Tips Memilih Android TV untuk Mirroring melalui Head Unit

15 Maret 2016 – Teknologi head unit mobil berkembang sangat pesat. Sudah banyak yang menawarkan fitur Mirroring baik itu head unit aftermarket atau pun bawaan mobil. Untuk bawaan mobil, ada yang buatan Cina, Original Equipment Manufacturer (OEM) hingga produk aftermarket yang dipilih oleh pabrikan sebagai bawaan mobil. Fitur ini berfungsi untuk memanjakan pemilik kendaraan yang tidak bisa lepas dari smartphone, baik android atau iPhone, sehingga dapat diakses melalui layar head unit mobil. Bisa untuk menonton video, browsing, navigasi atau memanfaatkan aplikasi fungsional lain milik smartphone.

Namun berdasarkan pengalaman saya, mirroring smartphone ke head unit tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Berbagai masalah timbul, mulai dari koneksi yang cukup rumit dan sering putus, menguras baterai smartphone hingga resiko mengundang maling apabila kita meninggalkan smartphone di mobil (untuk koneksi via kabel). Padahal ada cara lain yang lebih mudah jika tujuannya adalah untuk menikmati fitur android di head unit, yaitu melalui android TV.

Android TV adalah komputer kecil yang bekerja menggunakan operating system android. Mirip sebuah smartphone tapi tidak mempunyai layar. Atau serupa dengan CPU kecil apabila kita bandingkan dengan PC. Biasanya dicolokan pada TV LCD/LED melalui port HDMI sehingga disebut sebagai android TV. Dengan menggunakan android TV untuk mirroring, kita tidak perlu khawatir akan baterai atau takut ketinggalan di mobil. Siapkan saja satu unit khusus di mobil anda dan bisa digunakan kapan saja saat berkendara.

Lantas mobil apa saja yang head unitnya sudah memiliki fitur mirroring dan bisa menggunakan android TV? Saya mencatat beberapa mobil yang support baik itu keluaran Toyota, Honda, Isuzu atau Daihatsu. Berdasarkan jenis head unit, maka ada tiga hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli android TV, yaitu:

a. Menggunakan USB atau HDMI untuk koneksi mirroring

Pilihlah yang menggunakan HDMI karena semua android TV berhubungan dengan head unit melalui HDMI. Beberapa contoh mobil yang support Mirroring melalui USB adalah Great New Xenia R Sporty dan Suzuki Ertiga Dreza, mohon maaf belum bisa menggunakan android TV.

b. Menggunakan head unit OEM atau non branded

Beberapa mobil menggunakan head unit OEM yang diproduksi sendiri oleh pabrikan khusus untuk mobil mereka. Ciri utama head unit jenis ini ada pada menu yang khusus digunakan untuk seluruh line up mereka. Ciri lainnya ada pada pinggiran layar, biasanya tercantum nama pabrik mobil. Contohnya:

Toyota (Innova (Q & V), Fortuner (VRZ & SRZ) dan Camry (V &G))

Honda (CR-Z dan Odyssey)

Disamping itu ada juga versi OEM dengan merek Cina yang didesain khusus untuk satu jenis mobil saja. Head unit jenis ini biasanya punya tampilan yang menarik dan menyesuaikan dengan desain dashboard mobil. Tapi bedanya dengan versi pabrikan adalah pada menu yang universal, khas keluaran merek head unit tersebut dan digunakan secara umum. Pendekatan yang diambil lebih kepada bentuk dari pada menu. Pilihan model ini jauh lebih murah dalam hal biaya riset namun menghasilkan tampilan interior yang tetap menarik. Contohnya:

Daihatsu Terios R & R adv

Honda (BRV Prestige dan CR-V (kecuali 2.0 M/T))

Fungsi Mirroring pada kedua jenis head unit ini biasanya tidak support fasilitas touchscreen sehingga pengoperasian bisa melalui remote atau air mouse.

c. Menggunakan head unit aftermarket

Mendisain sebuah head unit khusus untuk sebuah mobil tentunya membutuhkan riset dan tidak selalu menguntungkan. Pabrikan yang tidak mau pusing dengan hal tersebut biasanya memilih produk yang beredar di pasaran luas atau lebih dikenal sebagai produk aftermarket. Pendekatan ini dipilih karena fokus kepada kualitas suara dan fitur yang sudah mapan, dibandingkan sekedar bentuk yang custom seperti halnya head unit OEM buatan Cina. Untuk mengakomodasi ukuran head unit yang standar maka dipasanglah frame khusus yang sesuai dengan ukuran head unit.

