  1. Untuk koneksi pertama kali dengan android tv stick, apakah prosesnya sama dengan proses koneksi metode true mirroring di postingan sebelumnya pak?
    Jika iya, otomatis perlu menyalakan bluetooth dari tv stick agar berfungsi, nah solusinya bagaimana pak?

    Like

      • Saya sudah mencoba mengkoneksikan stick dengan HU langsung via HDMI HU ke stick tanpa MHL (dengan mengklik apps di HU) akan tetapi di HU tidak ada respon sama sekali. Apakah untuk koneksi pertama harus mengatur parameter di HU sebagaimana setting true mirroring yang harus konek bluetooth dahulu ?

        Like

      • Memang gak gampang. Pengalaman menjelaskan true mirroring dan air mirroring yg cukup ribet jadi pelajaran bahwa gak semua orang bisa main dengan OS Android apalagi sudah beda gadget. Cek emailnya ya

        Like

  2. saya jadi tertarik beli kenwood 8015+tv android om. Ada bbrp pertanyaan om:
    -kelemahannya disebut minus GPS. kenapa tdk bisa pakai google map? apakah aplikasi yg ada di tv stick ini tdk bisa di install/ditambah? untuk koneksi internet menggunakan kartu seperti di hp atau tathering wifi ke smartphone?
    -untuk power supply apakah bisa dari konektor usb head unit, dengan harapan semua system bisa masuk ke glovebox
    -tidak bisa akses bbm/WA via display HU (terutama saat macet), apakah suatu minus android tv vs air mirroring?

    tks sebelumnya

    Like

    • a. GPS butuh engine untuk menangkap sinyal satelit. Kl aplikasi navigasi pasti bisa diinstal pada android TV. Tanpa GPS receiver, aplikasi ini tidak bisa menangkap sinyal satelit. Solusinya tinggal beli bluetooth GPS/USB GPS receiver. Harganya cukup terjangkau. Silahkan browsing melalui situs belanja online. Koneksi internet via wifi.
      b. Silahkan tonton video di atas. Power diambil dari USB head unit. Disarankan utk mencari android tv yg menggunakan colokan USB sebagai power agar mudah.
      c. BBM bisa. Kl WA saya tidak paham. Harus dicoba sendiri. Secara teori bisa karena yg penting login. Masalahnya adalah saya tidak pernah mencoba. Apabila anda punya gadget android yg tidak pakai SIM card, bisa dicoba dulu. Bila sukses, harusnya android TV juga bisa

      Like

      • secara prinsip, alat ini bekerja seperti air mirror, memindahkan layar smartphone ke head unit (cmiiw). apakah support untuk kenwood tipe lama (non true mirror/non air mirror) menggunakan converter hdmi-RCA/RGB. maaf banyak tanya om, saya mencari info dulu agar perangkat yg dibeli nanti bisa optimal

        Like

    • Sebenarnya bebas aja. Jangan terpaku dengan merek. Harusnya sih bisa semua. Yg perlu diperhatikan itu sumber power dan mau pake external harddisk atau tidak. Trus berapa colokan USB yg diperlukan karena erat kaitannya dengan tambahan apa aja yg mau nempel di android TV. Misalnya buat air mouse, flash disk, USB tv tuner digital atau USB GPS receiver

      Like

  3. Alhamdulilah udah berhasil semua mas trus yg pake gps Bluetooth juga udah bisa,tinggal 1 blm nyoba kalau stick dvb itu di colokin nya ke yg lubang usb buat mouse bukan mas?

    Like

      • Iya mas saya conect via Bluetooth trus instal GPS Bluetooth buat nyambungin nya
        Saya ikutin cara ini mashttps://mantugaul.wordpress.com/2012/08/29/gps-pada-android-mengecewakan-solusinya-gunakan-gps-logger-i747a/

        Like

  4. Terimkasih untuk sharingnya, boleh info ga nih…
    1. apakah feedback touch screen dari display HU dari aplikasi kenwood smartphone control melalui bluetooth, tidak usah menggunakan kabel MHL ori?
    2. Apakah GPS jengkol dapat digunakan pada Android tv ini?

