Jangan Pernah Beli Headlamp Aftermarket!

Pada postingan saya terdahulu, saya pernah bercerita tentang pemasangan headlamp proyektor aftermarket keluaran Yuanzheng (YZ) yang dilengkapi dengan angel eyes dan led bar. Tampilannya sangat menarik dan punya kualitas sinar lumayan. Jadi tidak sekedar estetika saja.

MITSUBISHI-LANCER-LED-Head-Lamp-with-projector (1)MITSUBISHI-LANCER-LED-Head-Lamp-with-projector

Sampai suatu ketika saya pulang ke Lampung menggunakan Lancer EX. Kondisi jalanan yang masih hutan dari Bakauheni menuju Bandar Lampung sangat gelap karena tidak ada penerangan jalan. Tadinya saya cukup pede dengan kualitas cahaya lampu ini, hingga saat itulah saya terkejut karena tidak bisa melihat jalanan dengan jelas.

Awalnya saya berfikir mungkin lampunya kotor, sehingga kurang terang. Sampai saya menemukan semacam kerak pada bagian atas lampu meskipun sudah selesai cuci mobil. Atas saran tetangga depan rumah, saya membeli pasta gigi untuk membersihkan kerak tersebut.

Hasilnya, diluar dugaan saya, ternyata yang saya anggap kerak adalah rontoknya lapisan luar dari lampu. Jadi bukan kotor, tapi terkelupas. Mungkin karena panas dari lampu proyektor, sehingga plastik lampu kepanasan.

Jadi bagi anda yang berminat membeli lampu ini, harap berfikir ulang. Memang disainnya sangat menarik. Seringkali dilirik pengguna jalanan, baik siang atau pun malam. Tapi jika anda berharap lampu ini tahan lama, ternyata sesuai harganya. Dulu sinarnya lumayan terang dan mampu menerangi jalanan dengan baik. Tapi akibat pengelupasan pada bagian lampu, sepertinya sinar yang dihasilkan menjadi kurang sempurna. Belum lagi tampilannya yang menjadi buruk, tidak mulus lagi.

Saya membeli lampu ini pada bulan Januari 2015, dalam kondisi bekas tapi belum lama dipakai. Artinya tidak sampai dua tahun sudah tidak layak lagi. Jadi bagi anda yang terpikir untuk mendandani lampu Lancer EX, ada baiknya mempertimbangkan opsi lain. Misalnya membeli copotan milik Evo X agar bisa memperoleh lampu proyektor. Jika ingin terlihat menarik, lengkap dengan angel eyes atau led bar, silahkan anda retrofit di toko lampu langganan. Dengan alternatif ini, semuanya dapat. Bahkan anda bisa beruntung mendapatkan fitur leveling dan tidak tertutup kemungkinan juga, fitur AFS (Adaptive Front-lighting System). Tentunya dengan menambah part agar keduanya bisa aktif.

 

One thought on “Jangan Pernah Beli Headlamp Aftermarket!

  1. Bentuknya pun lebih bagus OEM nya kalo saya bilang. Yg aftermarket terkesan agak “maksa” krn ada Angel Eyes nya dan seperti yg sdh kita tau, itu adalah ciri khas BMW.. Jadi, (i’m really sorry to say) kalo saya bilang malah cenderung jd terkesan kaya ricer kalo pake headlamp model begitu.

    Like

Leave a Reply

