Unlock Modem BOLT Huawei E5372s

Internetan menggunakan modem BOLT sempat jadi andalan dalam periode yang cukup lama. Saya bahkan sudah dua kali ganti modem, mulai dari ZTE MF90 hingga terakhir Huawei E5372s yang dilengkapi layar LCD. Memang operator CDMA lah yang pertama kali menerapkan jaringan LTE, sebelum kemudian operator GSM menyusul di akhir 2015.

3805469_4b1d2e6e-cba4-11e3-864f-759e4908a8c2

Karena rentang waktu implementasi 4G LTE dari operator GSM yang cukup lama, BOLT menikmati pasar internet hampir tanpa pesaingan berarti. Bahkan cenderung semena-mena terhadap para pelanggan mereka. Mulai dari membagi waktu download menjadi waktu normal dan dini hari, hingga harga yang cukup mahal. Sampai akhirnya tahun 2016 munculah paket 4G dari operator XL dan Indosat yang punya tarif lebih murah dan kuota 4G lebih banyak dibandingkan BOLT, nasib mereka di ujung tanduk. Mirip dengan Telkomsel dengan Simpati yang dijual dengan harga mahal dan kuota alakadarnya. Bersama dengan BOLT, dua penguasa pasar ini saya prediksi menjelang ajal– andai tidak merubah strategi marketing dan ikut pasar.

Kedua operator tesebut sukses saya tinggalkan. Kartu Halo (migrasi dari Simpati) yang sudah berumur lebih dari 16 tahun saya suntik mati karena sangat mahal, baik untuk bicara maupun data. Tidak ada rasa sesal sedikitpun mengingat Halo tidak memberikan kelebihan apapun selain coverage. Justru Halo sukses mengeruk uang saya dengan paket internet 300 ribu/ bulan (tapi selalu bayar lebih) selama 10 tahun. Bahkan masih tersisa aib maling pulsa 4 tahun lalu. Saya tukar Halo yang mahal dengan XL yang memberikan paket internet sekaligus gratis bicara. Saya ambil paket termurah yaitu Paket Combo XTRA M dengan bebas bicara semua operator selama 50 menit. Saya pikir cukup karena sekarang era chat menggunakan messenger sehingga bicara hanya untuk urusan penting saja.

paket-combo-xl

Untuk paket data, saya menggunakan kartu IM3 menggantikan BOLT. IM3 mengeluarkan paket serupa dengan XL tapi dengan beberapa perbedaan yang signifikan. Sepertinya mereka sudah sepakat untuk tidak saling bunuh-bunuhan. XL fokus di bicara sedangkan IM3 di data. Karena data lebih penting dari bicara, saya pilih paket Freedom Combo XXL yang menawarkan kuota unlimited. Paket ini sepertinya memang didesain untuk data karena dilengkapi dengan bonus paket Spotify dan iflix. Sementara untuk bebas bicara hanya terbatas untuk sesama Indosat saja.

paket-freedom-combo-im3

Setelah saya migrasi dari BOLT ke IM3 untuk paket data, modem Huawei E5372s pun menganggur. Karena sayang melihat modem tersebut tidak terpakai, saya pun mencoba unlock modem tersebut agar bisa digunakan oleh operator lain, termasuk operator GSM. Seperti biasa, untuk urusan unlock saya kembali minta bantuan dari cocholipop. Tanpa kesulitan berarti, proses unlock pun dengan mudah ia lakukan. Modem ini sangat populer sehingga tersedia banyak panduan unlock di internet.

20161128_123441_hdr

Pada dasarnya yang dilakukan adalah mengganti firmware bawaan dengan firmware lain yang lebih tua. Sayangnya firmware tersebut ada di era sebelum 4G dari operator GSM lahir. Jaringan 4G milik Telkomsel, XL dan Indosat berada pada frekuensi B8 FDD LTE 900 MHz / B3 FDD LTE 1.800 MHz, sementara BOLT menggunakan B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz. Karena firmware generasi awal tersebut tidak terdapat pilihan frekuensi tersebut, maka otomatis yang terbaca hanya koneksi 3G. Sejak firmware bawaan BOLT, tidak ada lagi firmware baru untuk modem Huawei E5372s, yang artinya tertutup kemungkinan menikmati 4G Indosat melalui modem ini. Para operator GSM pun menggunakan modem Huawei jenis baru untuk paket internet mereka.

screenshot_2016-11-29-13-54-06

Modem ini mungkin tidak akan saya pakai, kecuali saat bepergian ke luar kota, dimana belum ada fasilitas 4G LTE. Opsi lain adalah menjual modem ini  melalui situs belanja online, ke luar daerah dimana koneksi 3G masih jadi primadona karena belum ada jaringan 4G. Kuota internet unlimited dari IM3 ada di jaringan 4G LTE sehingga sayang jika menggunakan modem ini. Saya toh sudah membeli modem USB Huawei E392, meskipun menurut saya speednya kurang powerful dibandingkan teathering smartphone. Jadi tulisan kali ini hanya sekedar sharing saja. Dari pada dibuang, tidak ada salahnya di unlock.

2 thoughts on “Unlock Modem BOLT Huawei E5372s

  1. entahlah, tapi menurut saya secara hardware bisa seharusnya untuk jalan di LTE 1800Mhz, tapi kendalanya ga ada yg mau ngoprek sampai sana. 😦

    Like

Leave a Reply