Head unit aftermarket yang paling banyak dipilih adalah keluaran Kenwood yang support true mirroring. Kelebihan fitur mirroring Kenwood adalah pada kemampuan touchscreen melalui layar head unit saat mirroring smartphone atau android TV. Di samping itu,  Kenwood juga cukup fleksibel untuk dipasangkan dengan segala jenis audio remote steering switch bawaan mobil. Inilah alasan mengapa Kenwood menjadi pilihan favorit banyak pabrikan mobil.

Toyota 86 – Kenwood DDX715WBT

Honda :

  • Mobilio – Kenwood DDX515BT (kecuali tipe S)
  • BR-V – Kenwood DDX515BT (tipe E)

  • Jazz – Kenwood DDX7035BT (RS Black Top Limited Edition dan Limited Edition)

  • HR-V – Kenwood DDX7035BT (1.5 Limited Edition, 1.8 JBL Edition dan 1.8 Prestige)

Isuzu MU-X – Kenwood DNR8035BT

Jika mobil anda termasuk salah satu dalam daftar di atas, tidak ada salahnya memperhatikan poin-poin penting berikut dalam memilih android TV yang sesuai.

Advertisements

39 thoughts on “Tips Memilih Android TV untuk Mirroring melalui Head Unit

  1. Terima kasih info nya berkat blog ini saya jadi punya hu Android+Bluetooth GPS worthed banget pokoknya
    Saya mau coba pake hdd yg 500 gb mudah-mudahan an bisa lancar

    Like

    • Memang worthed bagi mereka yang terbiasa dengan gadget. Tapi sebaliknya, bagi mereka yang awam tentu merepotkan. Terutama pada proses koneksi awal. Buat yang agak gaptek idealnya sih pakai modul GPS Android aja kalau misalnya pakai Kenwood. Lebih simple.

      Tulisan ini sengaja saya siapkan karena saya takut dikejar-kejar pertanyaan teman-teman yang penasaran dengan android TV tapi kurang siap bermain dengan gadget. Mudah-mudahan mereka paham

      Like

  2. Hehehe,saya juga Awalnya penasaran tingkat tinggi mas,tadi nya mau pake hu Android av* tapi aga meragukan di kualitas suara,klu pake ini dapet semua,suara bagus gps dapet Android dapet ajiiib pokoknya

    Like

  3. Pak, saya tertarik utk mengunakan android TV stick tapi masi gaptek, hu yg saya gunakan dnr8015bt, kalau berkenan saya mau minta bantuan utk titip beli dan setting.. Mohon bantuannya.. Dimana saya bisa contact?

    Like

    • Lapor mas,hdd 500gb sukses buat muter film format mkv,awal nya sempet kembali ke menu sebanyak 2 kali tapi kesana nya lancar, bukanya pake aplikasi bawaan kalau pake xmbc malah putus2
      Oiya karena saya sering berhenti buat kencing dan tiap mesin mati androidnya ngereset jadi saya tambahin power nya pake power bank,dari power lighter ke power bank dari power bank baru ke stick Android, jadi mobil mati Android ttp jalan,klo mau matiin tinggal cabut aja kabel power bank,power bank nya bisa dibawa buat cas hp,power bank nya yg output 2amper
      @pa Victor nnti di jawab sama suhunya mas,ijin saran mending beli dulu Android nya jadi ada gambaran,saya juga awalnya bingung modal nebak2 doang tapi bgtu unitnya udah ada jadi lebih ngerti

      Like

  4. Gan, saya tertarik beli android stick utk kenwood mobilio, ddx 315 bisa? Brapa yah harga nya? Dimobilio hu standar ddx 315 sih ada kabel usb dlm kotak/laci.
    Thanks anyway…
    Regards
    Dedy

    Like

  5. Saya Punya Pioneer AVH-X8750BT trus udah colok Android TV stick tp gak bisa connect tapi kalau colok ke tv bisa. Itu knp ya pak?tqy

    Like

    • Head unit Sony-nya tipe apa Mas Joko? Setahu saya ada yg bisa mirroring tapi terbatas pada smartphone tertentu saja (kl gak salah keluaran Sony juga). Apakah bisa menggunakan Android TV? Saya sendiri tidak bisa jawab tanpa melakukan riset terlebih dahulu

      Like

      • Hampir semua tipe headunit sony sdh bisa mirrorlink, cuma resminya (sony) hanya bisa digunakan pakai kabel dan pake hp seri Z, samsung seri S dan iPhone. Nah utk air mirrorlink dan pakai android tv belum tahu nihh

        Like

      • Berdasarkan video youtube di sini https://www.youtube.com/watch?v=AaSz_uA9Jq8

        Saya menyimpulkan ada dua koneksi antara head unit Sony dan smartphone, yaitu pertama koneksi HDMI/MHL menggunakan port HDMI dan dinamakan sebagai screen mirroring. Kedua adalah menggunakan port USB, diberi nama mirrorlink. Khusus smartphone di luar sony, saya lihat harus menginstal apps agar bisa menikmati fungsi touchscreen.