    Terimakasih

    Like

  5. Hello there..
    That was a brilliant idea.
    I just try just like yours but i have some stuck.
    I connect my android tv stick to DDX 7015 hdmi port.
    But when i push the app button, the result is “No Video Signal”.
    Can you help me, please sir?
    Thanks in advance

    Like

  6. Boss, minta tolong pencerahan, sy punya head unit kenwood DDX7016BT dan android tv stick RKM MK802IV terus sy sdh coba semua cara di atas tp tetap saja touchscreen nya tidak berfungsi, mohon bantuan nya. Makaih sebelumnya

    Like

    • Ok touchscreen sdh berfungsi, tenyata sy lupa download app kenwood smartphone control di android stickx, soalx di atas tidak dijelaskan bahwa harus di download dulu, thanks to ilmux

      Like

  7. Klo android GPS module, merk apa sj yg di jual di pasaran, karna sy sdh browsing tp belum dapat dimana ada jual, karna android mini pc stick agak susah touchscreen nya soalx icon2 agak kecil
    Mohon info, makasih sebelum nya

    Like

    • Modul GPS Android semuanya keluaran Cina dan tanpa merk. Kalau mau beli ya harus ke LN jika memang tidak ada yang jual di lokal. Modul GPS android mahal dan punya banyak kekurangan, kecuali cuma untuk GPS ya.

      Untuk icon di android TV bisa diperbesar atau menggunakan launcher/themes pilihan, seperti misalnya car launcher pro. Bisa juga menggunakan apps seperti HTC Car, CarHome Ultra, Ultimate Car Dock dan sekian banyak pilihan. Jika sudah pakai android harusnya semua bisa. Batasannya hanya diri kita sendiri.

      Like

  8. Mas, untuk android tv box ,apa ada yg menggunakan kabel power usb kyk android tv stick, saya cari2 kok belum nemu.. barang kali mas tau..

    Like

    • Dicoba aja cek satu-satu melalui situs belanja online seperti tokopedia atau bukalapak. Tinggal tanya dengan penjualnya. Atau biaa pakai cara saya dulu, main ke toko penjualnya dan minta jelaskan ke mereka. Tinggal google aja lokasi toko penjual android TV. Biasanya mereka ini impor langsung dari Tiongkok dan punya banyak cabang di mal-mal besar

      Like

      • Mas dr artikel ini , yg saya tangkap untuk mirroring, jadi harus instal dulu app kenwood smartphone di android tv ny, terus nyalain bluetooth untuk conect ke hu kenwood, kemudian colokin via hdmi, lalu restart head unitnya.. apa benar seperti itu ??

        Like

      • Pada prinsipnya sama aja dengan air mirroring, yang beda cuma kabel. Tahun 2014, namanya masih true mirroring alias pakai kabel. Proses sama aja mirroring pakai android tv dengan smartphone.

        Sekarang saya mau tanya, head unit sudah beli belum? Kalau sudah, langsung aja beli android TV nya. Untuk apa banyak teori lagi. Terlalu banyak teori ibaratnya orang jalan dengan mata tertutup. Apa lagi yang dicari? Harga android tv juga gak beda dengan isi pertamax turbo full tank di Lancer EX kok.

        Like

  9. Tentu sudah semua mas.. hu, android tv ,kabel hdmi.. cuman ketika android tv di colokin ke hu kok gk ada respon sama sekali, tp saya colokin di tv langsung bisa..

    Like

    • Coba ubah resolusi android tv di bawah 720p melalui TV. DDX7017BT gak support resolusi HD layaknya seri 8/9. Setelah dirubah resolusinya, coba lagi di head unit.

      Like

    • Coba dicari tau dulu apa penyebab sering putus. Apakah powernya tidak stabil. Coba ganti dengan sumber listrik lain. Inilah kenapa saya sering enggan share info detail tentang mirroring android tv. Terlalu banyak pertanyaan dan keluhan. Padahal harusnya kita bisa pelajari sendiri di mana problemnya. Tidak bisa terus nanya karena head unit tidak sama, android tv dan kabelnya jg tidak sama. Sumber powernya jg tidak sama. Kl urusan android murni kreativitas dan ngoprek. Tidak bisa tiap ketemu masalah terus komplain. Sekarang sudah berhasil mirroring kan, selanjutnya pelajari sendiri ya. Android tv itu menyimpan segudang potensi yg hanya kita sendiri jadi batasannya.

      Like

  10. Iya bener banget mas, bisa stabil gk putus2 koneksinya bila powernya gk ambil dr head unit langsung, jd lewat charger mobil.. bener postingan mas dlm memilih head unit, kalau ingin head unit multimedia, bisa muter berbagai format video dsb mending yang lasung head unit android aja, tp kalau suka yang suaranya enak ambil yg branded..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s