Ganti Head Unit Kenwood DDX9016S

Seperti biasa, setiap tahun saya selalu ganti head unit dengan keluaran terbaru. Seperti kebiasaan orang ganti handphone atau mobil, head unit tergolong penting bagi saya karena selalu ada teknologi terbaru yang dikeluarkan tiap tahun. Ini adalah head unit Kenwood ketiga saya, setelah DDX7035BT di tahun 2014 dan DDX7015BT di tahun 2015.

Tahun 2016, saya naik kelas dari seri 7 ke seri 9 karena mengikuti fitur baru yaitu Android Auto dan Apple Carplay. Fitur ini cukup heboh di luar sana, sehingga membuat saya penasaran apakah layak untuk dimiliki. Andaikan anda tidak tertarik dengan fitur ini, seri 7 terbaru yaitu DDX7016BT sebetulnya cukup menarik. Beberapa fitur yang dulunya hadir di seri 8 & 9 sudah diturunkan ke seri ini. Contohnya adalah fitur layar capacitive dan 2 camera input (front & rear), yang sangat signifikan membuat seri 7 menjadi lebih powerful. Bayangkan, flagship Pioneer saja, yaitu AVH-X8850BT, hanya dilengkapi layar resistive. Padahal layar capacitive sangat berguna saat mirroring, dan andaikan sama dengan milik DDX9016S, tidak silau jika terkena sinar matahari.

IMG_0689

Beberapa fitur penting yang perlu diketahui selain android auto/apple carplay dan layar capacitive adalah kemampuan memutar video full HD. Fitur ini memang sudah lama melekat di seri 9. Selama ini saya mengakali keterbatasan ini (di seri 7) dengan menggunakan android TV. Sekarang tidak perlu lagi repot pakai alat bantu. Hasilnya sangat memuaskan. Bahkan bisa menggunakan eksternal Harddisk (saya pakai 1 TB).

Seri 9 ini juga dilengkapi RGB untuk menambahkan modul GPS. Berbeda dengan tahun sebelumnya, GPS built-in tidak ada lagi di seri 9, sehingga namanya menjadi DDX dan bukan DNN. Saya malah senang karena bisa saya tambahkan modul GPS android yang sebelumnya menempel di head unit lama. Oh iya, meskipun GPS hilang, tapi antena GPS tetap menempel di DDX9016S untuk memperkuat sinyal GPS saat menggunakan fitur navigasi di android auto/apple carplay. Selain itu, yang hilang dari seri 9 tahun 2016 adalah wifi hotspot. Hal ini juga bukan masalah karena saya masih bisa internetan pakai modul GPS android atau android TV (lihat postingan saya sebelumnya).

IMG_0676

Fungsi air mirroring juga masih ada di produk 2016, tapi saya sedikit mengalami kendala dengan fungsi touchscreen. Aplikasi Kenwood Smartphone Control seperti tidak berfungsi. Entah karena harus upgrade atau kah smartphone android kitkat saya sudah tidak layak lagi. Nanti saya riset lebih lanjut karena sebetulnya fitur touchscreen saat mirroring adalah fitur andalan Kenwood yang tidak boleh hilang.

Selain fitur multimedia di atas, keunggulan lain dari seri 9 ada di setting suaranya yang begitu banyak. Saya buktikan hanya dengan speaker standar Lancer EX, suara berubah sangat drastis. Saya sebetulnya tidak terlalu tertarik dengan upgrade audio yang berlebihan, tapi mungkin akan saya tambahkan subwoofer agar nantinya lebih optimal.

IMG_0670

Disamping itu, seri 9 juga dilengkapi dengan dua port USB 1,5 A untuk fast charging dan zone control (membagi sumber video/audio di head unit dan monitor belakang/tambahan).

11 thoughts on “Ganti Head Unit Kenwood DDX9016S

    • Antena harus dipasang karena fungsinya untuk menguatkan sinyal GPS saat menggunakan navigasi melalui android auto (google maps) dan apple carplay (maps). Karena kalau cuma pakai punya smartphone, bakal mudah kehilangan sinyal satelit.

