Key History

Lancer generasi ke-9 (GS41) mungkin adalah Lancer dengan masa edar terpanjang. Mulai dirilis sejak tahun 2007 (di Indonesia sejak Juli 2008), hingga 2015 masih tetap dijual di beberapa negara (mulai menghilang di website Jepang sejak awal tahun 2015). Inilah bukti bahwa mobil ini begitu populer. Berbeda nasib di Indonesia, Lancer EX hanya sanggup bertahan tiga tahun sejak peluncuran karena penjualannya tidak memuaskan.

Hanya satu tipe Lancer EX yang dijual oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dari 2008-2010 yaitu tipe GT dengan kode mesin 4B11 dan bodi CY4A, yang dilengkapi dengan transmisi CVT INVECS III dengan Sport Mode (6 Speed) . Tipe ini dilengkapi body kit, rear spoiler dan velg 18 inci. Selain Lancer EX, KTB memasukkan juga satu tipe Lancer Evolution X bermesin turbo -4B11TT (body CZ4A), dengan transmisi Twin Clutch Super Shift Transmission (TC-SST) yang powerful dan efficient beserta penggerak roda S-AWC (Super All Wheel Control). KTB memberikan bandrol harga launching Rp 320 juta untuk Lancer EX 2.0 GT dan Rp 875 juta (melonjak drastis akibat krisis ekonomi global 2008 menjadi Rp 1,18 milyar pada Januari 2009) untuk Lancer Evolution X.

KTB pernah memberikan program bonus bagi Lancer EX. Pembeli Lancer EX 2.0 GT periode 10 November – 31 Desember 2008 mendapatkan servis gratis hingga 30.000 km atau dua tahun. Selain itu juga mendapat bonus leather seat gratis, bagi yang berada di wilayah Jabotabek, atau kaca film V-Kool untuk yang diluar Jabotabek

Di luar kedua tipe tadi, pada tahun 2010 KTB juga sempat memasukkan beberapa unit Lancer EX 2.0 tipe GLX M/T untuk digunakan sebagai mobil dinas Perwira Menengah Kepolisian. Perbedaannya  selain pada transmisi, ada pada jok fabric, ukuran velg 16 inci, tanpa body kit, foglamp dan spoiler.


Belakangan Kepolisian akhirnya memasukan sendiri tipe ini untuk unit patroli mereka. Bagi pencinta Lancer yang anti transmisi automatic, tentu mobil eks-kepolisian ini akan menjadi incaran berharga dan wajib untuk ditunggu saat nanti sudah diganti dengan mobil dinas baru.

Disamping Lancer Evoluiton X versi TC-SST yang dikeluarkan oleh KTB, kebetulan importir umum memasukan juga Evo X dari Jepang dengan dua trim level yaitu GSR dan GSR Premium Package, semuanya dengan transmisi manual. Harga Evo X di tahun 2008 adalah Rp 735 juta untuk tipe GSR dan Rp 775 juta untuk tipe GSR Premium Package.

Perbedaannya ada pada velg-Enkei vs BBS, jok fabric vs kulit, dan keyless remote vs KOS. Selain itu juga pada tipe Premium Package terdapat fitur autolight & auto rain sensor, sunroof dan ornamen krom di sekitar grill.

Pada Juli 2010, KTB memasukan Lancer EX dengan sedikit perubahan maupun penyempurnaan dibandingkan sebelumnya. Lampu belakang berubah menjadi warna hitam dari tadinya berwarna merah. Jok kulit dengan jahitan berwarna merah menggantikan jok fabric dan tambahan jack audio pada kompartemen tengah. Ada juga info bahwa dilakukan penambahan peredam di beberapa sisi kendaraan untuk mengurangi kebisingan jalan. Walau mendapatkan perubahan minor, KTB tidak menaikan harga yaitu Rp 415 juta.

Selain itu juga terdapat penyempurnaan berupa penambahan fitur lampu kabin depan, spion lipat, power window driver auto up/down (sebelumnya hanya auto down), leather handbrake, perubahan pada MID (seperti Outlander Sport tipe GLS), nuansa chrome pada panel AC dan ETACS jenis baru yang mensupport beberapa fitur tadi.

KTB juga pernah melakukan recall terhadap sensor ABS yang gampang rusak saat melewati genangan air

Tanggal 6 Juni 2016, KTB melakukan recall terhadap 124.435 unit kendaraan mereka, termasuk di antaranya Lancer EX dan Evolution X tahun produksi 2009-2010. Ada dua masalah yang menjadi bagian dalam kampanye ini yaitu aplikasi Grease Combination Switch dan penggantian ETACS ECU. Aplikasi grease pada Lancer EX & Lancer Evolution (tahun 2009‐2010) sebanyak 1.401 unit dan penggantian ETACS ECU sebanyak  79 unit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s