Uji Coba Air Mirroring dengan Asus Zenfone 2 4GB

Saat melakukan air mirroring menggunakan smartphone LG G5, timbul pertanyaan besar mengenai faktor apa yang menyebabkan air mirroring di DDX9016S menjadi smooth dan jarang salah pencet? Apakah smartphone atau head unit? Saya sudah mencoba dengan Nexus 5 tapi hasilnya berbeda dengan LG G5. Artinya smartphone punya peranan paling besar. Lantas smartphone dengan spesifikasi apa yang bisa menjalankan proses air mirroring dengan smooth dan jarang salah pencet seperti LG G5?

Beberapa pertanyaan muncul di forum modcom dan comment di posting saya yang melibatkan smartphone Asus Zenfone. Untungnya salah satu teman saya menggunakan Asus Zenfone 2 dengan RAM 4 GB. Ini kesempatan besar untuk melihat apakah Asus Zenfone 2 berjalan mulus saat air mirroring.

Jika di LG G5 namanya “Screen sharing”, Nexus 5  menggunakan “Cast” dan Samsung Galaxy Mega 6.3″ menggunakan “Screen Mirroring”, di Asus Zenfone 2 kita menggunakan fitur bernama “PlayTo” untuk air mirroring. Nama boleh beda tapi fungsinya tetap sama.

whatsapp-image-2016-10-25-at-09-48-36

Proses selanjutnya tetap sama dengan video yang pernah saya buat. Tetap harus pairing bluetooth dan download Kenwood Smartphone Control apps. Yang berbeda hanya hasilnya saja. Meskipun dibekali RAM yang lebih besar, ternyata proses air mirroring tidak mulus. Saat layar digeser, gambar menjadi pecah. Begitu juga saat mencoba masuk ke waze seperti video air mirroring, ketika layar kita geser-geser, responnya lamban dan gambar sering pecah. Kabar baiknya adalah saat menggunakan touchscreen, salah pencet tidak terjadi.

Kesimpulan akhirnya adalah spesifikasi smartphone sangat penting. Ukuran RAM saja tidak cukup. Buktinya LG G5 SE saya hanya 3 GB tapi sanggup mengalahkan Asus Zenfone 2 yang punya RAM lebih besar. Mungkin chipset/CPU/GPU berperan cukup besar saat proses mirroring.

Bagaimana dengan smartphone anda? Jangan lupa share via comment ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s