Tronsmart CC2TF 36W Dual Ports Quick Charge 3.0 Car Charger

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah pernah melakukan review terhadap produk car charger dari Tronsmart  yaitu Tronsmart CC1T. Belakangan saya membeli smartphone Xiaomi Mi Max untuk dijadikan multimedia center seperti tulisan sebelumnya, untuk menggantikan head unit DDX9016S yang sudah saya jual.

Nah, sekarang saya butuh satu sumber daya lagi untuk menghidupkan bluetooth receiver agar suara dari Mi Max bisa masuk ke head unit via AUX tanpa harus menggunakan kabel. Sementara car charger Tronsmart CC1T hanya menyediakan satu colokan USB saja. Setelah mencoba beberapa minggu, saya jadi tidak bisa men-charge smartphone di mobil. Saya pun memutuskan untuk membeli charger baru, yaitu Tronsmart CC2TF 36W Dual Ports Quick Charge 3.0 Car Charger.

Kenapa pilih dua port saja? Kenapa tidak pilih isi tiga? Kebetulan Mi Max juga support QC 3.0 seperti G5 SE, jadi saya butuh port yang support QC 3.0 saat misalnya harus charging bersamaan. Produk Tronsmart atau lainnya (Aukey/Anker) tidak ada yang berisi dua port QC 3.0. Jadi untuk isi tiga atau empat port biasanya kombinasi satu port QC 3.0 dan sisanya AiPower. Saya kan tidak pakai teknologi ini.

Tronsmart CC2TF adalah pilihan paling murah dan memberikan dua port QC 3.0 sekaligus. Saya sengaja mencoret Aukey dan Anker karena sudah bisa dipastikan lebih mahal. Kebetulan juga mereka tidak menyediakan alternarif pilihan port QC 3.0 yang lebih banyak, sehingga pilihan pun lebih mudah.

Saya tidak melakukan tes produk untuk charger kali ini. Karena sudah pernah melakukan sebelumnya dengan Tronsmart CC1T. Jadi kali ini saya hanya melakukan komparasi fisik saja. Dari segi ukuran jauh lebih besar dan finishing yang tidak licin seperti halnya Tronsmart CC1T. Dengan bentuk kepala yang besar dan tidak licin, proses cabut pasang menjadi lebih mudah.

Satu bagian saya colok langsung ke bluetooth receiver dan sisanya untuk smartphone. Sementara Tronsmart CC1T saya simpan dan jadi cadangan. Apabila dibutuhkan, maka charger milik TPMS yang menempel di car charger dalam arm rest bisa mengalah.

Oh iya, setting menggunakan smartphone ini tidak permanen. Saya sudah order Kenwood DDX9702S berikut iDatalink Maestro. Keduanya adalah produk bekas sehingga lebih murah dan terhindar dari bea masuk yang besar. Untuk lengkapnya kita tunggu nanti saat pesanan sudah datang.

Leave a Reply