      Like

  1. Om redlancer, kenalin saya andy.
    Saya mau beli head unit kenwood ddx 417 bt. Apa sudah bisa dibuat nyolok HD eksternal 1tera?
    Terus kalo saya mau nambah TV apa ada rekomen TV bagus yang bisa ngeluarin gambar full HD?
    Mobil aaya innova 2009. Ga ada steering switch tp ada rencana ganti steer innova yang baru. Bisa ga ya?
    Kalo bisa, skalian saya pasang kamera mundur juga nanti.
    Apa kenwood ddx 417 bt ini sudah bisa memenuhi segala ekspekatasi saya?
    Kalo seumpama nggak, apa saya hqrus upgrade ke ddx 717 bt aja?
    Maaf, saya tanyanya banyak.. Saya terus terang ga ngerti apa apa soal audio mobil.
    Istri cuman pingin anak anak bisa liat video lewat HD eksternal ama yang gambarnya bagus. Jadi sbenarnya fitur miroring aaya ga sebrapa perlu.
    Sekali lagi, mohon pencerahannya..
    Maaf kalo banyak tanya..
    Terima kasih banyak..

    Like

  2. Saya kapan hari sudah baca baca Om Redlancer, tapi barusan saya baca lagi..
    Setelah saya baca, kayanya yang saya perlu sebenarnya adalah untuk melihat video dengan kualitas hd karna istri memiliki hd eksternal 1 tera. Dan anak anak saya selalu ingin menonton film kesukaannya.
    Dan setelah saya baca ternyata yang saya perlukan sebenarnya adalah M-Tech MM 6620 karna bisa menyetel video dengan kualitas hd dari hd eksternal.
    Yang jadi pertanyaan saya selanjutnya, apakah M-Tech 6620 memiliki fitur untuk menyalurkan film ke monitor tambahan di headrest?
    Karna anak anak yang duduk di seat row kedua ga mungkin duduk ditengah untuk melihat video dari head unit didepan.
    Hal ini memancing pertanyaan saya selanjutnya, apakah M-Tech mengeluarkan produk monitor full hd untuk headrest? Bila iya, boleh tau apa typenya?
    Terima kasih Om Redlancer..
    Maaf bila merepotkan..

    Like

    • Sebetulnya MM6620 sudah ketinggalan menurut saya. Coba cari head unit keluaran M-Tech yang versi android, MM-8803. Nah, karena ini basisnya android ya, mirip tablet aja. Harga juga gak beda jauh. Silahkan google atau cari videonya di youtube.

      M-Tech mengeluarkan banyak model head rest monitor. Saran saya jangan beli yang nempel di head rest. Pertama ukurannya kecil dan kualitasnya kurang baik. Kedua, karena kita ganti head rest asli, warna jadi gak matching dan keras saat disandarin kepala. Lebih baik pasang yang model tablet. Saran saya ambil yang versi android yaitu MH-7080AD 10.6″. Dia bisa dapat input dari head unit, bisa juga independen dari mirroring hape, HDMI, atau yang lebih mudah melalui USB & SD Card. Saya malah menyarankan tidak usah ganti head unit, beli head rest monitor ini saja kalau tujuannya untuk hiburan anak.

      Semua support full HD, tinggal om pastikan saja ke penjualnya apakah support eksternal hard disk. Good luck.

      Like

  3. Mantap, luar biasa..
    Terima kasih Om Redlancer atas pencerahannya..
    Nanti saya cari dulu toko audio disini yang jual headrest M-Tech MH-7080AD apakah sudah bisa support HD eksternal seperti yang ditanyakan Om Redlancer.
    Sekali lagi terima kasih atas pencerahannya..
    Mohon maaf bila merepotkan.
    Terima kasih..

    Like

Leave a Reply