        Yang kita bahas disini tentulah fitur yang pertama, dimana koneksi melalui HDMI. Apakah bisa berhasil dengan android TV, dan bahkan bisa touchscreen melalui layar head unit, sangat tergantung dengan cara koneksi. Biasanya ada tambahan apps dari pabrikan head unit agar bisa menikmati fungsi touchscreen plus tambahan bluetooth. Tanpa apps+bluetooth biasanya cuma mirroring tanpa touchscreen.

        Kira-kira begitu gambarannya, selebihnya silahkan dicoba sendiri ya. Good luck

        Like

  6. Kl dibandingkan dengan pasang modul gps android, apa plus minus nya android tv ini gan?
    Saya rencana ganti head unit dgn kenwood ddx515, cm liat produk 2016 seri ddx7016 sekarang sudah capacitive layar nya jadi bingung karena selisih harga nya cukup lumayan. Apakah layar yg sudah capacitive berpengaruh banyak pada kenyamanan pemakaian head unit gan?

    Like

    • Android TV vs Modul GPS Android

      Kelebihan:
      1. Gambar lebih full kl di Kenwood (mungkin sama saja di HU merk lain) dan lebih jernih dari pada modul GPS
      2. Harga lebih murah. Modul GPS tergolong mahal
      3. Tersedia lebih banyak koneksi nirkabel. Ada bluetooth dan wifi, sementara GPS hanya punya wifi.

      Kekurangan:
      1. Tidak built-in GPS. Jika ingin berfungsi sebagai GPS, harus membeli router GPS (USB/bluetooth) tambahan meskipun harganya relatif bersahabat
      2. Koneksi awal lebih repot. Harusnya jika normal, cukup ikuti prosedur mirroring, otomatis langsung bisa. Tapi terkadang bluetooth tidak otomatis koneksi dengan head unit sehingga harus disambung manual. Karena bluetooth utk touchscreen, otomatis harus pake remote dulu. Pada modul GPS, tidak ada setting seperti ini. Tinggal pakai saja

      Menurut saya capacitive sangat penting apabila kita sering menggunakan touchscreen head unit. Apalagi jika sudah memainkan apps android. Layar yang model lama cenderung kurang responsive dan sering salah pencet. Untuk lebih jelasnya mengenai layar capacitive vs biasa, tunggu review saya nanti saat sudah berganti head unit 2016

      Like

  7. Mau tanya, HU saya DDX515BT, mau coba mirroring dari hape galaxy note 3, berhasil mirroring tapi layar pada HU, tidak respon cuma bisa di gerakan melalui hape..

    kalau dengan hape lenovo saya, malah tidak berhasil mirror sama sekali, apakah harus support MHL?

    Like

    • Ada beberapa penyebab fungsi touchscreen tidak berfungsi, diantaranya:
      1. Koneksi melalui menu HDMI/MHL. Ada dua fasilitas mirroring yaitu melalui HDMI/MHL dan APPs. Kalau menggunakan menu HDMI/MHL hanya untuk mirroring tanpa touchscreen
      2. Melalui menu APPs tapi fungsi bluetooth tidak terkoneksi. APPs memungkinkan fungsi touchscreen dengan bantuan bluetooth. Jadi cek ulang koneksi bluetooth apakah sudah tersambung dengan sempurna.

      Pada kenyataanya, proses mirroring tidak lah semudah yang dibayangkan. Namanya juga gadget, jadi tidak semua orang berhasil. Hanya gadget freak yang bisa dengan mudah memahami proses dan bisa mengindentifikasi kesalahan seperti ini. Jadi om beitro tidak usah bingung dan putus asa ya.

      Coba baca tulisan saya di sini; https://redlancerex.wordpress.com/2015/06/09/air-mirroring-di-kenwood-ddx7015bt/ dan tonton terlebih dahulu videonya. Perhatikan proses apa yang tertinggal, terutama mulai dari applikasi Kenwood Smartphone Control mulai diaktifkan.

