Firmware Update DDX9016S

Setiap produk baru biasanya tidak lepas dari cacat atau bug. Terutama produk yang terlalu terburu-buru dilepas ke pasaran karena mengejar target launching. Contoh paling ekstrim adalah flagship Samsung terbaru yaitu Galaxy Note 7. Kasus anomali baterai yang mengakibatkan Note 7 meledak berakibat recall dan pembatalan pre order di beberapa negara. Sebuah kesalahan fatal yang berakibat kerugian yang sangat besar.

Saat Kenwood Asia meluncurkan flagship DDX9016S, hal serupa juga terjadi. Meskipun tidak se-ekstrim kasus Samsung Galaxy Note 7. Masalah yang saya temukan langsung adalah tidak berfungsinya touchscreen saat mirroring di Android. Padahal fitur ini adalah kelebihan Kenwood yang tidak bisa ditandingi oleh para kompetitor. Saya langsung tahu bahwa ini adalah bug karena di produk tahun lalu fitur ini berfungsi dengan sempurna. Kemudian satu lagi bug yang cukup mengganggu adalah saat menggunakan Android Auto/Apple Carplay, tombol voice di setir yang seharusnya jadi satu-satunya tombol paling sering kita gunakan ternyata tidak berfungsi. Kita dipaksa melepaskan tangan dari setir dan menggunakan hard button yang tersedia di frame head unit atau menyentuh ikon microphone (Android Auto)/ikon bulat kotak (Apple Carplay).

Karena sangat kesal dengan bug ini, saya bahkan menyempatkan untuk berkomentar di laman facebook Kenwood Team Asia. Tidak seperti beberapa pengguna Kenwood di AS yang sampai membuat video youtube segala untuk menumpahkan kekesalan mereka. Terutama pengguna Kenwood lama yang berganti dengan produk 2016. Sebagai bangsa Asia yang terkenal sopan, saya merasa dengan memberikan komentar di FB saja sudah cukup untuk menunjukan bahwa kita kecewa. Butuh waktu kurang dari seminggu bagi admin mereka untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Mungkin ia harus konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak engineer sekaligus menyiapkan respon yang pas. Hal yang bisa dimaklumi. Jawabannya pun sesuai dengan apa yang saya harapkan. Mereka mengakui adanya bug dan berjanji mengeluarkan update di akhir Agustus.

Sesuai janji mereka, tanggal 25 Agustus keluar lah update firmware yang ditunggu. Sayangnya DDX9016S tidak masuk dalam dalam daftar update. Membaca daftar isi perbaikan, saya optimis itulah update yang saya tunggu-tunggu. Mungkin Kenwood memberi prioritas untuk AS terlebih dahulu karena mereka lebih cerewet pikir saya. Hingga tanggal 15 September barulah keluar update khusus untuk DDX9016S/DDX916WS.

Karena update ini sangat penting, saya bahkan sengaja menyempatkan diri untuk membuat video guidance bagi yang malas baca petunjuknya. Saya menahan ego untuk melakukan update sesegera mungkin karena mencari momen yang pas untuk merekam proses tersebut. Dengan melihat prosesnya melalui video, saya harap semua yang berkepentingan tidak perlu ragu untuk mencoba sendiri.

Improved functions

(15.09.2016)

  • Add Pandora Function. (Covered areas: North America, Oceania) (Manual )
  • Add Spotify Function. (Manual )
  • Support for “KENWOOD Smartphone Control”.
  • Improved Mirroring/APPS Function.
  • Improved Apple CarPlay Function.
  • Improved Android Auto Function. (Only DDX9903S, DDX9703S, DDX916WS, DDX916WSM, DDX916WSL, DDX9016DABS, DDX9016S, DDX9016SM, DDX9716BTS, DDX9716BTSR)
  • Improved USB Function.
  • Improved the defect that the steering remote control does not function. (Not-covered areas: North America) (except DDX9716BTS, DDX9716BTSR)
  • Improved stability of performance.

Download file

Model group B

Target Model: DDX916WS, DDX916WSM, DDX916WSL, DDX9716BTS, DDX9716BTSR, DDX9016DABS, DDX9016S, DDX9016SM, DDX8016DABS
File “S_V2_6_0008_0600.zip” download (241 MB)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s