Rear Foglamp di Lancer EX

Sadarkah anda saat menonton video ini pada menit 1:44, ada yang berbeda dengan Lancer EX lokal? Tentu bukan tulisan lancer dan Mitsubishi karena itu tidak penting — tapi coba perhatikan lampu kanan. Bandingkan dengan lampu kiri. Masih belum ketemu? Coba bandingkan dengan lampu saya atau milik anda.

Selama ini saya tidak sadar bahwa Lancer EX ternyata support rear foglamp tanpa harus menambahkan lampu di bumper bawah seperti halnya Outlander Sport atau Lancer Sportback (punya Lancer EX ternyata mirip dengan Toyota Corolla Altis pre facelift). Saya masih ingat kala semua pemilik Outlander Sport memasang rear foglamp sebagai lampu rem, saya malah lebih tertarik mengaktifkan lampu tersebut sesuai fungsi aslinya. Sampai bela-belain panggil media cetak dan akhirnya masuk tabloid otomotif.

Belakangan saya sadar pentingnya fungsi rear foglamp ini saat touring dengan teman-teman OSC. Kala itu kami dalam perjalanan pulang melalui tol Cipularang dalam kondisi hujan deras dan berkabut. Mobil di depan tidak kelihatan sama sekali. Rear foglamp tersebut terlihat sangat jelas meskipun dalam jarak yang lumayan jauh. Kita jadi pede kalau mobil di belakang bisa melihat dan menjaga jarak berkat lampu ini. Pantas saja ini jadi piranti wajib di UK yang kondisi alamnya sering berkabut.

Gara-gara lampu belakang pecah di sundul motor, saya akhirnya hunting lampu belakang. Tidak sengaja menemukan di situs belanja online luar mereka menjual versi facelift (warna dasar hitam) yang punya warna berbeda antara kiri dan kanan. Awalnya saya bingung kok ada yang belang, sampai akhirnya sadar sendiri kalau itu adalah rear foglamp. Kesempatan nih pikir saya, dari pada ganti lampu yang pecah, mendingan ganti semua pakai facelift dan support rear foglamp.

Leave a Reply

