Ganti Head Unit Kenwood DDX9702S

Akhirnya layar head unit Kenwood DDX9702S selesai diperbaiki. Bagi yang mengikuti blog saya mungkin sudah tahu bahwa saya akhirnya membeli head unit Kenwood langsung dari AS agar bisa menikmati fitur iDatalink. Karena ada tambahan ongkos kirim dan bea impor yang sangat mahal, saya memutuskan membeli barang seken di ebay. Namun sayangnya akibat kecerobohan penjual, display tersebut pecah. Saya tidak tahu apakah memang dari sana nya barang rusak atau tidak, tapi dengan hanya dilapis kardus tipis, jelas saja bakal pecah.

Setelah komplain ke seller, dapat tawaran refund sebesar USD 100. Saya tidak mungkin mengembalikan head unit tersebut karena bea masuknya sendiri saja hampir 2 juta, sehingga tawaran tersebut akhirnya saya terima. Meskipun DDX9702S dijual khusus untuk AS tapi ternyata made in Indonesia. Saya sempat berfikir — kenapa tidak sekalian diganti dengan layar capacitive, tapi rupanya tidak ada stock untuk capacitive. Jalur kabelnya juga beda dengan versi lokal. Akhirnya cukup puas kembali dengan layar resistive.

Sebenarnya banyak kekurangan head unit edisi 2015 ini yang harus saya telan mentah-mentah karena faktor uang. Pertama layar tidak capacitive (DDX9903S). Kemudian belum support bluetooth aptX (DDX9902S – tahun 2015). Dan yang paling menyakitkan adalah kualitas suaranya yang setara dengan seri 7 versi lokal. Sebelumnya saya menggunakan DDX9016S (2016) yang mungkin setara dengan DDX9903S (2016). Seri ini mampu menghasilkan suara yang lebih baik dari head unit standar bawaan Lancer EX dan tetap menggunakan speaker aslinya. Dengan DDX9702S, spotify yang saya putar melalui Android Auto hasilnya jauh lebih buruk dibandingkan spotify menggunakan head unit standar (lewat kabel AUX). Ini adalah siksaan yang berat untuk telinga saya.

Secara umum, fitur yang kita dapat di versi lokal dengan versi AS punya perbedaan mencolok. Saya tidak tahu sebenarnya DDX9702S ini setara seri berapa di Indonesia. Seri ini punya kualitas suara sama dengan seri 7 tapi punya banyak fitur seri 9. Contohnya, selain ada port HDMI untuk mirroring, terdapat juga fitur Android Auto/Apple CarPlay seperti seri 8/9 di Indonesia. Kemudian USB nya sanggup memutar format video HD ready dengan resolusi 1.280 x 720 piksel @30fps atau biasa disebut 720p30. Ini adalah resolusi tertinggi youtube yang masih berisi suara (lewat dari itu hanya gambar). Resolusi ini juga yang sering saya download saat cari film brrip. Artinya saya tidak perlu bantuan android TV hanya untuk memutar koleksi video melalui USB atau eksternal harddisk.

Kemudian ada perbedaan fitur seperti port Sirius XM untuk radio satelite berlangganan menggantikan port RGB untuk modul GPS. Selain itu, dan ini yang terpenting, ada port iDatalink yang berfungsi untuk membaca data kendaraan via OBDII menggunakan semacam modul yang telah di flash sesuai kendaraan kita. Disamping untuk membaca data kendaraan, iDatalink rupanya juga berfungsi sebagai modul remote setir. Nah, ini perbedaan mendasar karena Kenwood lokal tidak butuh modul remote setir alias direct langsung via jack 3,5 mm.

Kebetulan saat saya beli DDX9702S sudah satu paket termasuk iDatalink Maestro RR. Karena mobil pemilik sebelumnya beda, maka iDatalink Maestro RR harus saya reflash ulang dengan data Lancer EX. Kalau melihat tutorialnya tidak sulit tapi saya tidak menemukan pemilik Lancer yang menggunakan iDatalink Maestro RR di youtube. Jadi tidak ada jaminan bakal berhasil menampilkan semua data yang saya inginkan, baik itu climate, parking assist atau vehicle info. Yang paling saya incar tentu saja climate, gauges dan kemampuan merubah setting kendaraan layaknya MMCS (Mitsubishi Multi Communication System).

Sekarang tugas saya tinggal flashing iDatalink Maestro RR dan tentunya akan ada tulisan terpisah tentang ini. Apapun hasilnya nanti, sukses atau gagal (hanya sebagian yang aktif), tetap akan saya share. Jika sukses, tidak menutup kemungkinan akan saya buatkan video nya. Untuk sementara, bagi yang penasaran seperti apa proses flash tersebut, nonton video tutorial aja ya.

One thought on “Ganti Head Unit Kenwood DDX9702S

  1. halo om motolola,
    untuk import barang dari US mungkin saya bisa bantu lain kali.
    jalur nya pakai jalur cargo, ga lewat pos.

    Like

Leave a Reply

