Paket Internet Tri Nonstop 4G

Perang paket internet terus berlangsung. Setelah sebelumnya pakai paket interet IM3 dan XL, saya sekarang pindah ke Tri (3). Yang jadi korban adalah paket IM3, sedangkan XL tetap digunakan karena jadi kartu permanen menggantikan kartu Halo yang sudah saya suntik mati.

Kebutuhan internet saat berkendara sudah menjadi bahan pokok layaknya sembako. Mulai dari Waze dan Google Maps, hingga nonton Youtube saat jenuh didera kemacetan. Meskipun driver tidak boleh nonton saat berkendara, tapi terkadang kesempatan itu ada saat kendaraan berhenti total. Untuk Spotify masih bisa diatasi dengan cara download lewat internet kantor, tapi kasusnya tentu beda dengan video Youtube. Bisa download offline tapi sangat banyak batasannya. Youtube lebih cocok digunakan secara streaming.

Dulu saya menggunakan IM3 dan XL karena menawarkan kuota paling banyak dengan harga paling menarik. Value for money kalau meminjam istilah anak ekonomi. Tapi itu dulu, sekarang sudah tidak lagi. Sekarang sudah mahal dan kuotanya berkurang. Belum lagi kuota khusus untuk konten tertentu atau terpisah dengan kota utama atau 4G. Dan yang paling menyedihkan adalah koneksinya makin lemot. IM3 terpaksa dicoret. XL juga sama, kuota jadi menurun drastis. Memang tetap saya pertahankan karena dapat gratis telepon semua operator dan jadi nomor permanen. Jadi bisa dibilang agak terpaksa.

Bagi anda yang rakus kuota, selamat datang Paket Internet Nonstop 4G dari Tri. Tidak ada yang bisa memberikan kuota sebanyak 33 GB (30 4G) dengan harga semurah Tri. Bahkan dulu pernah dihargai 45 ribu untuk kuota 32 GB (2+30) sebelum akhirnya dihapuskan. Jadi paket 45 ribu mungkin bagian dari promo, namun tidak masalah karena versi 80 ribu juga tetap menarik.

Paket Lama

Paket Baru

Kelebihan lainnya adalah kita dapat bebas nelpon semua operator 30 menit termasuk nomor rumah. Kekurangannya adalah kuota 4G terbagi menjadi 1 GB per hari. Jika tidak digunakan akan hangus dan jika pemakaian di hari tersebut melebihi 1 GB maka akan mengambil kuota reguler. Dalam hitungan saya, seharian Youtube di jalan dan pakai Waze tidak akan menghabiskan 1 GB. Perjalanan ke kantor tidak sampai 2 jam, sehingga total pulang pergi tidak melewati 4 jam. Lain halnya jika anda menggunakan kuota tersebut untuk download film ya. Tapi jangan khawatir, bagi anda yang beli paket untuk download film ada alternatifnya.

Perkenalkan paket internet perdana nonstop 33 GB dari Tri. Nah lo, apalagi bedanya? Jika paket nonstop dijatah 1 GB per hari, paket yang ini lebih leluasa bagi tukang download film. Kuota 4G yang jumlahnya 4G disini berubah menjadi 15 GB per 15 hari. Jadi kita dikasih waktu menghabiskan kuota sebanyak 15 GB dalam waktu 15 hari sebelum kemudian hangus jika tidak terpakai. Untuk saat ini harganya paling murah dan saya sudah tiga kali beli kartu perdana ini. Kenapa sampai tiga kali? Karena ini bukan paket, tapi lebih cocok dibilang bonus kartu perdana. Syaratnya cuma satu, kuota 4G tidak bisa dipakai ke luar kota. Cocok buat anda yang jarang jalan-jalan, ahahaha.

Pengalaman saya setelah pakai tiga kali, kuota jadi cepat habis. Wajar, karena kita jadi sering download. Sampai akhirnya di kartu ketiga, saya memutuskan untuk beli paket non stop. Habisnya udah malam dan kuota internet XL di hape satunya sudah sedikit. Sementara paket 4G dari Tri sudah habis dan kuota reguler menjelang ajal. Daripada nyari kartu baru, ya sudah kita ngetes paket 1 GB per hari deh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s