Air Mirroring – Kenwood DDX9016S

Akhirnya fungsi mirroring berjalan dengan sempurna setelah update firmware terbaru. Jujur saja, saya tadinya tidak semangat membuat video air mirroring karena sudah terbiasa dengan true mirroring menggunakan android TV. Tapi satu hal penting harus saya sampaikan karena air mirroring di 2016 sudah sempurna dan layak untuk dibanggakan. Saya tidak tahu apakah ini hanya di seri 9 saja atau termasuk seri 7. Tentu harus dicoba dengan perangkat smartphone dan dongle yang sama.

dongle

Saya kali ini sudah menggunakan LG G5, menggantikan smartphone lama saya yaitu Samsung Galaxy Mega 6.3″. Begitu gencarnya promosi 4G, mengharuskan saya ganti gadget. Kuotanya sungguh fantastis, bahkan unlimited. Belum lagi fasilitas langganan spotify dan iflix yang dibundel bersama dengan paket internet membuat smartphone 4G adalah sebuah keharusan. Menggunakan LG G5, proses mirroring dengan Kenwood DDX9016S sangat mulus. Tidak ada lag dan salah pencet seperti saat saya dulu air mirroring menggunakan Samsung Galaxy Mega 6.3″ dan DDX7015BT. Apakah faktor smartphone berpengaruh? Bisa jadi iya. LG G5 merupakan smartphone flagship yang bersaing dengan rival seperti Samsung Galaxy S7, HTC 10 dan iPhone 7. Jadi jeroannya memang pilihan. Sayangnya saat firmware update rilis, Galaxy Mega sudah keburu saya jual.  Jadi tidak bisa membandingkan dengan smartphone yang sama.

Tapi saya pernah melakukan test DDX7016BT (2016) menggunakan Galaxy Mega dan rasanya masih sama. Smartphone saya yang lain adalah Nexus 5 yang sengaja saya beli saat mencoba android auto. Menggunakan Nexus 5, air mirroring di DDX9016S masih lag. Saat menggeser layar melalui head unit, tidak bisa menyamai kecepatan layar smartphone. Begitu juga saat menggeser peta di waze, responnya begitu lamban. Beda sekali dengan LG G5 yang mendekati real time (bisa dilihat di video menit 4:06). Salah pencet juga masih terjadi di Nexus 5. Sementara di LG G5 hampir tidak pernah salah pencet, bahkan icon yang kecil sekalipun.

lg-g5

Jika melihat jeroan LG G5SE yang saya pakai, sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 yang didukung oleh CPU Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A72 & 4×1.2 GHz Cortex-A53). Sementara untuk RAM 3 GB. Nexus 5 yang merupakan keluaran tahun 2013,  menggunakan chipset Qualcomm MSM8974 Snapdragon 800 dan CPU Quad-core 2.3 GHz Krait 400 serta RAM 2GB. Apakah RAM memegang peran terpenting di sini? Saya harus membuktikannya menggunakan smartphone lain.

Karena saya sudah pernah posting tentang air mirroring tahun lalu, saya tidak merasa perlu membuat tulisan rinci. Prosesnya hampir mirip dengan tulisan sebelumnya. Daripada mengulang tulisan yang sama, saya memutuskan untuk membuat video yang lebih detail agar anda bisa langsung mempraktekannya sendiri. Jika ada pertanyaan, bisa langsung menulis via komentar di bawah atau melalui video di youtube. Enjoy!!

6 thoughts on “Air Mirroring – Kenwood DDX9016S

  1. Master Motolola sya mw nanya ttg akses true mirroring, kbtulan ini sya bru pasang kenwood ddx716wbt di veloz sya sklian dongle kenwood KCA WL-100, dan skrg sya agak kesulitan utk akses wireless mirroring nya, sblmnya sya sdh nyalakan wifi sya utk konek ke wireless link di APPs dan akhirnya wifinya sdh connected ke android sya, utk info sya pakai android asus zenfone 5, tp ketila sya akses wireless mirroring mendadak wifi sya hilang koneksinya ke headunit, dan saat sya buka applikasi kenwood di android sya hny muncul allow connection saja dan utk screen calibration nya msh blm bisa di klik, utk tambahan info lg ttg firmware nya sya sdh update yg terbaru master, yg mw sya tnyakan kira2 utk hal ini kendala nya gmn ya master? Sya kroscek di mhltech.org utk asus hny serie padfone 2 saja, apakah utk asus zenfone 5 memang gak bisa wireless mirrorink di ddx716wbt kah atau ada kesalahan setting master? Mohon bantuannya master..

    Like

    • Saya agak bingung maksud pertanyaan om dimas ini apa ya?

      Yang saya tangkap adalah:
      1. Pakai Kenwood DDX716WBT
      2. Pakai dongle KCA WL-100
      3. Pakai Smartphone Asus Zenfone 5

      Apakah sudah bisa mirroring? Jika sudah apakah bisa touch screen?

      Dan om sebenarnya salah nanya, ini posting tentang DDX9016S yang berbeda settingnya dengan seri 7. Saya juga tidak pakai KCA WL-100, apalagi smartphone Asus. Idealnya om baca posting ini dulu:

      https://redlancerex.wordpress.com/2015/06/09/air-mirroring-di-kenwood-ddx7015bt/

      Meskipun tidak ada kesamaan juga, setidaknya itu adalah seri 7. Cara mirroringnya masih sama. Setelah baca, tolong jawab pertanyaan saya di comment posting tadi ya. Jangan di sini.

      Like

  2. Gan saya mau tanya. Saya pakai HU kenwood ddx9016s, dongle KCA WL-100, Hp Htc 10.
    Saya coba air mirroring, sudah bisa connect, layar tpi tampilan di HU cuma inizialing, klo layar HU dipencet, sudah kelihatan dari smartphone, kira2 kurang pengaturan dmna ya? Thx…

    Like

  3. Maksunya connect jika saya usap layar diHU, smartphone saya sudah merespon om. Cuma tampilan diHU blm ada, cuma ada tulisan inizialing om.

    Like

Leave a Reply

