Mimpi Head Unit Android

Sekedar informasi, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa saya sudah menjual head unit Kenwood DDX9016S. Rencananya saya mengincar head unit Kenwood versi AS yang support iDatalink untuk menggantikan head unit tersebut. Dengan tambahan modul iDatalink Maestro, saya bisa mengubah setting ETACS, melihat display AC (layaknya MMCS), melihat indikator TPMS dan voltase aki mobil melalui layar head unit. Hal ini bahkan sudah pernah saya singgung cukup detail melalui forum DDX9016S/DDX916WS.

Sayangnya harga Kenwood akan menjadi sangat mahal jika diimpor langsung dari AS, baik pajak maupun ongkirnya. Padahal tidak semua tipe yang support air mirroring dan layar capacitive. Dua fitur ini penting jika hendak dipasangkan dengan android TV.

Di Indonesia, fitur ini bisa diperoleh hanya dengan kisaran harga 4 juta yaitu melalui seri 7, baik DDX7016BT (2016) atau DDX7017BT (2017). Di AS, fitur mirroring atau port HDMI hanya ada di seri 9, dan yang paling menjengkelkan lagi, layar capacitive hanya ada di seri 9 versi excelon atau yang paling mahal yaitu DDX9903S (2016). Bayangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan tiga fitur tersebut. iDatalink sebenarnya fitur standar karena sudah hadir sejak seri 3, tapi tanpa port HDMI atau fitur mirroring sama juga bohong. Kelebihan utama Kenwood dibandingkan merk lain ya fitur mirroring.

Saat ini saya hanya menggunakan head unit standar dengan sumber musik dari AUX, menggunakan spotify premium family di LG G5. Suaranya tidak mengecewakan karena saya sengaja mendownload kualitas extreme. Mungkin juga karena kualitas DAC bawaan LG G5 yang bagus atau memang saya terlalu mudah untuk puas. Karena sering mendengar spotify, saya pun jadi berfikir mengapa tidak sekalian saja pasang tablet khusus untuk Lancer EX. Jadi saya tidak perlu lepas pasang smartphone.

Setelah browsing sana-sini saya akhirnya menyiapkan tiga pilihan, kira-kira seperti apa setting head unit saya berikutnya. Saya tidak akan menyingkirkan head unit bawaan dan hanya menambahkan perangkat android yang suaranya disalurkan melalui AUX. Penasaran? Langsung buka halaman berikutnya ya..

One thought on “Mimpi Head Unit Android

Leave a Reply

