Tronsmart CC1T Single Port Quick Charge 3.0 Car Charger

Teknologi charging terus berkembang pesat. Saat ini hanya butuh waktu yang singkat agar battery smartphone dapat terisi penuh. Salah satu smartphone yang support fitur tersebut adalah LG G5. Berbekal processor Snapdragon keluaran Qualcomm, LG G5 juga dilengkapi dengan fitur fast charging terbaru milik Qualcomm yaitu Quick Charge 3.0.

Dalam paket pembelian tentu kita sudah mendapatkan charger, tapi bagaimana saat berada di dalam kendaraan? Tentunya car charger juga harus support fitur yang sama. Car charger lama otomatis tidak berfungsi maksimal. Saat saya membeli Kenwood DDX9016S, sebetulnya sudah support fitur fast charging. Sayangnya saat dilihat melalui layar LG G5, tidak terlihat indikator fast charging. Logo tersebut muncul di head unit tapi tidak di LG G5. Bisa jadi fast charging di Kenwood DDX9016S adalah teknologi awal dan bukan versi QC 3.0.

20161016_154416

Karena penasaran, saya kemudian membeli car charger khusus QC 3.0 keluaran Tronsmart. Sebetulnya banyak sekali pilihan tersedia di situs belanja online, tapi inilah yang termurah. Tidak dilengkapi kabel seperti charger lain tapi jauh lebih baik daripada membeli car charger namun mendapatkan kabel micro USB. Smartphone LG G5 menggunakan kabel USB Type-C, teknologi kabel terbaru yang belum banyak tersedia di pasaran. Jadi membeli car charger tanpa kabel adalah pilihan terbaik saat ini. Kabel USB type-C khusus fast charging untuk LG G5 bisa dibeli secara terpisah.

20161016_154159

20161016_154219

Spesifikasi output power car adapter ini adalah DC 3.6V-6.5V/3A, 6.5V-9V/2A, 9-12V/1.5A (max). Sementara adapter bawaan LG G5 punya output 9.0V/1.8A dan 5V/1.8A. Jangan tanya saya apa maksudnya karena saya sendiri tidak paham. Belum banyak informasi yang menjelaskan teknologi ini secara gamblang. Saya mencoba mengukur arus saat proses charging menggunakan ampere app dan menemukan angka tersebut naik turun. Yang pertama adalah saat menggunakan car charger Tronsmart, sedangkan dua status di tengah dan kanan menggunakan adapter bawaan LG G5.

screenshot_2016-10-16-15-39-26-horz

Ukuran car charger ini cukup kecil, dengan permukaan yang licin. Jadi anda akan sedikit kesulitan saat hendak mencabut charger dari soket power outlet mobil. Desainnya sangat sederhana, tidak dilengkapi LED sebagai indikator listrik mengalir layaknya car charger keluaran Sony Ericcson yang sudah cukup lama saya miliki. Trend selama ini adalah mobil boleh berganti tetapi charger tetap ikut pemilik. Mungkin inilah momen yang pas bagi charger lama saya untuk pensiun, mengingat pabriknya sendiri sudah berganti nama.

20161016_154334

20161016_154256

Saat riset pertama kali car charger QC 3.0, saya kesulitan menemukan review lengkap charger ini. Sebagian besar charger keluaran Tronsmart yang mereka review adalah yang dilengkapi minimal dua USB. Jadi tidak ada salahnya jika saya buatkan video review khusus untuk charger ini. Stay tuned.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s