Dengar Spotify Pakai BT-163 Bluetooth Music Receiver. Solusi Murah Head Unit OEM Non Bluetooth

Pada tulisan sebelumnya, saya pernah membahas Spotify sebagai masa depan industri musik. Di saat CD sudah tidak lagi relevan dan hunting download-an mp3 favorit menyita waktu, musik online seperti Spotify menjadi pilihan yang sulit untuk diabaikan. Setelah promo 3 bulan habis, saya sekarang menggunakan paket family seharga 79 ribu/bulan, patungan dengan teman dan tetangga.

spotify-family

Di tulisan tersebut, saya juga menunjukan bagaimana saya menggunakan Spotify sebagai sumber musik di mobil, baik menggunakan bluetooth atau android auto. Lantas bagaimana dengan rekan-rekan yang head unitnya belum support bluetooth?

Tentu tidak harus ganti head unit jika ingin mendengarkan Spotify. Anda bisa menggunakan fasilitas AUX input yang biasanya tersedia pada head unit OEM atau aftermarket yang dijadikan paket OEM (contohnya JVC di Honda). Tapi menggunakan AUX artinya menggunakan kabel dan sepertinya bukan solusi ideal alias ketinggalan jaman. Kita menyingkirkan CD/DVD dan USB hanya untuk kembali ke teknologi yang sudah uzur yaitu AUX + kabel? Teknologi yang bisa jadi lebih tua dari atau seumuran dengan orang tua anda!! Teknologi yang disingkirkan Apple dari iPhone 7. Seperti film Back to the Future saja…

Tapi tunggu dulu. Jangan protes — karena jika anda tidak suka pakai kabel — saya punya solusinya.

20161217_153708_hdr

Dari pada menggunakan kabel yang merepotkan, tidak ada salahnya anda membeli BT-163 bluetooth music receiver. Receiver ini akan menggantikan fungsi kabel menjadi wireless, yaitu menggunakan koneksi bluetooth.

Jika konektor AUX di mobil anda menggunakan RCA seperti milik Lancer EX (menit 00:59) tahun 2009 ke atas maka tinggal belikan kabel pengganti dengan ujung RCA. Harganya juga murah dan banyak dijual online.

good_quality_jack_35mm_stereo_to_rca_male_audio_cable_15m

Oh iya, bagi pengguna Lancer EX tahun 2008 yang belum punya colokan AUX, tunggu postingan saya berikutnya. Sebetulnya head unit bawaan 2008 ready untuk AUX, tinggal dibelikan port saja. Akan saya buat tulisan khusus bagaimana cara menambahkan port tersebut.

2013-mitsubishi-lancer-evolution-gsr-aux-plug-in

Saya membeli BT-163 di situs online sebetulnya bukan untuk digunakan pada head unit mobil. Saya punya home theater yang suaranya masih bagus tapi belum dilengkapi fitur bluetooth. Dari pada menukar dengan home theater baru, saya akhirnya memutuskan untuk membeli bluetooth receiver agar bisa menikmati Spotify tanpa kabel. Cukup melalui smartphone dan fasilitas bluetooth.

20161217_153738_hdr

Dengan harga yang murah dan fungsi yang sangat maksimal, BT-163 adalah perangkat wajib bagi pemilik head unit non bluetooth. Spesifikasinya memang bukan yang paling canggih, karena hanya dibekali bluetooth versi 2.1 dan support A2DP versi 1.2. Jika anda ingin mencari versi paling akhir tentu saja bisa. Mungkin dengan harga yang lebih mahal, tapi apakah perbedaan kualitas suaranya signifikan atau tidak, tentu harus diuji coba terlebih dulu. Selain menggunakan bluetooth, juga tersedia koneksi Wi-Fi sebagai alternatif receiver. Untuk saat ini saya merekomendasikan BT-163 karena harganya dan suaranya tidak bisa dibilang jelek.

20161217_153809_hdr

Pengoperasiannya juga sangat mudah, cukup colok power berupa port USB ke head unit atau jika tidak ada, bisa menggunakan car charger dengan ujung USB. Kemudian colok kabel jack 3,5 mm bawaan ke head unit dan receiver. Berikutnya adalah nyalakan bluetooth di smartphone anda dan pair BT-163.

screenshot_2016-12-22-11-49-51

Sekarang Anda sudah bisa menikmati Spotify di mobil menggunakan bluetooth. Smartphone kesayangan juga bebas dari kabel. Bagaimana? Tertarik?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s