      Untuk smartphone apa saja yang support mirroring, silahkan baca terlebih dahulu FAQ true mirroring yang pernah saya tulis di forum modcom. Link nya ada di sini http://www.modifikasi.com/showthread.php/324573-Pemakai-HU-Kenwood-Double-Din-TV-masuk-sini?p=2060535964&viewfull=1#post2060535964

      Good luck

      Like

  8. Bro, saya ada HU Kenwood DNR8035BT bawaan mobil. Tadinya ingin upgrade ke HU yg bisa GPS. Setelah baca artikel ini jadi mikir, dgn tambah android tv + perangkat lainnya HU yg ada bisa GPS dan bisa nonton TV digital (DVBT2). mohon pencerahannya.

    Saya jg tertarik untuk titip beli. Jadi tinggal pasang saja. Soalnya saya awam untuk masalah audiomobil. Takut salah beli.

    Like

  9. Mohon bantuannya untuk share type and merk tv android atau gps android module apa yg suport denga kenwood bawaan hrv prestige..

    Kalau bisa pesan tolong share price nya

    Like

  10. Saya udah cari ke mana mana untuk android gps module tapi belum ketemu… bisa titip kah untuk planning pemasangan di Honda prestige

    Like

  11. Saya sudah coba hubungkan android tv tapi yg tipe box ke ddx7015bt tapi tidak ada respon sama sekali..
    Apa mungkin kabel hdminya yg jelek..
    Mohon bantuannya mas…

    Like

  12. Om..
    Maaf mau tanya karena sudah coba utak atik tapi blm nemu solusinya..

    Saya pakai Kenwood DDX 7015 plus android tv stick.
    Problem saya, kenapa tampilan aplikasi Sygic di HU saya bentuknya potrait, bukan landscape?
    Sejauh ini, aplikasi yang lain aman (semua bisa tampil landscape), kecuali Sygic.
    Apa ya yang salah atau bagaimana cara mensettingnya?
    Trims om.

    Like

  13. Sebenernya yang menarik dari hu android itu adalah fitur gps online (sebangsa waze dll). Kalo android tv pasti gak ada gpsnya. Kalo tambahan alat gps bluetooth itu sih sama aja bohong, kalau masih mengandalkan batere. Sekalian aja pake HP.

    Like

    • Ada banyak fitur yg bisa dinikmati di android selain GPS. Misalnya torque pro atau TPMS keluaran steelmate yg saya pakai. Biasanya mereka harus pakai hape, tapi dengan android tv jadi bisa nempel di mobil. Atau misalnya spotify buat yg head unit dibawah thn 2016 dan memutar video full HD utk head unit yg belum support.

      Android ini menyimpan segudang potensi yg hanya akan muncul dan berguna bagi mereka yg paham dengan fungsi android. Bagi yg tidak terbiasa memaksimalkan android mungkin tidak akan sadar akan hal ini

      Like

  14. Buat apa om? Kan sudah pake android.

    Untuk nambah android tv harus ada port HDMI. Trus supaya bisa dipencet melalui layar HU, harus ada apps khusus seperti Kenwood Smartphone Control app.

    Like

  15. Om..saya pake kenw ddx515bt Bawaan Honda Dan saya cobra mirror link Dan berhasil. Namun setelah mobil dinyalakan kembali tiba2 layar tape menjadi blank Dan tidak bias digunakan. Apakah itu akibat menggunakan MHL yg universl ?

    Like

    • Itu cuma cara pasang head unit aja. Coba bawa ke bengkel Honda untuk disetting ulang supaya bisa nonton sambil jalan. Kalau beres gak mau bantu, bawa aja ke toko audio langganan/terdekat

      Like

  16. Om sy memakai android tv stik di kenwood ddx7017bt.
    Yg mau sy tanyakan, kalo sy download smule di android tvnya untuk karaoke, apakah mic bisa berfungsi jika saya tancapkan pada headunit, pada saat bernyanyi di smule?
    Soalnya di android tvnya gak ada jack untuk mic.
    Mohon pencerahannya ya om, soalnya kwatir nanti beli mic tp gak berfungsi. Trimakasih.

    Like

    • Ya gak di head unit om… HU kan cuma numpang layar dan touchscreen via Kenwood Smartphone Control apps + bluetooth. Kalau mau masukin suara ke android ya harus via android dong. Coba cari info di youtube bagaimana cara nambahin mic ke android via USB. Secara teori harusnya bisa banget. Tinggal memastikan pakai apps apa dan support min os versi berapa. Cari sendiri ya om…harusnya hal begini bukan barang baru. Yg penting om rajin cari info aja

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s